Sosok Gagah Bhirawa Braja Adik Panglima TNI Andika, Jabatannya Mentereng di Polri

Jumat, 19 November 2021 10:06 Reporter : Kurnia Azizah
Sosok Gagah Bhirawa Braja Adik Panglima TNI Andika, Jabatannya Mentereng di Polri Sosok Gagah Bhirawa Braja Adik Panglima TNI Andika. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Semenjak Jenderal Andika Perkasa resmi dilantik menjadi Panglima TNI, tak sedikit yang menyoroti kisah dan keluarganya. Termasuk sosok adik kandungnya yang mencuri perhatian.

Rupanya adik dari Jenderal Andika merupakan seorang polisi. Pria yang bernama Bhirawa Braja Paksa itu merupakan seorang perwira Polisi dengan pangkat Komisaris Besar (Kombes).

Tak kalah dengan sang kakak, Bhirawa juga sekian kali mengemban jabatan yang mentereng. Penasaran dengan sosoknya?.

Simak profil dan perjalanan karier adik Panglima TNI Jenderal Andika, Kombes Pol Bhirawa Braja Paksa berikut ini.

2 dari 5 halaman

Potret Masih jadi Dirlantas Polda

sosok gagah bhirawa braja adik panglima tni andika
Facebook resmi Bhayangkari ©2021 Merdeka.com

Dilansir dari akun Facebook resmi Bhayangkari, diunggah potret semasa Kombes Pol Bhirawa Braja Paksa masih menjabat sebagai Direktorat Lalu (Ditlantas) Polda Riau.

Menurut informasi yang dihimpun, Bhirawa sudah banyak menduduki sejumlah posisi strategis di institusi Polri.

"Sebagai rangkaian dari Serah terima jabatan Dirlantas Riau, maka Bhayangkari Pengurus Daerah Riau, mengikuti Kenal Pamit Dir Lantas Polda Riau Dari Kombes Pol. Bhirawa Braja Paksa, S.I.K, M.H Kepada Kombes Pol. Drs. Ping Pringadhi Supardjan. yang dilaksanakan tgl 15 November 2019 di Aula Brimobda Riau," tulis dalam keterangan foto.

3 dari 5 halaman

Potret Semasa jadi Kapolres

sosok gagah bhirawa braja adik panglima tni andika
Antara ©2021 Merdeka.com

Bhirawa juga sempat menjadi Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tulungagung. Kala itu, ia masih berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).

Salah satu kasus besar yang berhasil ditanganinya semasa menjabat ialah penangkapan sindikat peredaran narkotika. Dalam jumpa pers, Bhirawa merilis keberhasilan 'Operasi Bersih Narkoba (Bersinar) Semeru 2016'.

"Total ada 29 tersangka kami tahan dari 27 kasus yang berhasil diungkap selama gelaran Operasi Bersinar Semeru 2016. Dobel L ini ada 21 kasus dengan jumlah barang bukti sebanyak 55.159 butir. Semua diperoleh dari tangah tersangka yang berperan sebagai kurir, pengedar, dan sebagian lain menjadi bandar," katanya seperti dikutip Antara.

4 dari 5 halaman

Jabatan Mentereng Saat Ini

Sebelum ditunjuk menjadi Kabid Propam, Bhirawa pernah menduduki posisi sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Kamsel Korlantas Polri.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Muhammad Fadil Imran memimpin upacara serah terima jabatan perwira tinggi di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Kamis (7/1). Dalam upacara sertijab itu, selain Kapolres ada perubahan juga pada posisi Direktur, Kabid Propam, Komandan Satbrimob serta Kepala SPN Lido Polda Metro Jaya.

Kabid Propam Polda Metro Jaya yang dahulu dipimpin Kombes Johannes R. Manalu telah digantikan oleh Kombes Bhirawa Braja Paksa.

5 dari 5 halaman

Profil Kombes Bhirawa Adik Panglima Andika

sosok gagah bhirawa braja adik panglima tni andika
Potret Bhirawa  masih jadi Dirlantas Polda Riau ©2021 Merdeka.com

Sekira sebelas bulan sudah Kombes Bhirawa menjabat sebagai Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan (Kabid Propam) Polda Metro Jaya.

Selisih usianya dengan Panglima TNI Andika Perkasa sekira 10 tahun. Bhirawa lahir di Jakarta tanggal 8 Juni 1974.

Adik bungsu dari Jenderal Andika ini kini telah berusia 47 tahun. Dirinya merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1993.

[kur]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini