Profil Chaerul Anwar Nidom, Guru Besar Unair Ungkap Jahe-Kunyit Bisa Tangkal Corona

Selasa, 3 Maret 2020 10:45 Reporter : Addina Zulfa Fa'izah
Profil Chaerul Anwar Nidom, Guru Besar Unair Ungkap Jahe-Kunyit Bisa Tangkal Corona Guru besar Unair Chaerul Anwar Nidom. ©2020 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Virus corona hingga kini masih meneror sejumlah negara, termasuk Indonesia. Bahkan, hingga kini penangkal virus corona pun masih dicari dan dipertanyakan.

Tetapi, salah satu peneliti asal Indonesia berhasil menemukan penangkal virus corona. Peneliti tersebut ialah Chaerul Anwar Nidom.

Penasaran dengan sosok Chaerul Anwar Nidom? Berikut profil lengkapnya.

1 dari 5 halaman

Guru Besar Universitas Airlangga

chairul anwar nidom

2020 Merdeka.com/airc.unair.ac.id

Chaerul Anwar Nidom merupakan Guru Besar Biologi Molekuler Universitas Airlangga. Sebelum menemukan penangkal virus corona, nama Chaerul Anwar telah lama dikenal oleh publik.

Hal ini karena penemuannya tentang flu burung. Bahkan, hingga kini namanya kerap disebut tiap kali ada pembahasan tentang flu burung.

2 dari 5 halaman

Putra Asli Jawa Timur

Chaerul Anwar Nidom lahir di Pasuruan, 8 Maret 1958. Ia merupakan putra asli Jawa Timur dan salah satu peneliti di bidang flu burung yang dimiliki Indonesia.

Nidom mendalami spesialisasi nya tersebut di University of Tokyo, Jepang. Prestasinya pun tak perlu diragukan lagi.

3 dari 5 halaman

Penemuan Tentang Flu Burung

chairul anwar nidom

2020 Merdeka.com/news.unair.ac.id

Pada tahun 2003, Nidom mendapat tawaran dari Departemen Pertanian untuk bergabung bersama tim Peneliti Penyakit Unggas Nasional.

Tim penelitian tersebut dibentuk dengan tujuan untuk mencari tahu mengapa angka kematian unggas di Indonesia jumlahnya dapat sampai tak terkontrol. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa penyebab kematian unggas di Indonesia yaitu jenis virus flu burung yang berasal dari Guangdong, China.

4 dari 5 halaman

Temukan Penangkal Virus Corona

Setelah dikenal publik karena penemuannya tentang flu burung, kini nama Chaerul Anwar kembali muncul setelah dikabarkan menemukan penangkal virus corona.

Dari hasil risetnya tersebut, Nidom mengatakan jika virus corona atau COVID-19 dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung curcuma. Tanaman-tanaman yang mengandung curcuma pun sangat mudah ditemukan di Indonesia.

5 dari 5 halaman

Menggunakan Rempah Asli Indonesia

ilustrasi jahe dan kunyit

Shutterstock

Menurut Nidom, beberapa rempah-rempah yang dapat menangkal virus corona seperti, jahe, kunyit dan temulawak. Makanan atau minuman yang mengandung curcuma diyakini dapat membantu menangkal virus corona.

"Di beberapa tempat saya tawarkan apa yang bisa digunakan untuk menangkal virus corona. Kita bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung curcuma seperti jahe, kunyit dan temulawak," ujar Nidom. [add]

Baca juga:
Profil Profesor Nidom, Penemu Ramuan Penangkal Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini