Tanda-Tanda Keguguran Hamil Muda yang Wajib Diketahui Para Wanita

Kamis, 22 Juli 2021 11:46 Reporter : Billy Adytya
Tanda-Tanda Keguguran Hamil Muda yang Wajib Diketahui Para Wanita Ilustrasi keguguran. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/DanielW

Merdeka.com - Tanda-tanda keguguran hamil mudaharus diketahui para wanita. Kehamilan merupakan momen paling ditunggu oleh wanita yang baru saja menikah.

Saat wanita dinyatakan hamil, mereka harus menjaga kesehatan janin dan kondisi badannya. Sebab tidak sedikit ibu yang mengalami keguguran saat hamil.

Keguguran akan memberikan dampak fisik yang juga bisa mengakibatkan dampak psikologis, misalnya seperti kecemasan hingga depresi. Ada dua jenis keguguran yang perlu dipahami, yakni keguguran lantaran faktor sejumlah penyakit dan keguguran yang terjadi secara berulang.

Keguguran ini juga bisa terjadi ketika usia kandungan masih muda. Hal tersebut tentu disebabkan berbagai faktor, mulai dari hormonal, kurang vitamin dan anemia bahkan juga bisa bersumber dari pasangan Anda. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah tanda-tanda keguguran hamil muda.

2 dari 6 halaman

Kram di Bagian Perut

Tanda-tanda keguguran hamil muda yang pertama adalah kram yang terasa di bagian perut. Rasa nyeri yang parah di perut bisa menjadi gejala kehamilan ektopik, yakni kondisi yang sangat mengancam jiwa dan terjadi ketika sel telur yang berhasil dibuahi ditanamkan di luar rahim.

ilustrasi sakit perut
©iStockphoto

Rasa nyeri pada awal kehamilan, apalagi jika terjadi pada salah satu sisi perut saja harus segera mendapatkan penanganan sebagai keadaan darurat. Ini seperti kram yang sangat mirip saat seorang wanita sedang mengalami menstruasi.

3 dari 6 halaman

Pendarahan

Adanya pendarahan atau bercak darah menjadi salah satu tanda-tanda keguguran hamil muda yang paling umum dan sering dialami kebanyakan wanita. Akan tetapi perlu diingat bahwa pendarahan vagina bukan berarti selalu mengindikasikan keguguran.

Terkadang pendarahan ini bisa disebabkan oleh iritasi serviks atau proses implantasi yang memungkinkan bisa berhenti dan kehamilan bisa berlanjut tanpa masalah serius. Sekitar 10 persen dari ibu hamil mengalami pendarahan vagina di beberapa titik selam masa kehamilannya.

di usia muda© maltatoday.com

Adanya pendarahan ringan atau bercak berwarna merah muda atau kecokelatan tidak menjadi sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Justru yang perlu menjadi perhatian ketika bercaknya berwarna merah cerah atau bahkan berlebihan.

Gumpalan yang keluar atau lendir berwarna merah muda juga bisa mengindikasikan wanita sedang mengalami keguguran.

4 dari 6 halaman

Tak Merasakan Gerakan Bayi

Tidak dapat merasakan gerakan bayi menjadi salah satu tanda-tanda keguguran hamil muda berikutnya. Pada trimester kedua atau ketiga kehamilan, ibu hamil seharusnya sudah bisa merasakan gerakan bayi secara teratur.

ilustrasi hamil©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Subbotina Anna

Apabila gerakan nampak berhenti selama beberapa hari, sebaiknya segera lakukan pemantauan jantung janin dan juga memastikan bahwa bayi yang ada di dalam kandungan tersebut baik-baik saja.

5 dari 6 halaman

Memudarnya Gejala Kehamilan

Tanda-tanda keguguran hamil muda selanjutnya adalah ketika gejala kehamilan sudah mulai memudar dan mulai berkurang. Pada umumnya, wanita akan mengalami mual di pagi hari atau biasa disebut dengan morning sickness.

Selain itu wanita hamil akan merasakan nyeri pada bagian payudara yang lambat laun gejala ini akan menghilang dengan sendirinya. Hal itu memungkinkan embrio tidak dapat hidup lagi.

ilustrasi hamil©2013 Merdeka.com

Perlu diketahui gejala kehamilan dapat berfluktasi karena alasan lain, termasuk tubuh yang menjadi terbiasa dengan adanya hormon kehamilan.

6 dari 6 halaman

Persalinan Prematur

Seperti dilansir dari laman HaiBunda, melahirkan juga dikenal dengan persalinan prematur yang merupakan komplikasi kehamilan sangat serius. Tanda-tanda persalinan prematur ini harus segera diketahui dan biasanya mulai muncul pada trimester kedua dan ketiga kehamilan Anda.

010 destriyana©2015 Merdeka.com/shutterstock

Tanda-tanda persalinan prematur ini meliputi:

- Keputihan berubah

- Kram

- Kontraksi setiap 10 menit atau bahkan lebih

- Sakit di bagian punggung

- Hingga tekanan panggul yang terasa begitu berat

[bil]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini