KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

10 Tips terbebas dari utang

Jumat, 16 November 2012 10:03 Reporter : Novita Intan Sari
Ilustras masalah keuangan. ©shutterstock.com/Robert Kneschke

Merdeka.com - Kebutuhan sehari-hari kini makin banyak. Mulai dari kebutuhan konsumsi hingga pemenuhan gaya hidup. Terkadang, pendapatan yang kita peroleh masih saja dirasa kurang untuk memenuhi kebutuhan harian maupun bulanan.

Karena ketidakseimbangan itu, terkadang pendekatan melalui utang menjadi solusi. Utang seakan telah menjadi bagian dari pengelolaan keuangan pribadi. Terlebih, jika anda seorang pengusaha atau wiraswasta. Utang menjadi bagian dari penguatan bisnis.

Tapi, utang bisa menjadi momok menakutkan. Terlebih jika tidak pandai mengelola utang dan keuangan, kita bisa terbelit utang tersebut. Ketakutan akan jeratan utang membuat kita berpikir untuk terbebas dari utang.

Untuk dapat terbebas dari utang, mulailah merubah kebiasaan hidup dengan cara berpikir secara bijak dalam setiap pemenuhan kebutuhan.

Di bawah ini beberapa tips sukses terbebas dari utang yang dikutip dari penulis terkenal sekaligus ahli keuangan, Gail Vaz-Oxlade yang melakukan pendekatan secara khusus untuk membantu keluarga dalam menghadapi krisis keuangan.

Berikut tips yang dibagikan:

Topik berita Terkait:
  1. Top List

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.