Reinhart Sinaga: Namaku Kini Citranya Tercemar Hingga se-Indonesia

Rabu, 8 Januari 2020 09:36 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Reinhart Sinaga: Namaku Kini Citranya Tercemar Hingga se-Indonesia @Reinhart_Sinaga Korban Salah Sasaran. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kasus pemerkosaan terhadap ratusan pria di Manchester, Inggris ramai di perbincangkan oleh warganet. Setelah vonis dijatuhkan pada Senin (6/1) kemarin, nama Reynhard menjadi headline di beberapa media Inggris sekaligus berada di posisi teratas Trending Topic Indonesia.

Namun, cerita sedih justru datang dari salah satu warga Indonesia,Reinhart Sinaga yang memiliki nama hampir sama dengan pelaku.

Melalui akun twitter pribadinya ia membalas beberapa tudingan netizen yang mengira bahwa dirinya pelaku pemerkosaan tersebut:

1 dari 10 halaman

Memiliki Nama yang Hampir Sama

Sepintas secara pelafalan memang nama keduanya mirip. Perbedaanya terletak pada huruf 'i' dan'y' kemudian pada huruf 't' dan 'd' dalam penulisan namanya.

2 dari 10 halaman

Curhat di Twitter

Dia sempat menuliskan sebuah cuitan di twitter yang mengatakan bahwa dirinya tiba-tiba dikontak oleh beberapa orang karena ia memiliki nama yang sama dengan pelaku.

"Malam ini tau-tau dapet japrian lebih dari 30 orang," tulisnya dalam akun @reinhart_sinaga.

"Sampe ada beberapa akun yg beneran ngira akunku ini akun si pelaku" imbuhnya.

Ia juga sempat memposting sebuah link berita tentang kasus pemerkosaan ini dan menuliskan keterangan bahwa orang yang diberitakan bukan dirinya.

"MON MAAP TOLONG INI BUKAN SAYA HEY!!!" tulisnya.

3 dari 10 halaman

Sempat Posting Foto

Reinhart juga sempat memposting foto dirinya untuk memberitahu warganet bahwa Reinhart dan Reynhard adalah orang yang berbeda.

"Mukaku beda lho gaes :(" tulisnya.

4 dari 10 halaman

Tudingan Warganet di Twitter

Ada beberapa netizen yang berkomentar dan mengirim pesan di twitter menyebut Reinhart predator karena menganggap dia adalah pelaku pemerkosa tersebut.

Namun, tidak sedikit pula yang mengetahui hal ini dan mengirimkan beberapa cuitan yang lucu.

"HAHAHAHAHA.Paguyuban reinhart sedunia juga harus bikin rapat raksasa ini," tulis @VeritasArdentur

"NKCTHI = Namaku Kini Citranya Tercemar Hingga se-Indonesia," tulis Reinhart dalam cuitannya.

5 dari 10 halaman

Reynhard Sinaga Divonis Penjara Seumur Hidup

Reynhard diduga melakukan pemerkosaan kepada 195 pria dalam kurun waktu 2,5 tahun. Dia melakukan tindakan tersebut dengan membujuk mereka ke apartemen Reynhard, lalu memerkosa korban ketika sedang tidur.

Jaksa setempat yang bertugas di sana, Ian Rushton mengatakan bahwa Reynhard merupakan pemerkosa dengan korban terbanyak dalam sejarah hukum Inggris. Reynhard dinyatakan bersalah karena telah melakukan 159 pelanggaran. Ini termasuk 136 pemerkosaan yang dia rekam melalui dua kamera ponsel. Polisi belum mengidentifikasi 70 korban lainnya.


6 dari 10 halaman

Alibi Reynhard Sinaga Atas Kasus Pemerkosaan Itu

Dilansir dari BBC, Selasa (7/1), Reynhard Sinaga melakukan penetrasi pada para pria yang telah menyetujui tindakannya tersebut. Tak hanya itu, Reynhard juga mengatakan para korbannya sadar saat melakukan hubungan seksual (tanpa adanya obat bius).

Reynhard juga menjelaskan kepada Dewan Pengadilan jika merekam aksinya itu telah disetujui oleh para korbannya. Kendati begitu, Dewan Pengadilan tak langsung memercayainya sebab semua pria yang direkamnya terlihat tidak sadar dan tidak menunjukkan reaksi apa pun saat Reynhard beraksi.

"Mereka berpura-pura tidur," jawab Reynhard Sinaga dalam persidangan.


7 dari 10 halaman

Mengaku Memiliki Orientasi Seksual Berbeda

Selama menjalankan persidangan, Reynhard Sinaga mengeluarkan suara kalem dan terdengar sedikit melengking seperti perempuan.

"Saya rasa begitu, mungkin karena saya keperempuan-perempuanan," katanya ketika ditanya kuasa hukum seperti yang dikutip dari BBC.

Belum berhenti di situ saja, Reynhard Sinaga juga mengakui jika dirinya memiliki orientasi seksual yang menyimpang. Ya, Reynhard Sinaga mengaku dirinya adalah seorang gay dan penikmat hubungan seksual.

"Saya gay. Saya menikmati seks. Saya menikmati mempenetrasi pria" ungkap Reynhard Sinaga, mahasiswa asal Indonesia yang dihukum penjara minimal 30 tahun ini.

8 dari 10 halaman

Keluarga Reynhard

Masih dari The Guardian, biaya hidup dan kuliah Reynhard selama di Inggris ditanggung oleh orang tuanya. Ayah Reynhard menyewakan apartemen di kawasan strategis Princess Street, Manchester.

The Guardian menyebut, ayah Reynhard bekerja di bank tanpa menyebut dengan jelas apa jabatannya. Dari data identitas Reynhard, tim Merdeka mendatangi pejabat RT di kawasan tersebut.

"Pak SS memiliki empat anak, laki-laki 3 dan perempuan 1. Saya tidak kenal anaknya," ujar Abraham, Ketua RT di tempat tinggal keluarga Reynhard.

9 dari 10 halaman

Rumah Keluarga Reynhard Sinaga

Rumah yang terletak di Jalan Dahlia tersebut terlihat sangat luas, tapi sepi. Saat ditanya kebenaran nama pemilik rumah mewah tersebut, salah satu penjaga rumah yang sedang bertugas membenarkan.

"Iya benar. Tapi tidak ada orang di rumahnya. Orang tuanya pada ke luar negeri semua, di rumah tidak ada orang," kata salah satu penjaga rumah, Selasa (7/1).

Berdasarkan keterangan dari Abraham, Ketua RT setempat, keluarga Reynhard Sinaga, terutama orang tua, sudah empat tahun tinggal di rumah tersebut.
4 dari 6 halaman

10 dari 10 halaman

Rumah Luas

Rumah mewah tersebut berdiri di atas lahan dengan luas kurang lebih 3 hektar. Area dalam rumah dikelilingi pagar setinggi lebih dari dua meter. Saking luasnya dan mewahnya, rumah keluarga Reynhard ini terdapat sebuah convention hall.

Abraham sebagai Ketua RT di tempat tinggal keluarga Reynhard mengaku tidak mengenal anak-anak dari keluarga tersebut. Ia pernah sesekali ngobrol dengan ayah Reynhard dan membicarakan salah satu anak yang tengah sekolah di Inggris.

"Cuma, hanya satu dari empat yang sedang kuliah di Inggris, waktu ngobrol bersama Pak SS," ujar Abraham. [khu]

Baca juga:
Jejak Pendidikan Reynhard Sinaga di Depok Sebelum ke Manchester
Mengenal Obat GHB yang Dipakai Reynhard Sinaga untuk Membius Korbannya
WNI yang Terjerat Kasus Berat di Luar Negeri
Pernyataan Universitas Manchester Tentang Kasus Pemerkosaan Reynhard Sinaga
Para Predator Seksual dengan Korban Ratusan Orang
Polri Cek Catatan Kriminal Reynhard Sinaga di Indonesia

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini