Terlambat Vaksin Covid-19 Kedua, Segera Lakukan dan Ikuti Tips Ini

Rabu, 18 Agustus 2021 12:13 Reporter : Kurnia Azizah
Terlambat Vaksin Covid-19 Kedua, Segera Lakukan dan Ikuti Tips Ini Ilustrasi Vaksin Covid-19. ©2020 REUTERS

Merdeka.com - Vaksin Covid-19 diperlukan dua kali penyuntikan untuk bisa menciptakan kekebalan tubuh yang optimal dalam melawan virus corona. Tapi terkadang ada yang melewatkan dosis kedua tepat waktu sesuai jadwal.

Meski pedoman disiplin 5M masih digulirkan, penyebaran varian baru Covid-19 masih dilaporkan menular di beberapa wilayah. Sehingga penerimaan dua dosis vaksin Covid-19 untuk mencapai tingkat kekebalan.

Jika Anda melewatkan janji vaksin, baik itu konflik, pekerjaan, ketersediaan vaksin belum ada, dalam kondisi tidak sehat, kesalahan perencanaan, atau sekadar lupa. Lantas apa yang harus dilakukan? Simak ulasan berikut ini seperti dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (17/8).

2 dari 3 halaman

Segera Jadwalkan Ulang Dosis Kedua

ilustrasi vaksin covid 19

Ilustrasi vaksin Covid-19 ©Unsplash/brano

Melansir dari Health Cleveland Clinic, jika melewatkan janji temu, saran terbaik adalah menjadwal ulang dan mendapatkan dosis kedua sesegera mungkin.

Menurut dokter perawatan kritis dan paru, Joseph Khabbaza, MD, menurutnya tak peduli seberapa lama terlambat. Karena akan tetap dianggap telah vaksinasi Covid-19 penuh, dua minggu usai suntikan dosis kedua.

Patut diketahui, jangka waktu pemberian vaksin Covid-19 antara dosis pertama dan kedua itu berbeda tergantung jenisnya, seperti berikut:

  • Sinovac: 2–4 minggu.
  • Sinopharm: 3–4 minggu.
  • AstraZeneca: 8–12 minggu.
  • Moderna: 3–6 minggu
  • Pfizer: 3 minggu.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC), menyatakan batas keterlambatan sebaiknya tidak lebih dari 42 hari. Saat hal itu benar-benar tak dapat dihindari.

Dr Khabbaza mengatakan bahwa menurut sejumlah penelitian, menunggu lebih dari 42 hari di antara dua dosis, tidak menunjukkan dampak negatif. Tapi alangkah baiknya Anda segera menjadwalkan ulang.

3 dari 3 halaman

Pentingnya Vaksinasi Dosis Kedua

ilustrasi vaksin covid 19 pfizer biontech dan modernaIlustrasi vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech dan Moderna ©Reuters

Mengutip dari Halodoc, segala jenis vaksin Covid-19 yang ada di Indonesia, di antaranya Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, hingga Pfizer. Semuanya diperlukan dua dosis untuk mendapatkan kekebalan penuh.

Vaksin tersebut akan bekerja optimal melawan virus setelah dosis kedua. Kekebalan penuh menjadi penting bagi perlindungan diri maupun komunitas.

Dr. Khabbaza menambahkan, pemberian vaksin Covid-19 akan menciptakan herd immunity yang terbukti efektif dalam melawan mutasi dan varian virus corona. Vaksin juga akan mengurangi tingkat keparahan sakit seandainya Anda terinfeksi di kemudian hari.

Tips Tidak Terlambat Vaksin Dosis Kedua

Dr. Khabbaza menyarankan untuk mempersiapkan suntik vaksin Covid-19 secara matang supaya tidak terlambat. Berikut ini tips untuk membantu supaya Anda bisa tepat waktu:

- Kosongkan Kegiatan

Sediakan jam kosong sejak hari sebelumnya. Pastikan pada jadwal penerimaan vaksin Covid-19 kedua, Anda memiliki waktu.

Periksa kembali janji temu atau acara penting yang sekiranya menghalangi. Hanya jika memungkinkan, sebaiknya memprioritaskan jadwal vaksin.

- Pasang Pengingat di Smartphone

Gunakan kalender pengingat online atau melalui email, untuk mengingatkan Anda di hari vaksin kedua. Supaya tidak lagi terlewat.

Bisa pasang reminder di smartphone dengan menuliskan jadwal vaksin. Cara terbaik yang mudah terlihat untuk membantu.

- Jadwalkan Dosis Kedua Jika Terlambat

Bila terlambat menerima vaksin dosis kedua, segera jadwalkan ulang. Baik di tempat yang sama atau di tempat yang berbeda.

Menurut CDC, hal itu tak masalah. Selama Anda mendapatkan jenis vaksin yang sama dengan suntikan pertama.

[kur]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini