3 Skenario Bappenas Capai Pertumbuhan Ekonomi 6 Persen di 2024

Kamis, 9 Mei 2019 13:07 Reporter : Merdeka
3 Skenario Bappenas Capai Pertumbuhan Ekonomi 6 Persen di 2024 Menteri Bappenas Bambang Brodjonegoro. ©2018 Merdeka.com/Moh Kadafi

Merdeka.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia diharapkan tumbuh 5,4-6 persen pada 2024. Ada tiga skenario pemerintah yang akan dilakukan guna mencapai target pertumbuhan ekonomi tersebut.

"Ada tiga skenario, skenario baseline 5,4 persen rata rata per tahun selama lima tahun ke depan. Skenario moderat, 5,7 persen rata rata per tahun. Kemudian skenario tinggi 6 persen per tahun, tentunya ini masih teknokratik, akan ditetapkan jadi target," terangnya di Jakarta, Kamis (9/5).

Selain itu, ada beberapa faktor pendukung yang perlu Indonesia penuhi untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi 6 persen. Itu salah satunya mengurangi defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD).

"Faktor pendukungnya ialah transformasi ekonomi, terutama dengan peningkatan produktivitas di sektor pertanian industri jasa. transaksi berjalan juga harus defisitnya dikurangi kalau mau pertumbuhan lebih tinggi," ujarnya.

"Ekspor selain jasa harus beralih dari komoditas ke manufaktur. Kita lihat mana potensi ekspor besar sekarang dominasi pengolahan makanan, kita harus kuatkan di tekstil, otomotif elektronik dan farmasi. Ekspor itu lebih baik dorong ciptakan net ekspor, yang penting net ekspor tumbuh," tambah dia.

Reporter: Bawono Yadika

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini