10 Bos Perusahaan dengan Penghasilan Terbesar Sejagat

Rabu, 2 Oktober 2019 06:00 Reporter : Merdeka
10 Bos Perusahaan dengan Penghasilan Terbesar Sejagat ilustrasi orang kaya. © nocookie.net

Merdeka.com - Meskipun ekonomi dunia tengah bergejolak, namun nyatanya tidak mempengaruhi pendapatan para pimpinan perusahaan dunia. Bahkan, beberapa diantaranya memiliki kekayaan bersih lebih tinggi daripada GDP beberapa negara kecil!

Ketika dunia terus tumbuh dan berkembang, para perusahaan top terus berinovasi, menaikkan gaji para kepala eksekutif mereka.

Hari ini, merdeka.com akan mengungkap beberapa CEO dengan bayaran termahal dalam hal gaji dan tunjangan di dunia seperti dilansir dari laman The Richest. Selamat membaca.

1 dari 10 halaman

Jeff Bezos

Yang pertama, tidak mengejutkan, adalah Jeff Bezos. Orang terkaya di dunia, yang dikenal luas sebagai pendiri Amazon.

Meskipun gajinya yang terdaftar secara teknis sangat sederhana USD 81.840 atau setara Rp1,1 miliar, sumber memperkirakan bahwa jumlah yang dihasilkan Bezos setiap tahun adalah USD 78,5 miliar atau Rp1.115 triliun!

Kekayaan terbesarnya terletak pada kepemilikan Bezos atas 16 persen saham Amazon. Namun, dia menghabiskan sedikit kemewahan yang dimilikinya dibandingkan dengan yang lain.

Faktanya, dia mengendarai Honda Accord yang sudah usang. Mengingat Bezos memulai perusahaannya di garasi, masuk akal bahwa dia cenderung hemat pada kekayaannya.

2 dari 10 halaman

Mark Zuckerberg

Meskipun sebagai pencipta Facebook, Mark Zuckerberg secara teknis memegang gaji legal satu dolar per tahun. Tetapi dia menghasilkan jauh lebih banyak daripada itu karena kepemilikan sahamnya di perusahaan, serta kompensasi dan tunjangannya sebagai CEO.

Sang pendiri menambahkan sekitar USD 9 miliar atau Rp127,9 triliun ke rekening banknya setiap tahun. Mark Zuckerberg dan isterinya Priscilla Chan adalah pasangan yang baik hati, di mana menghabiskan miliaran dana untuk penelitian dan pendidikan.

Meskipun Zuckerberg tidak suka membuang-buang uang untuk barang mewah, tetapi dia membeli beberapa peralatan rumah dengan teknologi canggih.

3 dari 10 halaman

Elon Musk

Elon Musk tak hanya terkenal berkat Tesla, tetapi dia juga terkenal dengan PayPal, SpaceX, dan tweet lucunya. Mirip seperti yang lainnya, Musk mengklaim upah minimum gajinya di California sebesar USD 40.000 untuk negara.

Namun, kepemilikan dan manfaatnya sebagai CEO membuat dirinya membawa pulang uang jauh lebih banyak. Meskipun penghasilan Musk sangat berbeda dari tahun ke tahun dan ada banyak perkiraan, setidaknya rata-rata dia meraup sekitar USD 500 juta.

Namun, tidak masalah berapa pun penghasilan tahunannya, karena lelaki itu tidak perlu khawatir dengan kekayaan bersih lebih dari USD 20 miliar.

4 dari 10 halaman

Brendan Kennedy

Brendan Kennedy dikenal karena kerjanya dengan ganja medis. Kedua perusahaannya, Tilray dan Privateer Holdings, berurusan dengan investasi dan akses ke industri ganja medis.

Tilray telah melihat kesuksesan besar sejak pembentukannya, menjadi industri Kanada pertama yang secara legal mengekspor ganja medis ke Amerika Serikat. Sebagai CEO, Kennedy menghasilkan USD 256 juta atau setara Rp3,6 triliun.

Kennedy masih sangat aktif dalam kesuksesan perusahaannya dan terus berinvestasi dalam industri ganja medis dengan penghasilannya. Di waktu luangnya, Kennedy tidak melakukan kegiatan mewah dan membuat pancake untuk anak-anaknya.

5 dari 10 halaman

Bob Iger

Jika Anda menyukai film Disney, mungkin Anda juga tahu bahwa CEO nya saat ini adalah Bob Iger. Pria itu secara teknis mengendalikan perusahaan Marvel Entertainment, Lucasfilm, 20th Century Fox, dan aset lainnya yang berhubungan dengan Disney secara keseluruhan.

Iger karenanya dikompensasi oleh jutaan, dengan paket pembayaran resminya menjadi USD 65,6 juta. Namun, keseluruhan kompensasi dan tunjangannya mencapai USD 140 juta atau setara Rp1,9 triliun, jumlah yang sangat tinggi, dan sekitar 1400 kali lipat dari rata-rata karyawan Disney.

Bob Iger sangat aktif dalam perannya sebagai CEO, berinvestasi di resor baru, waralaba, dan hal potensial lainnya dalam menghasilkan uang untuk perusahaan.

6 dari 10 halaman

Tim Cook

CEO Apple, Tim Cook, telah meningkatkan keamanan siber, pelestarian lingkungan, dan perluasan perusahaan. Gaji resmi CEO adalah sekitar USD 15 juta, tetapi tunjangan dan saham meningkatkan kompensasi tahunannya menjadi USD 141,6 juta atau setara Rp2 triliun.

Tim Cook menghabiskan uangnya untuk didonasikan pada kampanye politik dan dalam kapasitasnya sebagai penandatanganan Giving Pledge, sebuah program yang mendorong filantropi di kalangan orang kaya.

Cook dilaporkan memiliki rencana besar untuk masa depan Apple dan mengisyaratkan bahwa kontribusi terbesar Apple adalah untuk kesehatan manusia.

7 dari 10 halaman

David Zaslav

Ingatkah saat menonton perlombaan antara zebra dan singa di Animal Planet? Pria di belakang saluran ini dan sejumlah orang lain saat ini adalah David Zaslav, Presiden dan CEO Discovery Inc.

Perusahaan media massa terkenal karena produksinya di Discovery Channel, Animal Planet, Science Channel, dan Food Network.

Sebagai hasil dari kesuksesan perusahaan, Zaslav membawa pulang pembayaran dasar USD 3 juta, ditambah beberapa juta dalam opsi saham, serta penghargaan retensi USD 100 juta, hingga menjadi USD 122 juta atau setara Rp1,7 triliun pada 2018.

8 dari 10 halaman

James Heppelmann

Meskipun tidak setenar Apple, Disney, dan perusahaan lainnya, PTC Inc. adalah perusahaan perangkat lunak utama yang menarik lebih dari satu miliar dolar dalam pendapatan setahun. Sebagai CEO dari perusahaan teknologi global besar, James Heppelmann mendapat lebih dari USD 70 juta atau setara Rp 994 miliar per tahun untuk dirinya sendiri, sebagian besar dari posisinya sebagai pemegang saham utama dan hibah kinerjanya.

Sebelum bekerja dengan PTC, Jim sudah melakukan hal-hal besar sebagai pendiri Windchill Technology Inc. dan pergi ke PTC ketika membeli Windchill. Hari ini, kekayaan bersihnya secara keseluruhan diperkirakan paling tidak USD 121 juta.

9 dari 10 halaman

Stephen Schwarzman

Stephen Schwarzman adalah pemimpin dan investor yang sangat berbakat dengan kekayaan bersih lebih dari USD 13 miliar. Dia adalah pendiri dan CEO The Blackstone Group, perusahaan ekuitas swasta multinasional dan perusahaan jasa keuangan.

Perusahaannya memiliki total aset senilai lebih dari USD 470 miliar, menjadikannya salah satu perusahaan jasa keuangan paling sukses di dunia. Schwarzman sendiri menghasilkan sekitar USD 70 juta atau setara Rp994,9 miliar setiap tahun, meskipun dia menerima lebih dari USD 785 juta karena tambahan dividen dan bunga.

Sepanjang hidupnya, Schwarzman menjadi dermawan aktif, menyumbangkan USD 100 juta ke perpustakaan umum New York, USD 100 juta lainnya untuk beasiswa di Cina, dan tak terhitung banyaknya kedermawanan lainnya.

10 dari 10 halaman

Stephen Angel

Industri gas sangat penting untuk berbagai perkembangan sepanjang sejarah manusia, seperti pertambangan, kedokteran, bioteknologi, pupuk, farmasi, dan elektronik. Perusahaan gas industri terbesar, Linde PLC, dipimpin oleh seorang pria bernama Stephen Angel.

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri ini, Angel menjadi CEO yang fenomenal di salah satu perusahaan paling penting di dunia. Pada 2018, Angel menarik USD 66,1 juta atau setara Rp940 miliar untuk dirinya sendiri, yang sebagian besar dihasilkan oleh pembayaran pesangon serta penghargaan saham dan opsi.

Kekayaan Stephen Angel diperkirakan setidaknya USD 149 juta pada 2019.

Reporter Magang: Winda Ayu Lestari

[bim]

Baca juga:
Orang Terkaya Afrika Hibahkan Rp424 Miliar ke Wanita Tak Mampu
Orang Terkaya Dunia Potong Tunjangan Kesehatan 1.900 Karyawannya
Bill Gates Hibahkan Rp492 Triliun untuk Amal
Mengupas Data 5 Negara Terkaya di Benua Afrika
Miliuner ini Makin Kaya Rp28 T per Hari Karena Kilang Terbesar Dunia Diserang

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini