Usai Divaksin Covid 19, Kapan Kekebalan Tubuh Muncul & Berapa Lama?

Kamis, 25 Maret 2021 10:23 Reporter : Kurnia Azizah
Usai Divaksin Covid 19, Kapan Kekebalan Tubuh Muncul & Berapa Lama? Ilustrasi Vaksin Covid-19. ©2021 REUTERS/Dado Ruvic/File Photo

Merdeka.com - Vaksin Covid-19 terbilang masih baru karena dikembangkan dalam beberapa bulan terakhir ini. Pihak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, terlalu dini untuk mengetahui durasi perlindungan vaksin Covid-19. Penelitian masih terus berlangsung untuk menjawab pertanyaan ini.

Namun, sangat menggembirakan bahwa data yang tersedia menunjukkan bahwa kebanyakan orang yang pulih dari Covid-19, mengembangkan respons kekebalan. Hal ini memberikan setidaknya beberapa periode perlindungan terhadap infeksi ulang. Meskipun masih dipelajari seberapa kuat perlindungan vaksin ini dan berapa lama bertahan.

Proses pengembangan vaksin Covid dilacak dengan cepat sambil mempertahankan standar tertinggi. Memastikan keamanan dan kualitas vaksin adalah salah satu prioritas tertinggi WHO. Sejak kemunculan virus SARS-CoV-2 ini, WHO bekerja erat dengan otoritas nasional untuk memastikan bahwa norma dan standar global dikembangkan. Serta diterapkan untuk menilai kualitas keamanan dan kemanjuran vaksin.

Meski sudah menerima vaksin Covid-19, WHO menegaskan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Karena belum dapat dipastikan bertahan seberapa lama vaksin itu menjaga tubuh dari infeksi.

Untuk lebih jelasnya, berikut keterangan dari pihak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Selanjutnya: Respons Kekebalan Muncul Usai Divaksin...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini