3 Sektor Fokus Pembenahan Pemerintah Tangkal Dampak Resesi Ekonomi Global

Rabu, 6 November 2019 10:35 Reporter : Dwi Aditya Putra
3 Sektor Fokus Pembenahan Pemerintah Tangkal Dampak Resesi Ekonomi Global Wamenkeu Suahasil Nazara. ©2019 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, menyebut terdapat tiga hal yang kini menjadi fokus perhatian pemerintah untuk menangkal dampak dari resesi perekonomian global. Salah satunya yakni menjaga aliran modal asing tetap masuk.

"Pertama tentu lewat aliran modal masuk. Aliran modal masuk sangat penting kalau terjadi gerakan cepat pasti akan pengaruh," kata dia dalam acara Indonesia Banking Expo 2019 di Jakarta, Rabu (6/11).

Dia mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia salah satunya memang dipengaruhi oleh aliran modal yang bersifat portofolio. Oleh karenanya, di tengah gejolak perekonomian dunia, aliran modal tetap menjadi fokus utama yang diperhatikan oleh pemerintah.

Kedua yakni investasi langsung atau foreign direct investment (FDI). Menurutnya, ini penting diperhatikan agar bagaimana investasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dari suatu negara untuk menanamkan modalnya dengan jangka waktu panjang tetap masuk di Tanah Air.

"Pekerjaan rumah kita adalah bagaimana sudah masuk, dia nyaman di Indonesia. Kita bicara iklim investasinya, sedianya infrastruktur, adanya regulasi yang baik, dan mendukung iklim investasi itu sendiri," kata dia.

Terakhir adalah jalur perdagangan. Di tengah kondisi ketegangan antara Amerika Serikat dan China jalur perdagangan Indonesia menjadi terdampak. Salah satunya ditandai oleh angka ekspor Indonesia yang terus melemah.

"Kalau pertumbuhan negara maju menurun pasti permintaan akan ekspor dari Indonesia menurun. Ini yang kami lihat di beberapa triwulan terakhir. Ekspor kita flat," ujarnya

"Tiga jalur ini kita perhatian dengan serius karena dampaknya kepada perekonomian domestik," sambungnya. [bim]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini