10 Pelatihan Online Gratis Selama Corona dari Universitas Ternama Dunia

Jumat, 1 Mei 2020 05:00 Reporter : Sulaeman
10 Pelatihan Online Gratis Selama Corona dari Universitas Ternama Dunia Ilustrasi menggunakan komputer. Shutterstock/Andrey_Popov

Merdeka.com - Imbas Corona, saat ini banyak ditawarkan pelatihan di dunia maya untuk masyarakat mengisi kegiatan di rumah. Salah satu tujuannya tentu agar masyarakat tidak berkegiatan di luar rumah. Di Indonesia sendiri, saat ini tengah ramai dibicarakan soal pelatihan di kartu prakerja.

Dilansir dari CNBC, banyak orang sekarang memiliki waktu ekstra setelah sejumlah negara mengkampanyekan gerakan tetap tinggal di rumah untuk menghindari keramaian di tengah pandemi covid-19. Untuk menghabiskan waktu, beberapa orang memilih kegiatan barbeque di rumah, sementara yang lain memanfaatkan berbagai kelas online yang ditawarkan secara cuma-cuma.

Apabila Anda merasa termotivasi untuk belajar keterampilan baru, Anda dapat memanfaatkan waktu luang untuk mencoba sejumlah pelatihan gratis yang tersedia secara daring. Bahkan beberapa universitas terbaik dunia seperti Universitas Harvard dan Universitas Yalehave memberikan akses gratis untuk beberapa mata kuliah mereka. Situs web seperti edX, Future Learn and Coursera juga menawarkan kelas online gratis dari berbagai universitas ternama lainnya.

Apakah Anda ingin meningkatkan keterampilan perencanaan proyek Anda, belajar bagaimana bernegosiasi dengan berhasil atau belajar bahasa MAndarin dasar? Berikut 10 kelas online gratis yang akan membantu menambah keterampilan diri agar sukses dalam berkarir.

1 dari 2 halaman

1. Manajemen Bisnis Leadership

bisnis leadership

Ditawarkan oleh University of Leeds dan Institut Coding dengan durasi belajar selama 2 minggu yang dibagi menjadi 2 jam per minggu.

Banyak bisnis harus beralih ke pekerjaan jarak jauh atau melalui rumah setelah sejumlah negara menerapkan aturan physical distancing agar menjaga kontak dengan masyarakat. Namun, untuk beberapa manajer bisnis, ini adalah pertama kalinya mereka mengelola tim jarak jauh sehingga diperlukan adaptasi.

Oleh karenanya, kursus ini akan membantu Anda belajar untuk meningkatkan keterampilan mengelola pekerjaan jarak jauh secara efektif.

2. Dasar Perencanaan dan Manajemen

Pembelajaran dilakukan dengan durasi waktu selama 4 minggu dibagi kedalam 2 jam per minggunya.

Pelatihan ini mengajarkan dasar-dasar dari perencanaan proyek untuk memastikan proyek berjalan dengan lancar. Beberapa topik yang diulas pelatihan, yakni bagaimana menentukan dan mengembangkan sebuah rencana proyek, bagaimana mengidentifikasi dan manajemen risiko serta bagaimana mengatur anggaran proyek

3. Kewirausahaan

Menjadi pengusaha kini akan lebih mudah. Ditawarkan oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT) durasi waktu selama 6 minggu, dibagi ke dalam 1 sampai 3 jam per minggu.

Jika Anda berkeinginan untuk mendirikan perusahaan sendiri, tetapi tidak tahu cara memulai atau tidak memiliki ide bisnis Anda perlu pertimbangkan kursus yang digagas MIT. Pelatihan ini diajarkan oleh Laurie Stach, pendiri dan direktur LaunchX, dan Martin Culpepper, profesor teknik mekanis.

Nantinya, keterampilan akan menyasar cara menguasai ilmu dasar bisnis, riset pasar, mengidentifikasi peluang bisnis serta melontarkan gagasan wirausaha lainnya. Ingin belajar lebih banyak tentang dasar-dasar kewirausahaan? Entrepreneurship 101 dari MIT juga tersedia di edX

4. Pembiayaan Usaha Inovatif

Ditawarkan oleh University of Maryland pada web edX. Dengan durasi waktu selama 4 minggu, yang dibagi 2 sampai 3 jam per minggu.

Pembiayaan usaha bagi bisnis baru bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, kelas ini akan memandu pencarian kewirausahaan melalui berbagai cara, seperti penggalangan dana, evaluasi cashflow perusahaan, serta aspek lain yang dapat membiayai perusahaan Anda sendiri.

5. Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan sangat bermanfaat bagi diri sendiri maupun keluarga. Kelas ini ditawarkan oleh University of Florida, selama 9 minggu dibagi ke dalam 1 sampai 2 jam per minggu

Tidak ada kata terlambat untuk mengatur keuangan pribadi Anda. Kursus ini dapat membantu Anda belajar mengenai penggunaan uang dengan lebih bijaksana.

Selama pelatihan ini akan ada praktik langsung pengelolaan keuangan Anda, termasuk membayarkan pajak penghasilan dan bagaimana menjalankan kredit yang baik.

2 dari 2 halaman

6. Perencanaan Keuangan Untuk Orang Dewasa Maupun Milenial

keuangan untuk orang dewasa maupun milenial

Kursus ini ditawarkan oleh University of Illinois selama 4 minggu, yang dibagi 3 sampai 4 jam per minggu.

Program ini ditujukan bagi kalangan dewasa maupun muda, kursus ini memperkenalkan konsep dasar tentang perencanaan keuangan, termasuk bagaimana menilai penggunaan keuangan Anda, anggaran belanja, tabungan, menetapkan tujuan keuangan dan banyak lagi.

Jika Anda berminat untuk berkarier dalam perencanaan finansial, kursus ini juga mencakup wawancara video dengan para profesional yang ahli di bidangnya

7. Keterampilan Diri

Negosiasi merupakan hal utama yang ditawarkan keterampilan ini. Ditawarkan oleh University of Michigan melalui edX dan Coursera, dengan durasi selama 7 minggu dibagi ke dalam 2 sampai 4 jam per minggu.

Pada saat tertentu dalam karier Anda, keterampilan bernegosiasi akan diperlukan.
Seperti menegosiasikan gaji yang lebih tinggi dari tawaran pekerjaan.

Melalui kursus ini dari University of Michigan, Anda akan belajar empat langkah dasar untuk negosiasi yang sukses.

8. Problem Solving

Pelatihan ini ditawarkan oleh Institut Teknologi Rochester melalui edX, dengan durasi waktu 3 minggu yang dibagi ke dalam 4 sampai 6 jam per minggu.

Memiliki pemikiran kritis untuk pemecahan masalah adalah sifat yang paling dicari dalam diri karyawan dan pemimpin bisnis. Jika Anda ingin meningkatkan keterampilan itu, kursus ini dapat membantu cara untuk melatih pemikiran kritis untuk pemecahan masalah dalam konteks bisnis.

9. Public Speaking

Kursus ini disediakan oleh Institut Teknologi Rochester melalui edX, dengan durasi 3 minggu yang dibagi kedalam 4 sampai 6 jam per minggu.

Public speaking menggambarkan kualitas penting bagi seorang pemimpin, seperti keyakinan dalam berbicara di hadapan umum. Warren Buffett, CEO Berkshire Hathaway, menganggap kursus berbicara di hadapan umum sebagai sumber keberhasilannya.

Akan tetapi, bagi banyak orang berbicara di hadapan umum sangatlah menakutkan. Pelajaran dari institut teknologi Rochester ini bisa menjadi langkah untuk mengatasi rasa takut ini. Sebab pembelajaran mencakup beberapa alat dan metode untuk mengatasi kecemasan berbicara di depan umum untuk pemula.

10. Bahasa Mandarin Tingkat Satu

Kursus ini ditawarkan oleh MandarinX melalui edX selama 6 minggu yang dibagi kedalam 4 sampai 10 jam per minggu.

Lima tahun yang lalu Bill Gates mengakui dalam Reddit Q&A dia merasa "cukup bodoh" karena tidak lancar berbahasa asing. Sebaliknya, Mark Zuckerberg mengesankan para mahasiswa Universitas China dengan memamerkan keterampilan bahasa mAndarin pada sebuah panel Q&A.

Penelitian telah menunjukkan manfaat bilingualisme atau dua bahasa, termasuk kemampuan untuk mengungguli monolingual atau satu bahasa dalam memecahkan masalah. Selain itu, bilingual dapat mengesankan atasan kerja. Jika Anda memiliki waktu luang, Anda harus mencoba mempelajari bahasa populer seperti Mandarin atau Spanyol.

  [bim]

Baca juga:
Ada Virus Corona, Pembayaran Digital Meningkat Capai 2,2 Juta Transaksi di Maret 2020
Pelatihan Online Ini Bisa Didapat Pelaku UMKM di E-Learning
Polri Tangani 200 Imigran Gelap Masuk Indonesia saat Pandemi Covid-19
Indonesia Terpapar Corona, Pemerintah Akui Sistem Kesehatan Nasional Belum Kuat
Update Sebaran Pasien Positif Covid-19 di 34 Provinsi 30 April 2020
Perang Lawan Corona, 193 Negara di Dunia Telah Kucurkan Dana USD 8 Triliun
Begini Cara Buruh Peringati May Day Saat Ada Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini