2020, Subsidi Elpiji 3 Kg Akan Pemerintah Salurkan Lewat Kartu

Jumat, 21 Juni 2019 11:10 Reporter : Merdeka
2020, Subsidi Elpiji 3 Kg Akan Pemerintah Salurkan Lewat Kartu Elpiji 3 kg buat orang miskin. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah akan menerapkan penyaluran subsidi Liquified Petroleum Gas (LPG)/elpiji 3 Kg secara tertutup pada 2020. Sebelumnya, metode tersebut telah diuji coba Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Djoko Siswanto, mengatakan dalam pelaksanaan penyaluran subsidi secara tertutup terjadi perubahan mekanisme. Sehingga subsidi tidak dimasukan langsung ke dalam harga elpiji 3 Kilogram (Kg) seperti saat ini, tetapi diberikan langsung ke masyarakat yang berhak mendapatkan.

"Yang penting masyarakat (tetap) dapat uang subsidi," kata Djoko, di Jakarta, Jumat (21/6/2019).

Djoko melanjutkan, subsidi yang diberikan ke masyarakat ‎berupa uang elektronik yang dimasukan ke dalam kartu. Kartu tersebut akan diisi saldo dengan besaran nominal yang telah ditentukan. Rencananya, penerapan perubahan mekanisme penyaluran subsidi ini akan dilakukan pada tahun depan.

"Subsidi tertutup kan itu. Pakai kartu kan. Insyaallah‎ (diterapkan tahun depan)," tuturnya.

Menurutnya, penerapan penyaluran subsidi tertutup diterapkan secara bertahap. Hal ini mengikuti metode penerapan konversi minyak tanah ke elpiji 3 Kg. "Kota ya, kan jabodetabek. Waktu itu, kan LPG kan juga bertahap kan. Pakai metode itu aja," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6 [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini