Zaman Masih Ipda Hingga Kombes, Ini Potret Bhirawa Adik Panglima Jenderal TNI Andika

Selasa, 30 November 2021 08:01 Reporter : Kurnia Azizah
Zaman Masih Ipda Hingga Kombes, Ini Potret Bhirawa Adik Panglima Jenderal TNI Andika Potret Bhirawa Adik Panglima Jenderal TNI Andika. istimewa ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Panglima Jenderal TNI Andika Perkasa memiliki seorang adik di kepolisian. Bhirawa Braja Paksa kini berpangkat Kombes dinas di Polda Metro Jaya.

Bhirawa merupakan adik paling bungsu dari Andika. Dia menjabat sebagai Kabid Propam Polda Metro.

Wajah Bhirawa semasa muda pun tak beda jauh dengan sang kakak. Penasaran dengan potret gagahnya sejak berpangkat Ipda? Simak ulasannya berikut ini.

2 dari 4 halaman

Profil Adik Panglima Jenderal Andika

sosok gagah bhirawa braja adik panglima tni andika
Potret Masih jadi Dirlantas Polda, Facebook resmi Bhayangkari ©2021 Merdeka.com

Kombes Bhirawa Braja Paksa diketahui merupakan adik bungsu dari Panglima Jenderal TNI Andika Perkasa. Selisih usia keduanya sekira 10 tahun.

Bhirawa lahir di Jakarta tanggal 8 Juni 1974. Sedangkan sang kakak lahir di Bandung pada 21 Desember 1964.

Adik bungsu dari Jenderal Andika tersebut kini telah berusia 47 tahun. Bhirawa adalah lulusan Akademi Kepolisian tahun 1993.

"Setelah 15 tahun saya melanglang buana di luar Jawa, saya masuk ke Polda Metro Jaya tahun 2016, setelah Kapolres," tuturnya pada merdeka.com, Selasa (30/11).

"Setelah saya menjabat Wakapolres Metro Jakarta Utara yang memang tidak terlalu lama, saya mendapat kesempatan menjadi tenaga pendidik, menjadi dosen di almamater saya, di Akademi Kepolisian Semarang 1 tahun 2 bulan," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Potret Masih Ipda

Saat berpangkat Inspektur Polisi Dua atau Ipda, Bhirawa sudah mengemban amanat sebagai Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Maumere tahun 1998.

potret bhirawa adik panglima jenderal tni andika

istimewa ©2021 Merdeka.com

Pemilik nama asli Fransiskus Xaverius Bhirawa Braja Paksa itu menyandingkan potret lawas dengan saat dirinya sudah diangkat menjadi Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Riau.

"Saya penugasannya banyak di luar Jawa. Jadi lulus Akpol itu berdinas di Polda Nusa Tenggara Timur (NTT), delapan tahun saya di sana," tutur.

Setelah itu Bhirawa sekolah di PTIK. Lalu penugasan penugasan baru di Polda Kalimantan Tengah. Dijalani hingga lima tahun. Selanjutnya, Bhirawa mendapatkan kesempatan menempuh pendidikan di Sespimen Polri di Lembang.

"Setelah lulus Sespimen, saya mendapat penugasan baru di Polda Jambi, saya lalui di sana selama dua tahun. Kemudian pada akhirnya saya mendapat kesempatan untuk tugas di Mabes Polri, kemudian saya mendapat kesempatan menjabat Kapolres Tulungagung di Polda Jawa Timur, tidak terlalu lama juga. Kemudian saya dipromosikan kembali menjadi Wakapolres Metro Jakarta Utara," jelasnya.


4 dari 4 halaman

Jabatan Mentereng di Polri

potret bhirawa adik panglima jenderal tni andika
Potret Bhirawa Sudah Berpangkat Kombes, istimewa ©2021 Merdeka.com

Sebelum mengemban tugas menjadi Kabid Propam, Bhirawa pernah menduduki posisi sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Kamsel Korlantas Polri.

Kemudian pada Kamis (7/1) lalu, ada perubahan di posisi Direktur, Kabid Propam, Komandan Satbrimob serta Kepala SPN Lido Polda Metro Jaya.

Dalam upacara sertijab itu, Kabid Propam Polda Metro Jaya yang sebelumnya dipimpin oleh Kombes Johannes R. Manalu digantikan oleh Kombes Bhirawa Braja Paksa.

[kur]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini