Tepatkah Jokowi Pakai Cash Away Gambarkan Perekonomian, Begini Cerita Filmnya

Jumat, 29 November 2019 11:47 Reporter : Addina Zulfa Fa'izah
Tepatkah Jokowi Pakai Cash Away Gambarkan Perekonomian, Begini Cerita Filmnya Joko Widodo. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia pada Kamis (28/11) di Jakarta. Ketidakpastian perekonomian global yang beberapa tahun melanda membuat Presiden memberikan perumpamaan.

Presiden Joko Widodo memberikan perumpamaan film "Cast Away" tahun 2001. Film yang menceritakan tentang satu-satunya orang yang selamat dalam kecelakaan pesawat kargo ini dapat digunakan sebagai acuan menghadapi perekonomian global. Dalam film tersebut, pemeran utama yang selamat mampu bertahan hidup seorang diri di tengah-tengah pulau.

1 dari 4 halaman

Cerita Film Cast Away

Film ini diperankan oleh aktor Tom Hanks (Chuck Noland) yang bekerja di sebuah perusahaan jasa pengiriman barang, FedEx. Kemudian setelah makan malam Natal bersama keluarga dan kekasihnya, Kely. Chuck mendapatkan tugas untuk mengatarkan barang dengan penerbangan FedEx.

Chuck dan Kely sempat bertukar kado natal sebelum melakukan perjalanan. Kely memberikan sebuah hadiah jam saku dengan foto Kely berada di dalamnya. Sedangkan Chuck memberi hadiah Kely sebuah lampu hias, memo, sapu tangan dan sebuah kado spesial yang hanya boleh dibuka oleh Kelly saat tahun baru tiba.

Chuck memiliki rencana untuk melamar Kely sepulang ia dari perjalanan. Tetapi hal tak terduga terjadi. Cuaca buruk membuat pesawat yang ditumpangi oleh Chuck jatuh di laut dan semua penumpang tewas. Chuck menjadi satu-satunya korban yang selamat dalam peristiwa tersebut. Chuck terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni selama 4 tahun lebih.

2 dari 4 halaman

Mampu Bertahan di Tengah Kesulitan

Presiden Joko Widodo menyampaikan terdapat tiga nilai yang dapat diambil dari film Cast Away, yang pertama yaitu mampu bertahan di tengah kesulitan. Presiden Joko Widodo berharap nilai pertama ini dapat diadaptasi oleh pemerintah bahwa Indonesia harus mampu bertahan di tengah kesulitan.

Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo menggambarkan kegigihan dari Chuck Noland yang diperankan oleh Tom Hanks. Chuck Noland dapat bertahan seorang diri di tengah pulau.


3 dari 4 halaman

Mencari Sumber Daya Ekonomi Baru untuk Bertahan

Nilai kedua yang disampaikan Presiden Joko Widodo dari film Cast Away yaitu kemampuan mencari sumber daya ekonomi baru untuk tetap bertahan. Seperti dengan cara mengolah nikel yang dapat digunakan sebagai baterai lithium. Sehingga dapat menciptakan sumber ekonomi yang baru.

4 dari 4 halaman

Optimisme dalam Menghadapi Tantangan

Presiden Joko Widodo menyampaikan nilai yang dapat dicontoh oleh Indonesia yaitu optimisme dalam menghadapi tantangan. Menurutnya, negara Indonesia masih cukup kuat karena pertumbuhan ekonomi diatas 5 persen dalam beberapa tahun ini.

[add]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini