Waspadalah, Merokok Tingkatkan Risiko Terpapar Covid-19

Minggu, 22 November 2020 11:55 Reporter : Kurnia Azizah
Waspadalah, Merokok Tingkatkan Risiko Terpapar Covid-19 pria china merokok pakai pelindung wajah di wuhan. ©AFP

Merdeka.com - Kecanduan merokok banyak dialami oleh masyarakat. Selain tidak baik bagi kesehatan diri sendiri juga sangat berbahaya bagi orang sekitar. Namun banyak orang yang mengaku sulit melepas kebiasaan buruk itu.

Kendati demikian, Junior Doctor Network dr. Vito Anggarino Damay, mengungkapkan kebiasaan merokok masyarakat sangat berisiko di masa pandemi Covid-19.

"Orang yang merokok lebih berisiko dirawat karena penyakit berat termasuk COVID-19 juga," terang dr Vito Anggarino Damay, Junior Doctor Network dalam Dialog Produktif dengan tema "Awasi Penyakit Tidak Menular untuk Tetap Produktif dan Aman COVID-19" di Media Center Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin (9/11/2020), seperti dilansir dari Liputan6.

Termasuk mengganggu jantung dan paru-paru, berbagai penyakit infeksi bisa rentan tertular. Tingginya risiko, berasal dari kebiasaan perokok menyentuh mulut berulang kali saat memegang rokok.

Tangan orang yang merokok, belum tentu bersih dan kemungkinan terkontaminasi dengan virus. Risiko ini juga harus diwaspadai para perokok pasif, yang juga dapat tertular dengan berbagai penyakit menular lainnya di masa Covid-19 ini.

Risiko tersebut juga patut diwaspadai oleh para perokok pasif, yang sama-sama bisa tertular dengan berbagai penyakit menular lainnya.

Baca Selanjutnya: Perokok Dua Kali Lebih Berisiko...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini