3 Infrastruktur Pelengkap Bandara Soetta Ditargetkan Beroperasi Saat Mudik

Selasa, 16 April 2019 14:28 Reporter : Merdeka
3 Infrastruktur Pelengkap Bandara Soetta Ditargetkan Beroperasi Saat Mudik Aktifitas Bandara. jetphotos.net

Merdeka.com - PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan sejumlah pembangunan infrastruktur pelengkap Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) akan selesai pada pertengahan tahun ini. Seperti jalan penghubung bagi pesawat antara landasan pacu (runway) dengan apron atau biasa disebut dengan paralel taxiway ditargetkan bisa dipakai saat musim mudik Lebaran.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, selain taxiway, infrastruktur yang saat ini tengah dibangun di Bandara Soetta yaitu runway 3 dan east cross taxy way. Untuk paralel runway, saat ini progres pembangunannya telah mencapai 90 persen.

"Posisi kemarin, pada saat Menteri Perhubungan (Menhub) melakukan kunjungan ke lokasi trase runway 3 sudah 60 persen dan paralel taxiway-nya 90 persen. Sehingga paralel taxiway Mei sudah bisa, akhir Mei ya. Kalau runway seperti arahan Presiden Juni kita kejar," ujar dia di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (16/4/2019).

Selain taxiway yang sudah siap sebelum Lebaran, lanjut Awaluddin, dia juga berharap pararel taxiway dan east cross taxiway bisa dioperasikan saat musim mudik tahun ini.

"(Lebaran bisa?) Iya, tapi mungkin kita akan liat kondisinya, karena kita sekaligus mengoperasikan east cross taxy way, jadi ada tiga infrastruktur besar yang akan dioperasikan di pertengahan tahun. Pertama runway 3, kedua paralel 3, ketiga east croos taxi way," kata dia.

Dengan beroperasinya ketiga proyek ini, maka akan menambah kapasitas pergerakan pesawat di Bandara Soetta ddari sebelumnya 81 pergerakan dalam 1 jam menjadi 114-120 pergerakan dalam 1 jam.

"Sehingga optimalisasi Bandara Soetta, untuk satu hari saja take off landingnya bisa capai 1.100-1.200, dengan infrastruktur itu dan operasional 24 jam membantu peningkatan kapasitas dan produktivitas Bandara Soetta," tandas dia.

Reporter: Septian Deny

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini