Waspada Gejala Corona Covid-19, Inilah Suhu Tubuh Normal Berdasarkan Usia

Selasa, 31 Maret 2020 14:12 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Waspada Gejala Corona Covid-19, Inilah Suhu Tubuh Normal Berdasarkan Usia pemeriksaan suhu tubuh di mall. ©2020 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Salah satu langkah antisipasi pencegahan terinfeksi virus corona adalah memeriksa suhu tubuh. Maka dari itu, di sejumlah tempat umum seperti pusat perbelanjaan hingga bandara selalu menerapkan pengecekan suhu tubuh.

Dari suhu tubuh itulah, seseorang bisa mengetahui kondisi tubuhnya sedang sehat atau tidak. Siapa sangka, suhu tubuh normal pada seseorang itu bervariasi. Tergantung pada faktor usia, jenis kelamin dan tingkat aktivitas.

Melansir dari Medical News Today, berikut daftar suhu tubuh normal manusia berdasarkan faktor usia.

2 dari 6 halaman

Suhu Tubuh Orang Dewasa

Suhu tubuh orang dewasa normal berkisar antara 36,5 derajat hingga 37,5 derajat celcius. Sehingga, saat suhu tubuh menunjukkan angka 38 derajat celcius, maka bisa dikategorikan demam.

pemeriksaan suhu tubuh di mall
2020 Merdeka.com/Arie Basuki

Saat suhu tubuh mencapai 39,5 derajat celcius, maka itu masuk ke dalam kategori demam tinggi. Dan suhu 41 derajat celcius bisa dikatakan demam sangat tinggi.

3 dari 6 halaman

Suhu Tubuh Anak-anak

Tidak berbeda jauh dengan orang dewasa. Suhu tubuh normal anak-anak usia 3-10 tahun berkisar 35,5 derajat hingga 37,5 derajat celcius.

pemeriksaan suhu tubuh di mall

2020 Merdeka.com/Arie Basuki

Ya, bisa dikatakan anak-anak sudah mulai memiliki suhu tubuh yang sama dengan orang dewasa. Bisa dikategorikan demam, jika suhu tubuh anak-anak sudah melebihi batas maksimal suhu normalnya.

4 dari 6 halaman

Suhu Tubuh Bayi

Terkadang bayi memiliki rentang suhu tubuh yang lebih tinggi dibanding orang dewasa. Terutama ketika pengukuran dilakukan melalui telinga dan ketiak. Sebab, bayi memiliki area permukaan tubuh yang lebih luas dibanding orang dewasa.

kenali 10 jenis penyakit kulit pada bayi dan cara mudah mengatasinya

2020 Merdeka.com

Selain itu, tubuh bayi juga cenderung aktif secara metabolik sehingga mampu menghasilkan panas. Mereka juga tak banyak mengeluarkan keringat saat hangat. Sata itu tubuh mereka sedang mempertahankan panasnya. Tidak heran bayi jadi lebih sulit untuk menurunkan panasnya ketika demam.

Pada normalnya, suhu tubuh bayi berusia 0-2 tahun berkisar 36,6 derajat hingga 37 derajat celcius. Suhu tubuh bayi bisa meningkat saat si kecil sedang tumbuh gigi.

5 dari 6 halaman

Bervariasi Berdasarkan Usia

Perlu diingat, suhu tubuh normal seseorang ini bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, kesehatan dan aktivitas fisik.

pemeriksaan suhu tubuh di mall

2020 Merdeka.com/Arie Basuki

Alat pengukur juga bisa memberikan hasil yang berbeda-beda. Hal ini tergantung dari jenis alat pengukuran dan bagian tubuh mana yang digunakan untuk memeriksa suhu tubuh.


6 dari 6 halaman

Penyebab Alat Pengukur Tidak Akurat

Melansir dari Alodokter, Selasa (31/3/2020), ada beberapa kondisi yang membuat alat pengukur suhu tubuh tidak memberikan hasil yang akurat. Berikut penyebab-penyebabnya:
deteksi awal virus flu dengan termometer dapatkan produknya di tokopedia

Shutterstock

  1. Tidak menggunakan termometer di bagian tubuh yang tepat
  2. Baterai termometer mati atau lemah
  3. Terlalu cepat mengangkat termometer dari bagian tubuh
  4. Tidak mengikuti petunjuk penggunaan dengan baik dan benar
  5. Mulut terbuka saat sedang diukur suhu tubuhnya
  6. Pengambilan suhu tubuh 1 jam setelah berolahraga atau mandi air hangat
  7. Pengambilan suhu tubuh 20 menit setelah mengonsumsi minuman panas atau dingin.
[tan]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini