Sempat Menolak Keras, Kini Donald Trump Setuju Pakai Masker

Kamis, 2 Juli 2020 12:32 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Sempat Menolak Keras, Kini Donald Trump Setuju Pakai Masker Donald Trump. ©2020 REUTERS/Leah Millis

Merdeka.com - Dalam pandemi Covid-19 ini, Presiden Donald Trump pernah kedapatan menolak menggunakan masker. Tidak sekali atau dua kali, penolakan itu terjadi cukup sering selama berbulan-bulan.

Setelah penolakan keras tersebut, Presiden Amerika Serikat ini akhirnya setuju mengenakan masker. Keputusan Presiden Donald Trump ini diambil melihat kasus Covid-19 di Amerika Serikat kembali melonjak.

1 dari 6 halaman

Akui Mulai Suka Pakai Masker

Melansir dari CNBC oleh Liputan6.com, Kamis (2/7/2020), Presiden Donald Trump mengaku sudah mulai suka memakai masker.

donald trump

©2020 REUTERS/Leah Millis

"Saya mendukung masker. Saya berpikir masker itu bagus," ujar Donald Trump yang mengaku dirinya mirip pahlawan bertopeng Lone Ranger saat pakai masker.

2 dari 6 halaman

Tidak Diwajibkan

Meski begitu, Presiden Amerika Serikat ini masih belum mau mewajibkan warganya mengenakan masker. Baik di pusat kota maupun di daerah-daerah lainnya.

Menurutnya, kebijakan jaga jarak masih bisa diikuti oleh beberapa daerah. Selain itu, kebijakan tersebut dirasa sudah cukup dalam mengatasi pandemi Covid-19.

3 dari 6 halaman

Alasan Tidak Mau Kenakan Masker

Sebelumnya, Presiden Donald Trump merupakan salah satu petinggi negara yang enggan mengenakan masker. Dirinya bahkan kerap kali kedapatan menolak memakai salah satu alat pencegah penularan Covid-19 tersebut.

donald trump

©2020 REUTERS/Leah Millis

Dalam wawancaranya dengan Fox Business, Donald Trump mengungkapkan alasannya. Presiden Amerika Serikat ini mengatakan biasanya dia tidak perlu memakai masker lantaran jarang berkerumun. Selain itu, Presiden Donald Trump mengungkap semua orang yang akan bertemu dengan dirinya harus menjalani tes Covid-19 terlebih dahulu.

4 dari 6 halaman

Masker Bisa Jadi Alternatif

Mengenakan masker bukanlah suatu hal yang sia-sia. Menurut pakar kesehatan, pemakaian masker mampu mencegah penularan virus corona atau Covid-19.

Tak hanya itu, masker juga bisa menjadi salah satu alternatif yang bagus. Analis Goldman Sachs berkata, masker mampu menjadi alternatif dibanding dengan lockdown nasional yang berdampak melemahkan ekonomi negara.

5 dari 6 halaman

Klaim Donald Trump pada Virus Corona

Kasus virus corona Covid-19 di Amerika Serikat kini tengah kembali mengalami lonjakan. Meski begitu, Presiden Amerika Serikat mengaku telah menangani pandemi Covid-19 dengan baik. Dirinya pun mengklaim bila virus Corona pasti akan menghilang.

donald trump

©2020 REUTERS/Leah Millis

"Saya berpikir suatu saat (virusnya) akan menghilang, saya harap," kata Trump.

"Saya berpikir kita akan segera mendapat vaksin juga," sambungnya.

6 dari 6 halaman

Kenakan Masker Saat di Pabrik Ford

Presiden Amerika Serikat ini sempat mengenakan masker saat mengunjungi pabrik Ford, Mei lalu. Namun, seperti yang diketahui, Presiden Donald Trump seringkali enggan mengenakan masker.

Tindakan tersebut tentu sangat jauh berbeda dengan anggota gugus tugas Virus Corona COVID-19 di Gedung Putih. Misalnya seperti Dr. Anthony Fauci dan Dr. Deborah Birx, terlihat cukup sering mengenakan masker.

[tan]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini