3 CEO startup beri tips hadapi jalan terjal memulai bisnis di Indonesia

Jumat, 18 Mei 2018 07:00 Reporter : Siti Nur Azzura
3 CEO startup beri tips hadapi jalan terjal memulai bisnis di Indonesia Bisnis. ©2014 Merdeka.com/esellermedia.com

Merdeka.com - Memulai bisnis memang tidak semudah yang dibayangkan, ada banyak hal yang harus dipenuhi dan segenap peraturan yang harus dipatuhi. Bahkan di Indonesia sendiri, ada banyak tantangan yang harus dihadapi pengusaha pemula untuk memulai bisnis.

Mulai dari ekosistem pendukung yang belum sepenuhnya mumpuni, pertarungan bisnis, hingga birokrasi pemerintahan sungguh berbelit menjadi persoalan yang kerap kali mencekik tak cuma founder startup, namun juga mayoritas pengusaha di Indonesia.

Lembaga riset Value Penguin melansir daftar peringkat negara ASEAN dan tingkat kemudahannya dalam membangun startup. Dari 12 negara di Asia Tenggara, Indonesia menduduki peringkat ke-8, artinya dianggap salah satu negara yang tidak ramah bagi perkembangan startup.

Tak hanya untuk startup, peringkat kemudahan memulai bisnis di Tanah Air baru membaik empat tahun terakhir. Merujuk indeks Bank Dunia tahun lalu, Indonesia ada di urutan 72 secara global, meningkat dibanding 2015. Kala itu Indonesia masih berada di urutan 106 dari 190 negara yang disurvei.

Meski demikian, hal ini tidak menyurutkan niat para pengusaha pemula untuk memulai bisnis. Dikutip Vice Indonesia, 3 CEO startup dari bidang yang berbeda memberikan tips bagi para pemula yang ingin memulai bisnis di Indonesia.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini