Mantan Tokoh Besar OPM: Papeda itu Akronim Papua Perlu Damai

Selasa, 11 Mei 2021 11:59 Reporter : Kurnia Azizah
Mantan Tokoh Besar OPM: Papeda itu Akronim Papua Perlu Damai Tokoh Besar dan Mantan Menteri OPM. Kanal YouTube Talk Show tvOne ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Organisasi Papua Merdeka (OPM) hingga kini masih eksis. Selama ini, mereka mengusung isu ketidakadilan pembangunan dan pelanggaran hak asasi manusia untuk menarik simpati.

Namun hal itu nyatanya ditentang oleh para tokoh pembesar sekaligus pendiri OPM sendiri, termasuk Nicolaas Jouwe dan Nicholas Simion Messet. Keduanya telah berjuang demi kemerdekaan Papua, hingga akhirnya mendapatkan pencerahan dan kembali ke pelukan Ibu Pertiwi.

Nicholas Simion Messet atau akrab disapa Nick Messet adalah mantan eksil Papua pro-Papua merdeka. Kala itu ia menjabat sebagai Menteri Luar Negeri OPM. Selama 40 tahun ia tinggal di Eropa untuk meminta dukungan dan kerja sama dari berbagai negara.

Tapi tak disangka banyak negara luar yang menguatkan dirinya, bahwa Papua bagian dari NKRI yang harus dilestarikan bukan melepas diri. Dari sanalah Nick Messet terbesit akronim Papeda. Berasal dari 'Papua Perlu Damai'.

Simak ulasan kisahnya berikut ini.

Baca Selanjutnya: Kembalinya Tokoh OPM ke NKRI...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini