Sosok Baru Yusuf Wonda, Adik Cleaning Service Jadi Prajurit TNI AD

Rabu, 27 Mei 2020 10:25 Reporter : Kurnia Azizah
Sosok Baru Yusuf Wonda, Adik Cleaning Service Jadi Prajurit TNI AD Sosok Baru Yusuf Wonda. Instagram tni_angkatan_darat ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Beberapa waktu lalu media sosial sempat dihebohkan oleh sosok Yusuf Wonda. Seorang anak Papua asli yang berusaha mewujudkan mimpi jadi prajurit TNI AD.

Video saat Yusuf makan bekal dengan menu nasi dan tahu goreng, begitu lahap menjadi viral di media sosial. Kesederhanaan tanpa rasa malu tatkala teman-teman angkatannya makan di kantin.

Ingin tahu kabar terbaru Yusuf Wonda, adik seorang cleaning service yang jadi prajurit TNI AD? Simak informasinya berikut ini.

1 dari 6 halaman

Cita-cita Sejak Kecil

Yusuf merupakan anak kelima dari 11 bersaudara, dari pasangan Adolof Wonda (54) dan Blandina Samobra (42). Dia mengaku sangat ingin menjadi anggota militer sejak kecil, terutama seorang sniper TNI AD yang andal.

sosok baru yusuf wonda

Instagram tni_angkatan_darat, Yusuf Wonda (rompi biru) saat mengikuti seleksi di Korem 172/PWY ©2020 Merdeka.com

Kini cita-citanya mulai terwujud. Yusuf masuk ke Sekolah Calon Tamtama Prajurit Karier (Secata PK) TNI AD Gelombang I TA. 2020 di Rindam XVII/Cen. Hal ini dibenarkan oleh Kapenrem 172/PWY Mayor Chk Eka Yudha, Senin(25/5).

2 dari 6 halaman

Yusuf Wonda Bukti Nyata Anak Papua Mengagumkan

Video yang sempat viral pertama kali diunggah di laman Facebook oleh akun John Christian. Kemudian tersebar di berbagai media sosial dan menuai banyak pujian.

Saat ada orang lain yang menganggap remeh ekonomi rendah, Yusuf mampu memecahkan stigma melalui bukti nyata. Pemuda kelahiran Kampung Nawa Mulia Distrik Napsi, Kabupaten Jayapura ini merupakan adik dari seorang pengawas cleaning service yang sudah belajar mandiri.

sosok baru yusuf wonda

Instagram tni_angkatan_darat ©2020 Merdeka.com

"Baru kau masak sendiri kah?," tanya seorang perekam video.
"Iya, siap, iya," ujar Yusuf
"Nasi sama tahu saja to?," tanyanya lagi.
"Siap, iya karena buru-buru," jawab Yusuf.

3 dari 6 halaman

Lolos Pendidikan Calon Tamtama

Yusuf Wonda berhak mengikuti pendidikan Tamtama PK TNI AD Gelombang I TA. 2020, di Rindam XVII/Cen yang akan dibuka pada 8 Juni 2020 mendatang. Sayangnya, seragam loreng belum dibagikan, sebab adanya aturan social distancing.

sosok baru yusuf wonda

Instagram tni_angkatan_darat ©2020 Merdeka.com


"Puji Tuhan, telah memberikan jalan yang terbaik, sehingga saya diberikan kelulusan untuk mengikuti pendidikan dan menjadi seorang prajurit TNI AD," ujar Yusuf dilansir dari tniad.mil.id.

"Juga terima kasih atas doa dan restu dari kedua orang tua, kakak dan adik-adik yang selalu menyertai saya dengan doa, saat mengikuti rangkaian seleksi," tambahnya.

4 dari 6 halaman

Ingin Bisa Kuliah

Pria berusia 20 tahun ini masih memiliki cita-cita lain. Adolof Wonda, bapak dari Yusuf ingin melihat anaknya melanjutkan pendidikan sampai kuliah.

sosok baru yusuf wonda

Instagram tni_angkatan_darat ©2020 Merdeka.com


"Selain itu, saya juga ingin mewujudkan keinginan Bapak untuk melanjutkan pendidikan umum (kuliah) di perguruan tinggi. Semoga saya dapat meraih dua keinginan ini kelak dikemudian hari saat saya menjadi prajurit TNI AD," kata Yusuf.

5 dari 6 halaman

Pesan dari Yusuf Wonda

Melansir dari tniad.mil.id, Yusuf menyampaikan tips untuk bisa berhasil lolos seleksi calon prajurit TNI AD. Terutama bagi seluruh teman yang terpanggil dan latar belakang keluarga yang sederhana.

"Setiap pagi dan sore melakukan pembinaan fisik, dilanjutkan malam hari belajar serta tidak lupa jaga kesehatan dan berdoa untuk diberikan jalan terbaik dari Tuhan Yang Maha Esa," kata Yusuf.

"Untuk teman-teman yang belum terpanggil, jangan pernah menyerah, terus berusaha, dan selalu bersyukur atas jalan yang diberikan kepada kita," tutupnya.

6 dari 6 halaman

Komentar Netizen

Melihat sosok yang mau berjuang dari bawah merupakan kisah inspiratif bagi masyarakat, hingga dibanjiri pujian dari netizen. Melansir dari akun Instagram tni_angkatan_darat, Yusuf begitu mengagumkan sebagai anak Papua asli bersama seluruh teman angkatannya.

"Jiwa tarung, juang dan semangatnya udah di buktikan di awal awal. Selamat kakak masuk jadi TNI AD," tulis sugengpelatih.

"Semangat adik negara dan bangsa menunggu dharma baktimu," tulis miftakhulhudal01.

"Pas lihat Dia makan tahu lahap banget, jadi pengen makan tahu," tulis tyas_donyoklat.

"Sebuah usaha,perjuangan tanpa henti tidak akan menghiyanati hasilnya.. Semoga berkah kk jadi TNI NKRI HARGA MATI," tulis Irhma Nandli.

"Alhamdulillah akhirnya lolos juga kamu le," tulis purwarisri. [kur]

Baca juga:
Kisah Persahabatan Jenderal Andika dengan Pangdam Kasuari Mayjen Ali Bogra
Para Personel TNI Ini Menginspirasi, Masuk jadi Tentara Penuh Perjuangan
Imran Ichwani, Anak Tukang Bubur Ayam Keliling Berhasil Jadi Taruna Akmil
Perjuangan Serda Nurul Aisawa, Buruh Serabutan Kini Jadi Korps Wanita TNI AD
Perjuangan Sermatutar Yusuf, Anak Tukang Ojek Sukses Jadi Perwira TNI

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini