3 Perusahaan Singapura bukukan kontrak dagang USD 26,5 juta di TEI 2018

Jumat, 26 Oktober 2018 15:49 Reporter : Siti Nur Azzura
3 Perusahaan Singapura bukukan kontrak dagang USD 26,5 juta di TEI 2018 Trade Expo Indonesia 2018. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Duta Besar untuk Singapura Ngurah Swajaya memimpin delegasi bisnis yang terdiri dari 79 pelaku usaha asal Singapura untuk menghadiri Trade Expo Indonesia (TEI) 2018. Dalam acara tersebut, sebanyak 3 perusahaan Singapura membukukan kontrak dagang senilai USD 26,5 juta.

Ketiga perusahaan tersebut, yaitu Brenntag Pte. Ltd, Nomanbhoy and Sons Pte. Ltd, dan JACO Furniture Pte. Ltd yang ditandatangani bersama dengan lima mitra perusahaan lokal dan disaksikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pada hari pertama penyelenggaraan TEI 2018.

Sebagian besar perusahaan asal Singapura tersebut merupakan "buyers" yang bergerak di sektor makanan dan minuman, makanan laut, tekstil dan pakaian, perabot, rempah-rempah, manufaktur, teknologi digital dan beberapa produk lainnya.

Kehadiran perusahaan asal Singapura pada TEI tahun ini mengalami peningkatan, yakni hampir dua kali lipat dibandingkan tahun lalu dan nilai transaksi dari perusahaan Singapura tahun ini juga mengalami peningkatan kurang lebih 20 kali lipat dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai 1,1 juta dolar AS.

Dubes Ngurah menyampaikan komitmennya untuk terus memfasilitasi para pembeli dari Singapura untuk mendapatkan produk-produk Indonesia yang terbaik dan meningkatkan hubungan dagang kedua negara.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag, Arlinda mengatakan, pada pameran kali ini, ditargetkan nilai transaksi sebesar USD 1,5 miliar atau Rp 20,7 triliun dan 28 visitors dari 125 negara. Kemendag juga menargetkan 1.110 peserta untuk berpartisipasi dalam pameran tersebut.

"Menteri Perdagangan optimis hasil TEI 2018 akan berkontribusi signifikan bagi kinerja ekspor Indonesia baik jangka panjang maupun pendek. Mengingat, TEI 2017 berhasil melampaui target transaksi yang dipatok di USD 1,1 miliar mampu membukukan transaksi sebesar USD 1,4 miliar," kata Arlinda di Kantor Kemendag, Jakarta, Jumat (20/4).

Dia berharap, pameran ini bisa menjadi barometer peningkatan citra dan eskpor Indonesia yang berkesinambungan. Sebab, TEI menyediakan berbagai produk-produk berdaya saing dan menunjukan kesiapan Indonesia dalam bermitra dengan para pelaku seluruh dunia dalam mengembangkan bisnis di kancah perdagangan global. [azz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini