Vonis Lengkap 67 Prajurit TNI AD Terlibat Perusakan Polsek Ciracas, 17 Orang Dipecat

Rabu, 9 Juni 2021 07:46 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Vonis Lengkap 67 Prajurit TNI AD Terlibat Perusakan Polsek Ciracas, 17 Orang Dipecat Vonis Lengkap 67 Prajurit TNI AD Terlibat Perusakan. YouTube TNI AD ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Sidang perkara kerusuhan Polsek Ciracas yang dilakukan oleh oknum prajurit TNI Angkatan Darat kembali digelar. Sidang ini telah sampai pada amar putusan majelis pengadilan yang berlangsung di Pengadilan Militer II-08, Jakarta Timur.

Sidang keputusan ini mengikuti arahan yang diberikan oleh KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa. Hal ini untuk menindak lanjuti secepat mungkin agar para pelaku mendapat hukuman serta pemecatan dari dinas militer.

Sebelumnya, para oknum personel TNI terlibat dalam kasus kerusuhan Ciracas. Hal itu mengakibatkan kerusakan pada sejumlah fasilitas hingga menyebabkan adanya korban luka-luka. Baik pada anggota Polri maupun masyarakat sipil. Lantas apa saja vonis lengkap yang ditetapkan oleh Pengadilan Militer untuk 67 prajurit TNI AD yang terlibat kerusuhan Polsek Ciracas?

Melansir dari akun YouTube TNI AD, Rabu (9/6), simak ulasan informasinya berikut ini.

2 dari 5 halaman

Permohonan Maaf dari TNI AD

KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa menyampaikan permohonan maaf atas insiden kerusuhan Polsek Ciracas. Terlebih dalam insiden tersebut terdapat kerusakan dan korban. Baik dari anggota Polri maupun masyarakat sipil yang tidak tahu apa-apa.

vonis lengkap 67 prajurit tni ad terlibat perusakan
YouTube TNI AD ©2021 Merdeka.com

"Pertama TNI Angkatan Darat memohon maaf atas terjadinya insiden yang menyebabkan korban maupun kerusakan yang dialami oleh rekan-rekan. Baik dari masyarakat sipil maupun anggota Polri yang tidak tahu apa-apa," papar KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa.

3 dari 5 halaman

Vonis Lengkap 67 Prajurit TNI AD

vonis lengkap 67 prajurit tni ad terlibat perusakan
YouTube TNI AD ©2021 Merdeka.com

"Terdapat 67 orang terdakwa dari Matra Darat dibagi menjadi 21 register perkara. Amar putusan pada pokoknya sebagai berikut: A. 16 terdakwa dijatuhi pokok 1 tahun dan pidana tambahan dipecat dari dinas TNI. ⁣ B.1 orang terdakwa dijatuhi pokok pidana 11 bulan dan pidana tambahan dipecat dari dinas TNI. C. 3 orang terdakwa dijatuhi pidana penjara 1 tahun 1 bulan. D. 13 orang terdakwa dijatuhi pidana penjara 1 tahun. E. 19 terdakwa dijatuhi pidana penjara 11 bulan. F. 15 terdakwa dijatuhi pidana penjara 10 bulan⁣," jelas Kadilmiltama Mahkamah Agung, Mayjen TNI Abdul Rasyid.

"15 di antaranya melakukan upaya hukum banding. 4 di antaranya menyatakan pikir-pikir," sambungnya.

4 dari 5 halaman

Putusan yang Dijatuhkan

vonis lengkap 67 prajurit tni ad terlibat perusakan
YouTube TNI AD ©2021 Merdeka.com

"Perlu diketahui bahwa putusan yang dijatuhkan oleh pengadilan militer sudah mempertimbangkan dari segi keadilan, kepastian hukum yang tegas dan kemanfaatan bagi organisasi TNI, kepentingan umum dan kepentingan pertahanan negara," tutupnya.

5 dari 5 halaman

Video Pembacaan Vonis Lengkap 67 Prajurit TNI AD

Berikut video pembacaan vonis lengkap bagi 67 prajurit TNI AD yang terlibat kerusuhan Polsek Ciracas.

[tan]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini