Sosok Kompol Ratna Quratul, Polwan Lulusan Terbaik Naik Pangkat Tugas di Penjaringan

Kamis, 26 Mei 2022 09:37 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Sosok Kompol Ratna Quratul, Polwan Lulusan Terbaik Naik Pangkat Tugas di Penjaringan Kompol Ratna Quratul Aini. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Kompol Ratna Quratul Aini, menjadi satu dari delapan polisi wanita (polwan) yang turut dilantik menjadi Kapolsek oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. Ia ditunjuk untuk menggantikanAKBP Febri Isman Jaya sebagai Kapolsek Metro Penjaringan, Jakarta Pusat.

Sosok Kompol Ratna Quratul Aini sendiri mungkin masih cukup asing bagi sebagian masyarakat. Namun, Ratna ternyata adalah seorang polwan berprestasi. Ia merupakan perwira Polri peraih Adhi makayasa di Akademi Kepolisian pada tahun 2006.

Simak ulasannya:

2 dari 4 halaman

Irjen Fadil Imran Lantik 28 Kapolsek

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran baru saja melantik 28 kapolsek di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Selasa (24/5) lalu. Tercatat, ada delapan Polisi Wanita (Polwan) yang juga dilantik sebagai kapolsek.

Satu di antara delapan polwan tersebut ialah Kompol Ratna Quratul Aini. Irjen Fadil Imran memimpin langsung acara serah terima jabatan (sertijab) di gedung Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (24/5) lalu.

kapolda metro jaya lantik 8 polwan jadi kapolsek
Antara

Kompol Ratna Quratul ditunjuk untuk menggantikan AKBP Febri Isman Jaya menjadi Kapolsek Metro Penjaringan. Sebelumnya, Ratna menjabat sebagai Kasatbinmas Polres Metro Jakarta Barat.

Dengan diangkatnya Ratna menjadi Kapolsek, otomatis ia juga menerima kenaikan jabatan dan akan segera menyandang pangkat sebagai Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP). [khu]

Baca juga:
Kompol Netty Siagian Polwan Cantik Kini jadi Kapolsek, Ini Potret Terbarunya
Kirim Surat Lamaran untuk Jadi Istri Sah, Isi CV Wanita Ini Ramai Dikomentari
Niat Ajak Pacar Jalan-Jalan Pakai Motor Keren, Pria Ini Malah Dihujat Netizen

3 dari 4 halaman

Sosok Kompol Ratna Quratul Aini

kompol ratna quratul aini
©2022 Merdeka.com

Kompol Ratna Quratul merupakan sosol polwan berprestasi. Namanya disebut pernah menggemparkan Akademi Kepolisian (Akpol) karena berhasil meraih penghargaan Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik pada tahun 2006.

Untuk mendapatkan penghargaan itu, Ratna harus bisa menunjukkan prestasi di tiga aspek selama pendidikan. Ketiga aspek itu antara lain, akademis, jasmani, dan kepribadian (mental).

Sampai dengan saat ini, disebut belum ada lagi sosok perempuan yang berhasil mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa selepas dirinya.  

4 dari 4 halaman

Dilantik Bersama Delapan Polwan Lain Jadi Kapolsek

Keputusan Irjen Fadil Imran dalam melantik delapan Polwan dari total 28 perwira yang menjadi Kapolsek tentu bukan tanpa alasan. Fadil mengatakan, keputusan ini sebagai komitmen dalam kesetaraan gender dan konsistensi untuk terus melakukan pembaharuan di tubuh Polda Metro Jaya.

Dari delapan Polwan yang dipercaya menjabat sebagai Kapolsek antara lain adalah, AKP Syabillah Putri Ramadhani menjabat Kapolsek Cisauk, Kompol Netty Rosdiana Siagian menjabat Kapolsek Menteng, Kompol Siti Fatimah Said Martandu menjabat Kapolsek Cimanggis.

Selanjutnya, Kompol Syarifah Chaira Sukma menjabat Kapolsek Cakung, Kompol Ratna Quratul Aini menjabat Kapolsek Penjaringan, Kompol Jun Nurhaida Tampubolon menjabat Kapolsek Cinere, Kompol Riza Sativa menjabat Kapolsek Sunda Kelapa, Iptu Tamar Bekti Widiasih Jalmi menjabat Kapolsek Tajur Halang.

Baca juga:
Kompol Netty Siagian Polwan Cantik Kini jadi Kapolsek, Ini Potret Terbarunya
Kirim Surat Lamaran untuk Jadi Istri Sah, Isi CV Wanita Ini Ramai Dikomentari
Niat Ajak Pacar Jalan-Jalan Pakai Motor Keren, Pria Ini Malah Dihujat Netizen



Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini