Video Ini Jadi Bukti Jenderal Hoegeng Kapolri Teladan, Tukang Becak Dipanggil Saudara

Jumat, 30 Juli 2021 09:59 Reporter : Mutia Anggraini
Video Ini Jadi Bukti Jenderal Hoegeng Kapolri Teladan, Tukang Becak Dipanggil Saudara Video Ini Jadi Bukti Jenderal Hoegeng Kapolri Teladan. Instagram/@pendapatkita ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Siapa yang tak kenal dengan sosok jenderal inspiratif di Tanah Air berikut ini? Jika mendengar pertanyaan soal sosok jenderal polisi paling jujur, maka banyak orang akan teringat dengan sosok Jenderal Polisi (Purn) Hoegeng Imam Santoso.

Memegang jabatan tak membuatnya buta hati. Ia tetap rendah hati, jujur, dan bijaksana. Sikapnya itu terbukti dalam sebuah video lawas berikut ini.

Berhadapan dengan tukang becak yang melanggar aturan, ia tetap sopan dan humanis memperingatkan. Seperti apa? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

2 dari 4 halaman

Rangkul Tukang Becak

Mengenakan seragam kepolisian lengkap, Jenderal Hoegeng menemui para pelanggar aturan di Ibukota. Meski tukang becak, Jenderal Hoegeng berkomunikasi secara lembut.

"Ditangkap dimana?" tanyanya, melansir dari akun Instagram @pendapatkita.

"Di daerah Harmony," singkat salah satu tukang becak.

video ini jadi bukti jenderal hoegeng kapolri teladan
Instagram/@pendapatkita ©2021 Merdeka.com

"Mengapa?" tanyanya.

"Karena masih tidur (di jalan)," jawabnya.

"Nah, tidak boleh. Jadi jangan dong, tiap pagi selalu ada kejadian begitu. Situ capek, kita juga capek," ungkapnya sembari merangkul.

3 dari 4 halaman

Kumpulkan Tukang Becak, Beri Penjelasan

Jenderal Hoegeng lantas mengumpulkan seluruh tukang becak yang melanggar. Berbaris rapi, para tukang becak itu mendengarkan penjelasan dari Jenderal Hoegeng yang menyebut mereka dengan panggilan saudara dan kawan.

"Saudara-saudara, kawan-kawanku, apakah saudara-saudara mau berjanji tidak akan berbuat begitu lagi?" tanyanya.

video ini jadi bukti jenderal hoegeng kapolri teladan
Instagram/@pendapatkita ©2021 Merdeka.com

"Mau," tukang becak kompak.

"Saudara kenal dengan saya? Terkejut tidak? Tidak kan? Oke terima kasih. Jadi untuk sekarang, saudara-saudara akan diurus dengan cepat (dibebaskan). Tapi lain kali jangan, janji?" katanya.

"Janji pak," ucap para tukang becak.

"Terima kasih," singkatnya.

4 dari 4 halaman

Disebut Polisi Jujur

Hoegeng Imam Santoso lahir di Pekalongan, 14 Oktober 1921. Dia adalah sosok yang disegani di kalangan kepolisian Republik Indonesia. Walaupun hanya menjabat tiga tahun sebagai Kapolri, namun Hoegeng sukses menjadi legenda di kalangan kepolisian.

hoegeng
buku hoegeng/sinar harapan

Ia dikenal sebagai sosok jujur, bersih, dan tegas. Hoegeng pernah membongkar bandar judi di Medan secara tuntas hingga tak mempan melawan siapapun demi kebenaran.

Sikapnya itu membuat banyak orang kalang kabut. Banyak yang lantas membuat tipu daya guna meruntuhkan Hoegeng. Kendati demikian, ia tak mempan saat digoda suap dan wanita cantik.

Video Jenderal Hoegeng Ramah ke Tukang Becak

Berikut videonya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Paid Promote Termurah (@pendapatkita)

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini