100 Hari di kabinet Jokowi-JK, Menteri Susi sering bikin heboh

Sabtu, 31 Januari 2015 08:03 Reporter : Wisnoe Moerti
100 Hari di kabinet Jokowi-JK, Menteri Susi sering bikin heboh menteri susi naik motor. ©twitter.com

Merdeka.com - Kabinet kerja pemerintahan Jokowi-JK sudah melewati 100 hari. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti secara khusus menggelar evaluasi kinerja selama lebih kurang 3 bulan menjadi anak buah Jokowi-JK.

Sejak hari pertama menjadi menteri, Susi sudah menjadi sorotan publik dan jadi buah bibir. Bukan hanya karena kehidupan pribadi dan kebiasaannya merokok, tapi juga kata-katanya yang pedas dan cenderung ceplas ceplos, hingga soal kebijakannya yang cukup berani.

Secara kinerja, beberapa koleganya di kabinet memuji habis-habisan Menteri Susi. Tidak hanya para menteri, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla pun membanggakan menteri bertato yang hanya mengantongi ijazah SMP ini.

Menteri Susi menjadi orang yang bersuara paling keras soal pencurian ikan ilegal dan penenggelaman kapal asing. Karena itu, menurut Susi, kini hampir semua orang mengenal kementerian yang dipimpinnya, kementerian yang semula jarang terdengar sepak terjangnya.

"Paling tidak KKP dikenal, tukang taksi jadi tahu KKP kan?," ucap Susi dalam acara Refleksi 100 Hari Berkantor Bersama KKP, Jakarta, Jumat (30/1).

Tidak dipungkiri, Susi memang menjadi magnet di kabinet Jokowi-JK. Di beberapa kesempatan, kehadiran Susi kerap menghebohkan karena publik ingin tahu sosok menteri fenomenal ini. Merdeka.com mencatat cerita Menteri Susi yang menghebohkan. Berikut paparannya.

1 dari 7 halaman

Ranking 1 di antara para menteri

sidang paripurna kabinet kerja. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP), Susi Pudjiastuti membanggakan keberhasilan dan gebrakan yang dilakukannya dalam 100 hari kerja dalam kabinet pemerintahan Jokowi- JK. Sejak awal, Susi menyadari sudah menjadi sorotan publik dan secara tidak langsung membuat kementerian yang selama ini tidak bergeming menjadi terkenal.

Pendiri maskapai Susi Air ini juga menceritakan, dalam sidang kabinet beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo memaparkan kinerja seluruh kementerian. Tidak diduga, kata dia, KKP menjadi peringkat nomor satu berkinerja terbaik.

"Saya datang terlambat waktu sidang kabinet, tapi begitu masuk semua tepuk tangan. Ternyata presiden baru saja umumkan kinerja menteri. Alhamdulillah ibu nomor satu. Yang hebat lagi KKP departemen nomor satu," ujarnya.

2 dari 7 halaman

Diperkenalkan Jokowi di depan pengusaha muda

Susi Pudjiastuti. ©Efrimal Bahri

Dalam sambutannya di Acara Munas HIPMI ke-15, Presiden Joko Widodo sempat memperkenalkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Saat itu, Jokowi hendak memaparkan penenggelaman kapal asing yang melakukan ilegal fishing di perairan Indonesia.

Saat slide berganti, para pengusaha muda itu langsung bersorak dan tepuk tangan. Melihat kegaduhan itu Jokowi langsung meminta Susi berdiri. "Mana Bu Susi? Silakan berdiri," ujar Jokowi.

Ratusan pengusaha muda itu tambah bersorak, bahkan ada yang bersiul kepada Menteri KKP tersebut. Mereka yang penasaran sampai berdiri ingin melihat sosok Susi Pudjiastuti.

3 dari 7 halaman

Bercanda saat rapat di DPR

sidang paripurna kabinet kerja. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Suasana rapat antara para menteri kabinet kerja dengan DPR berlangsung akrab. Beberapa menteri saling bercanda. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti jadi 'korban' candaan dua koleganya yakni Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Saat pemaparan di depan anggota DPR, Amran mendapatkan interupsi dari anggota Banggar lantaran suara Amran terlalu kecil dan sulit terdengar. Dapat interupsi tersebut, Amran mengaku grogi karena duduk berdampingan dengan Menteri KKP Susi Pudjiastuti.

Mendengar ledekan tersebut, Susi langsung mencolek lengan Amran sambil tertawa. "Saya agak grogi, duduk di samping Bu Susi pak," ujar Amran disambut tertawa para menteri, Rabu (21/1).

Menteri Susi melancarkan serangan pada dua koleganya. Sambil bercanda, Susi mengancam melaporkan Jonan dan Amran ke Komnas HAM lantaran meledeknya saat rapat dengan Badan Anggaran DPR.

"Saya selalu diledek nih pak. Pak Jonan bilang karena Susi Air. Lalu, Pak Amran bilang grogi duduk di samping saya. Saya akan lapor nih pak ke Komnas HAM karena saya selalu diledek nih," ujar Susi seraya tersenyum di depan Badan Anggaran DPR RI, Rabu (21/1).

4 dari 7 halaman

Nelayan teriak nama Susi

menteri susi naik motor. ©facebook.com/Susi Pudjiastuti

Saat memberikan sambutan di Musrenbangnas 2014, Presiden Joko Widodo sempat mencari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. "Mana Bu Susi?" ujarnya seraya mencari sosok menteri berpenampilan nyentrik itu.

Bukan tanpa alasan Jokowi mencari menteri yang hanya mengantongi ijazah SMP tersebut. Kepala negara menceritakan bagaimana sosok Susi Pudjiastuti menjadi idola semua orang.

"Kenapa sih senang Bu Susi, semuanya? Saya heran kalau saya datang, nelayan-nelayan pada teriak-teriak semua Bu Susi, Bu Susi," ujar Jokowi memuji Susi.

5 dari 7 halaman

Susi jadi korban selfie

Menteri Susi diajak selfie. ©2014 Merdeka.com

PT Pertamina (Persero) menggelar acara lomba lari bertajuk 'Eco Run' di Jakarta. Sebanyak 5.700 peserta tumpah ruah mengikuti acara tersebut.

Ajang ini sekaligus sebagai perkenalan bos baru Pertamina, Dwi Sutjipto kepada masyarakat luas. Berbagai hadiah menarik juga disiapkan kepada ribuan peserta.

Namun ada bintang tamu spesial dalam acara ini. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ternyata ikut dalam acara ini.

Tak ayal, Susi langsung jadi 'korban' selfie ratusan peserta lainnya. Meski dengan wajah lelah, dia tetap santai menerima ajakan masyarakat untuk berfoto bareng. Setelah itu, dia langsung gabung satu meja dengan Dwi untuk bersantap.

Sosok Susi dikenal sebagai menteri Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla yang nyentrik. Tidak hanya dikenal sebagai menteri bertato dan perokok, tiap kebijakan yang dibuatnya juga bikin geger.

6 dari 7 halaman

Blusukan naik motor

menteri susi naik motor. ©facebook.com/Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dikenal sebagai orang yang nyentrik dalam bekerja. Dia pun tidak segan untuk turun langsung ke lapangan.

rabu (19/11/2014), di media sosial beredar foto Susi yang tengah mengendarai sepeda motor. Tidak tanggung-tanggung, motor yang dikendarainya motor bertangki, motor yang identik dengan motor laki.

Susi yang mengendarai motor tanpa helm tersebut dikawal sejumlah anggota TNI dan Polri yang berjalan beriringan di belakangnya. Jalan yang dilaluinya merupakan jalan penuh debu dengan ilalang yang tumbuh tinggi di pinggir kanan dan kiri jalan. Dari nomor plat seri motor yang digunakan, diketahui jika Susi tengah berada di Kalimantan Timur.

7 dari 7 halaman

Merokok di istana

Susi Pudjiastuti. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Sejak diangkat menjadi menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja Jokowi- JK, Susi Pudjiastuti menjadi buah bibir masyarakat. Ada yang memuji, ada pula yang mencibir.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyindir perilaku merokok para menteri kabinet Jokowi. Dia menyarankan Presiden Jokowi untuk merevolusi mental menteri-menterinya untuk memberikan contoh yang baik terhadap masyarakat.

"Sebaiknya jangan memberi contoh yang kurang baik, merokok boleh saja, itu hak pribadi. Tapi kan lebih bagus sembunyi-sembunyi," kata Fadli Zon kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (28/10/14).

Lebih lanjut, tegas dia, masalah merokok adalah terkait etika. Jika ingin merokok sebaiknya tidak dilakukan ditempat terbuka dan dapat memicu kontroversi di mata publik.

Susi angkat bicara mengenai komentar negatif beberapa pihak tentang penampilannya yang cuek dan nyentrik. Termasuk soal kebiasaannya merokok hingga latar belakang pendidikannya yang hanya berijazah SMP.

Susi bergeming dengan kritik yang dilontarkan kepadanya. Dia mengaku tidak akan bisa dan tidak berniat mengubah gayanya yang nyentrik. [noe]

Baca juga:
Jadi pembicara, Menteri Susi minta TV 56 inci ke Rachmat Gobel
Menteri Susi di-SMS masyarakat, minta Jokowi keluar dari PDIP
Menteri Susi dapat kata teroris lingkungan dari Bupati Raja Ampat
Menteri Susi samakan kapal asing ilegal dengan maling
Menteri Susi ancam pemda yang tak dukung kebijakannya

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini