Rony Kabarjay, Anak Yatim Piatu Wujudkan Mimpi Jadi Prajurit TNI

Rabu, 27 Mei 2020 11:16 Reporter : Kurnia Azizah
Rony Kabarjay, Anak Yatim Piatu Wujudkan Mimpi Jadi Prajurit TNI Anak Yatim Piatu Suku Yeinan Jadi Prajurit TNI. Instagram tni_angkatan_darat ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Menjadi seorang prajurit TNI merupakan impian bagi sebagian besar pemuda Tanah Air. Termasuk bagi Yusuf Rony Kabarjay (20), pemuda asal Suku Yeinan, suku kecil di daerah paling Timur Indonesia, Kabupaten Merauke, Papua.

Rony mampu mewujudkan mimpinya jadi calon prajurit TNI AD dan menjalani pendidikan Sekolah Calon Tamtama TNI AD gelombang I TA. 2020 di Rindam XVII/Cen.

Ingin tahu sepak terjang Yusuf Rony Kabarjay, anak yatim piatu dari suku Yeinan yang berhasil menjadi calon prajurit TNI AD? Berikut ulasannya.

1 dari 7 halaman

Wujud Mimpi Sejak Kecil

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han. mengungkapkan, mimpi Rony menjadi prajurit TNI telah terwujud, Merauke, Papua, Senin (25/5).

anak yatim piatu suku yeinan jadi prajurit tni

Instagram tni_angkatan_darat ©2020 Merdeka.com


Dilansir dari tniad.mil.id, dirinya dinyatakan lulus di sidang pemilihan Cata PK TNI AD Gelombang I Tahun 2020 di Korem 174/ATW (Rabu, 20/5/2020). Tangis tak terbendung nampak di wajah Rony kala mendengar pengumuman. Sebuah pencapaian luar biasa dari seorang pemuda suku Yeinan.

2 dari 7 halaman

Terlatih Oleh TNI Cukup Lama

Pemuda berusia 20 tahun ini merupakan seorang yatim piatu. Rony termasuk anak yang kerap mengikuti kegiatan pelatihan di Satgas di Pos Toray dekat rumahnya.

Bersama pemuda lain, Rony semangat mengikuti segala latihan dan pembinaan. Prajurit TNI yang bertugas di Pos Toray sengaja memberi bekal para pemuda suku, supaya memiliki mental dan fisik yang kuat. Serta memiliki jiwa bela negara.

"Rony Kabarjay merupakan anak yatim piatu yang gigih ingin menjadi prajurit TNI AD dan kemudian dilatih Satgas Pamtas Yonif MR 411/PDW Kostrad Pos Toray," papar Mayor Inf Rizky Aditya.

"Kita semua selalu mendukung dan membantu jika ada warga yang ingin menjadi prajurit TNI. Seperti anggota Satgas di Pos Toray mereka memberikan pembinaan dan latihan secara terjadwal kepada Rony," jelasnya.

3 dari 7 halaman

Tinggal dengan Kakak

Kini Rony tinggal bersama kakak iparnya, Yonias Kapaiter (54) di Kampung Toray, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua. Meski begitu, Rony kerap tinggal bersama para personil Pos Toray.

Begitu kuat tekad Rony untuk menjadi prajurit TNI, dia rela belajar di pos sampai malam tiba. Menjadi hal biasa tidur berjajar bersama para prajurit senior.

anak yatim piatu suku yeinan jadi prajurit tni

Instagram tni_angkatan_darat ©2020 Merdeka.com

"Selain kesegaran jasmani pada pagi dan sore harinya, malam hari dibekali juga dengan materi test psikologi," kata Mayor Inf Rizky.

4 dari 7 halaman

Kerja Keras Menghantarkan Rony

Sebuah kebanggaan bagi Mayor Inf Rizky, cukup lama mengenal Rony. Meski dari suku kecil dengan keluarga ekonomi bawah, tapi kerja kerasnya mampu menghantarkan ke Secata Rindam sesuai dengan impian Rony selama ini.

"Atas keberhasilan itu, kami Satgas mengucapkan selamat kepada adik kita Rony. Semangat, tekad dan kerja kerasnya selama ini telah mengantarkannya menggapai mimpi yang dicita-citakan," tukas Rizky.

5 dari 7 halaman

Kekaguman dari Letnan

Perjuangannya mengasah fisik dan mengemban ilmu cukup lama di Pos Toray benar-benar membuahkan hasil. Selaku Danpos Toray, Letda Inf Wesly Tanaem mengaku ikut bangga dan haru melihat pencapaian Rony yang selalu mau belajar.

anak yatim piatu suku yeinan jadi prajurit tni

Instagram tni_angkatan_darat ©2020 Merdeka.com

"Mewakili seluruh anggota Satgas Pos Toray, atas kelulusan Rony tersebut kami semua sangat bangga dan bersyukur. Selamat bergabung bersama kami adik Rony Kabarjay," tutur Letda Inf Wesly Tanaem.

6 dari 7 halaman

Kebahagiaan Sang Kakak

Yonias kakak ipar sekaligus orang tua wali Rony, diundang ke Pos Toray untuk menerima kabar bahagia bahwa sang adik telah menjadi prajurit TNI. Tangis haru bahagia serta ucapan terima kasih mewakili keluarga disampaikannya.

"Kami sekeluarga sangat bahagia dan berterima kasih kepada personel Pos Toray yang telah membina dan mendidik Rony selama ini, semoga ketulusan dan kebaikan bapak-bapak TNI dibalas oleh Tuhan," ujar Yonias.

7 dari 7 halaman

Reaksi Netizen

Melansir dari laman Instagram akun tni_angkatan_darat, unggahan potret haru Rony tatkala mendapat pengumuman dirinya diterima ke Sekolah Calon Tamtama TNI AD. Begitu banyak untaian doa serta dukungan dari para netizen.

"Selamat buat adik laki-laki Roni Kabarjay..selamat berjuang dan tetap semangat.. Salam bangga kami dari pos Toray..," tulis andri_ginting_takil.

"Alhamdulillah kabar yang ditunggu-tunggu akhirnya dia lulus, ikut senang tetap semangatttt pantang menyerah," tulis deden__sw.

"Perjuangan yang disertai dengan doa, tulus dan ikhlas," tulis rizkyadityaparaduta03.

"Alhamdulillah . Semangat Rony semoga Allah senantiasa melindungi," tulis linaaaaaaahe.

"Semoga semakin hari semakin banyak putra putri asli Papua yg bisa turut serta menjaga keutuhan NKRI, aamiin," tulis my_joe21.

"Terharuuu. Selamat kak. SEMANGAT...," tulis januika_setiyawanti.

[kur]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini