3 Hal Ini Bisa Bantu Anda Menabung Meski Gaji Kecil

Kamis, 25 Maret 2021 07:00 Reporter : Merdeka
3 Hal Ini Bisa Bantu Anda Menabung Meski Gaji Kecil Tips menabung untuk punya tempat tinggal sendiri. ©shutterstock

Merdeka.com - Bagi orang yang sudah bekerja, menabung menjadi salah satu rencana untuk menyiapkan masa depan yang lebih terjamin. Dengan menabung, seseorang bisa memiliki dana cadangan. Sehingga jika suatu hari orang tersebut kehilangan pekerjaan, dia tidak akan terlalu khawatir karena sudah memiliki dana cadangan.

Semua orang pasti punya target yang sama, yaitu kondisi yang stabil utamanya keuangan bahkan sampai hari tua. Namun, dengan memiliki penghasilan yang besar atau mungkin bekerja ekstra dengan jumlah jam kerja yang lebih panjang saja tidak menjamin anda memiliki kondisi yang aman di masa depan.

Kuncinya ialah kemampuan untuk mengelola keuangan dan menyisihkan uang yang ada atau menabung dengan proyeksi pada kehidupan jangka panjang. Meski demikian, ada 3 prinsip paling dasar yang bisa mengantarkan seseorang pada kehidupan nyaman dengan kondisi keuangan yang stabil sekalipun nilai pemasukan tidak begitu besar.

Berikut 3 cara menabung untuk Anda yang memiliki gaji kecil, dilansir Business Insider.

1. Berhati-hati dengan pengeluaran

Bagian penting saat ingin sukses menabung ialah bagaimana cara agar bisa menghemat dan memastikan tidak ada pengeluaran yang sia-sia. Karena itu, prinsip dasar untuk mencapai kesuksesan saat menabung anda perlu memantau setiap pengeluaran dengan hati-hati.

Gunakan pencatatan manual atau lebih baik dengan layanan otomatis seperti aplikasi keuangan yang membantu membuatkan pembukuan. Buat anggaran secara periodik, lebih baik jika spesifik seperti anggaran mingguan.

Baca Selanjutnya: 2 Menemukan cara memangkas pengeluaran...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tips Keuangan
  3. Menabung
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini