Sosok Kopda Hardius Rusman, Prajurit TNI Angkatan Darat yang Kuasai 7 Bahasa Asing

Rabu, 27 Mei 2020 14:57 Reporter : Addina Zulfa Fa'izah
Sosok Kopda Hardius Rusman, Prajurit TNI Angkatan Darat yang Kuasai 7 Bahasa Asing Kopda Hardius Rusman. ©2020 Merdeka.com/Youtube TRANS7 OFFICIAL

Merdeka.com - Prajurit TNI dikenal tegas dan disiplin dalam menjalankan tugas. Tak hanya itu, para prajurit TNI juga memiliki prestasi di berbagai bidang. Salah satunya di bidang penguasaan bahasa asing.

Kopda Hardius Rusman menjadi salah satu prajurit TNI Angkatan Darat yang memiliki prestasi di bidang penguasaan bahasa asing. Ia fasih berbicara dengan 7 bahasa asing.

Berikut ulasan lengkapnya.

1 dari 7 halaman

Prajurit TNI AD Kuasai 7 Bahasa

kopda hardius rusman

©2020 Merdeka.com/Youtube TRANS7 OFFICIAL

Melalui unggahan channel Youtube TRANS7 OFFICIAL, terdapat sosok inspiratif dari TNI Angkatan Darat. Ia adalah Kopda Hardius Rusman.

Kopda Hardius diketahui menguasai 7 bahasa asing, yaitu bahasa Inggris, Belanda, Spanyol, Jerman, Portugis, Italia dan Prancis.

Kopda Hardius lantas memperkenalkan dirinya dengan 7 bahasa asing yang berbeda. Dedy Corbuzier pun memberikan komentar tentang pengucapan bahasa Inggris Kopda Hardius.

"Inggris oke, you speak english very well," kata Dedy.

2 dari 7 halaman

Fasih Berbahasa Belanda

kopda hardius rusman

©2020 Merdeka.com/Youtube TRANS7 OFFICIAL

Kopda Hardius kemudian melakukan komunikasi menggunakan bahasa Belanda dengan penerjemah bahasa. Penerjemah bahasa Belanda tersebut kemudian memberikan penilaiannya.

"Tadi saya bertanya simpel saja tentang kabarnya hari ini, lalu dijawab dengan baik. Bapak Hardius sudah menjelaskan dengan baik. Oke, benar," kata penerjemah bahasa Belanda.

3 dari 7 halaman

Fasih Berbahasa Spanyol

kopda hardius rusman

©2020 Merdeka.com/Youtube TRANS7 OFFICIAL

Selanjutnya, Kopda Hardius berkomunikasi menggunakan Bahasa Spanyol dengan penerjemah bahasa. Penerjemah bahasa Spanyol pun memberikan komentarnya.

"Oke, bisa dimengerti," kata penerjemah bahasa Spanyol.

4 dari 7 halaman

Fasih Berbahasa Jerman

kopda hardius rusman

©2020 Merdeka.com/Youtube TRANS7 OFFICIAL

Kopda Hardius pun kemudian melanjutkan berkomunikasi dengan penerjemah bahasa lainnya. Kali ini, ia berkomunikasi dengan bahasa Jerman.

Penerjemah bahasa Jerman pun memberikan komentar dan menjelaskan isi percakapannya dengan Kopda Hardius.

"Aku tanya, sudah berapa lama belajar bahasa Jerman, terus bapak nya bilang, sudah cukup lama, terus bapaknya juga bilang senang belajar bahasa asing. Beliau belajar juga dari Facebook," kata penerjemah bahasa Jerman.

5 dari 7 halaman

Fasih Berbahasa Portugis

kopda hardius rusman

©2020 Merdeka.com/Youtube TRANS7 OFFICIAL

Selanjutnya, Kopda Hardius berkomunikasi dengan penerjemah bahasa menggunakan bahasa Portugis. Penerjemah bahasa Portugis pun memberikan komentarnya.

"Awalnya kami berbicara tanya kabar, kemudian kami berbincang tentang beberapa kosakata yang mirip antara bahasa Indonesia dengan Portugis," kata penerjemah bahasa Portugis.

6 dari 7 halaman

Fasih Berbahasa Italia

kopda hardius rusman

©2020 Merdeka.com/Youtube TRANS7 OFFICIAL

Penerjemah bahasa Italia pun kemudian mengajak Kopda Hardius untuk berkomunikasi. Setelah berkomunikasi dengan bahasa Italia, sang penerjemah pun memberikan penilaiannya.

"Jadi saya bilang apakah beliau suka bahasa Italia, katanya iya, karena bahasa Italia itu sangat indah. Perfecto," kata penerjemah bahasa Italia.

7 dari 7 halaman

Fasih Berbahasa Prancis

kopda hardius rusman

©2020 Merdeka.com/Youtube TRANS7 OFFICIAL

Kopda Hardius kemudian berkomunikasi menggunakan bahasa Prancis dengan penerjemah bahasa. Setelah selesai berkomunikasi, penerjemah bahasa Prancis pun memberikan komentarnya.

"Ya, bagus perfect," kata penerjemah bahasa Prancis.

[add]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini