Tetap Bertahan di Masa Pandemi, Intip Cerita Sukses Bisnis Bonsai yang Makin Untung

Sabtu, 21 November 2020 09:03 Reporter : Mutia Anggraini
Tetap Bertahan di Masa Pandemi, Intip Cerita Sukses Bisnis Bonsai yang Makin Untung Cerita Sukses Bisnis Bonsai Cantik yang Makin Untung. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pandemi Covid-19 yang hingga kini masih merajalela membuat sebagian besar orang terdampak secara tidak langsung. Dari semua sendi kehidupan, ekonomi menjadi salah satu dampak yang timbulkan Covid-19. Namun bagi sebagian orang, munculnya pandemi Covid-19, justru membuat mereka banyak keuntungan.

Salah satunya para pengusaha yang bergelut di bidang bonsai dan tanaman hias. Meski pandemi Covid-19 menggempur perekonomian nasional, nampaknya hal ini tidak begitu berpengaruh bagi bisnis yang dimiliki oleh Langgeng Pambudi, seorang pria asal Turi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang bergelut di bisnis pohon bonsai sejak tahun 2010.

Bisnis yang dibangun oleh pria berusia 29 tahun tersebut berawal dari rasa penasaran. Pria yang akrab disapa Langgeng tersebut lantas mengaku semakin tertarik untuk mempelajari proses penanaman hingga budi daya tanaman bonsai.

"Saya dari tahun 2010. Awalnya, saya dulu iseng beli lalu belajar bagaimana cara membuat bonsai yang benar. Lalu ya jadi lama-lama tertarik untuk budi daya sendiri," ujarnya saat dihubungi merdeka.com, Senin (16/11).

Melalui proses belajar yang cukup lama, kini bisnisnya mendatangkan keuntungan. Terlebih di masa pandemi kali ini, keuntungannya justru meningkat hingga dua kali lipat. Lantas, sebenarnya bagaimana cerita awal hingga terbentuknya bisnis bonsai yang kini justru semakin menguntungkan tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

Baca Selanjutnya: Tetap Bertahan di Masa Pandemi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini