Rohman Gumilar, Mantan Kuli Jadi Pegiat Literasi dan Raih Puluhan Penghargaan

Rabu, 17 Juni 2020 15:12 Reporter : Kurnia Azizah
Rohman Gumilar, Mantan Kuli Jadi Pegiat Literasi dan Raih Puluhan Penghargaan Mantan Kuli Jadi Pegiat Literasi dan Raih Puluhan Penghargaan. Instagram rohmangumilar6641 ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Menjadi orang sukses merupakan impian banyak orang. Termasuk bagi Rohman Gumilar yang telah berjuang keras demi menggapai harapan besar.

Mengenyam pendidikan hanya sampai SD tak membuat Rohman pantang menyerah. Kini dia berhasil menjadi pegiat literasi, menulis skenario film, hingga menerima banyak penghargaan.

Ingin tahu perjuangan seorang mantan kuli yang kini bangkit menaikkan derajat keluarga? Simak informasinya berikut ini.

1 dari 6 halaman

Awal Karier Sebagai Kuli Bangunan

sebagai kuli bangunan rev1

Pria asal Sumedang ini menerima tuntutan harus bisa bekerja jika sudah menamatkan pendidikan sekolah dasar. Hal ini yang dilakukan oleh Rohman Gumilar, dengan membantu orangtuanya yang buruh tani di kebun orang.

Kemudian tahun 1991 Rohman beralih menjadi kuli bangunan dan karyawan pabrik. Menjadi buruh tani tetap dilakoninya di waktu luang. Setiap pundi-pundi dari hasil keringatnya ditabung untuk membeli kebun pertanian.

2 dari 6 halaman

Menjadi Pegiat Literasi

literasi rev1

Hobi membaca Rohman kerap ditularkan pada para rekannya. Setiap ada waktu senggang, dia akan membaca. Gaji setiap bulannya pun akan disisihkan untuk membeli buku-buku bekas.

Hingga akhirnya ada mahasiswa KKN yang mengajak Rohman untuk mendirikan Taman Baca Masyarakat (TBM) atau dikenal juga sebagai Pojok Baca.

Tahun 2012 dikumpulkan seluruh koleksi buku Rohman dan bantuan dari mahasiswa. Dia kelola bersama para pemuda. Selain menjadi tempat membaca, Rohman juga kerap berbagi ilmu tentang menulis yang baik, hingga belajar menulis skenario film.

Setelah mendirikan TBM Bina Kreasi Muda, Rohman berhasil merintis dua taman baca lagi. Dia pantau setiap bulannya dan dibantu menambah koleksi bukunya.

3 dari 6 halaman

Membuat Skenario Film

film rev1

Kesukaan Rohman dalam membaca telah membawa pengaruh besar dalam perubahan jalan hidupnya. Hingga pada tahun 2016 dia diundang mengikuti pelatihan membuat skenario yang diadakan oleh Kemdikbud.

Hasil belajar bersertifikatnya tersebut semakin membuahkan hasil. Rohman menerima tanggung jawab menjadi penulis skenario film-film di televisi lokal Kabupaten Sumedang.

Sampai salah seorang muridnya di TBM juga berhasil menjuarai lomba penulisan skenario film tingkat nasional. Hingga menerima beasiswa sampai lulus sebagai hadiah.

4 dari 6 halaman

Rohman Berhasil Mendirikan Sekolah

mendirikan sekolah rev1

Rohman memiliki cita-cita untuk menghentikan stigma masyarakat di kampungnya, bahwa lulus SD sudah cukup dan bekerja. Salah satu penghalang, jarak yang begitu jauh dan medan sangat sulit untuk menuju sekolah SMA terdekat.

Hingga akhirnya Rohman berinisiatif mengajak kerja sama SMA formal. Dia berhasil mendirikan sekolah terbuka di desanya. Belajarnya fleksibel, masuk di hari Jumat dan Sabtu.

Melihat kondisi para remaja di desanya bekerja jadi buruh tani dan ada yang bekerja serabutan. Tahun 2020 menjadi momen paling membahagiakan, pertama kalinya sekolah terbuka itu meluluskan siswanya.

5 dari 6 halaman

Pekerjaan Pokok Buruh Tani

Hasil tabungannya selama ini telah membuat Rohman berhasil memiliki perkebunan sendiri. Hingga kini dia masih berprofesi sebagai petani, serta buruh tani dari tetangga di desanya.

Pria asal kecamatan Tanjungsari, Jawa Barat itu selalu menyisihkan pendapatan sehari-harinya untuk menambah koleksi di setiap TBM yang diemabannya. Serta mengembangkan TBM yang sekiranya masih membutuhkan bantuan dana.

Tak ada keraguan dan rasa malu, dia kerap ungkapkan saat diundang menjadi pengisi acara literasi di berbagai tempat.

6 dari 6 halaman

Berkat Buku, Rohman Menerima Banyak Penghargaan

rohman menerima banyak penghargaan

Berkat keteguhan dan kerja keras Rohman sebagai pegiat literasi, hingga berhasil melahirkan anak-anak muda berprestasi, kesuksesan telah di depan mata.

Hingga akhirnya perjuangan Rohman dihargai melalui perolehan berbagai penghargaan, di antaranya:

  • Penghargaan Panglima Tali Integritas KPK Tahun 2016.
  • Anugerah Kewistara Balai Bahasa Jawa Barat.
  • Juara 1 Pengelola TBM Tingkat Provinsi Jawa Barat.
  • Anugerah NN Sukaesih Award dari Dinas Pendidikan Jawa Barat Tahun 2018.
  • Penghargaan TBM Kreatif, Hari Aksara Internasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
[kur]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini