Pria Ini Rela Nyelam ke Gorong-Gorong Kotor Demi Saluran Air Lancar

Senin, 30 Desember 2019 12:16 Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Pria Ini Rela Nyelam ke Gorong-Gorong Kotor Demi Saluran Air Lancar Pak Uha, Manusia Gorong-Gorong. ©2019 Instagram @gosiip_viral

Merdeka.com - Saat musim hujan, kelancaran aliran di saluran air, selokan atau gorong-gorong sangat penting. Saluran air ini berfungsi sebagai jalan air, agar tidak terjadi banjir. Seorang pria asal Bandung rela menyelam ke gorong-gorong kotor demi membuat aliran air kembali lancar.

Gorong-gorong yang tersumbat bukan kasus langka, terlebih di musim penghujan seperti saat ini. Apabila sumbatan saluran air ini dibiarkan, bisa membuat air meluap dan membanjiri lingkungan sekitarnya.

Untuk mencegah meluapnya air selokan, pria asal Bandung ini melakukan aksi heroik. Kendati keadaan gorong-gorong tersebut sangat kotor, tidak membuat pria yang dipanggil Pak Uha ini jijik. Berikut aksi heroiknya yang berhasil membuat netizen kagum lewat video viral-nya:

1 dari 6 halaman

Gorong-Gorong Tersumbat

Masalah gorong-gorong tersumbat ini terjadi di Gang Haji Syahroni, Asep Berlian, Kecamatan Cicadas, Bandung, Jawa Barat. Ada gorong-gorong yang terletak di tengah jalan, airnya meluap.

manusia gorong gorong

2019 Instagram @gosiip_viral

Jalanan tersebut merupakan jalan kampung yang tak terlalu lebar. Di bawah jalanan itu ada saluran air yang memiliki peran penting di wilayah tersebut.

Setelah hujan deras yang melanda kawasan Asep Berlian, Kamis (26/12), saluran air tersebut tersumbat dan menyebabkan air meluap. Sebelum air gorong-gorong meluap semakin banyak, seorang pria bernama Uha (42), melakukan aksi heroik.

2 dari 6 halaman

Aksi Pak Uha

Dalam video singkat yang beredar luas di media sosial, Pak Uha terlihat masuk ke dalam gorong-gorong berair kotor. Dibantu seorang warga, Pak Uha tampak santai menenggelamkan setengah badannya ke dalam gorong-gorong.
manusia gorong gorong

2019 Instagram @gosiip_viral

Pak Uha bertelanjang dada, sambil berpegangan pada anak tangga yang dipegangi oleh warga lainnya. Warga yang melintas di jalanan tersebut, melihat aksi Pak Uha dengan penuh rasa kagum.

Air gorong-gorong yang kotor sama sekali tidak membuat Pak Uha jijik. Setelah bersiap-siap mengambil napas panjang, Pak Uha langsung menyelam ke dalam gorong-gorong.

3 dari 6 halaman

Hanya Menyelam 10 Detik Saja

Dalam sekejap, tubuh Pak Uha sudah tak tampak lagi di permukaan air yang keruh. Warga yang memegangi tangga menyebut Pak Uha sebagai manusia gorong-gorong sambil tersenyum.
manusia gorong gorong

2019 Instagram @gosiip_viral


"Manusia gorong-gorong. Nah ini manusia gorong-gorong," ucapnya sambil terus memegangi tangga yang digunakan Pak Uha untuk masuk ke dalam gorong-gorong.

Tak berselang lama, bahkan tak sampai 10 detik setelah Pak Uha menyelam ke air keruh gorong-gorong, saluran air tersebut kembali lancar dan mulai surut.

4 dari 6 halaman

Aliran Gorong-Gorong Kembali Lancar

Air keruh yang tadinya meluap-luap sampai jalanan, berangsur surut dengan cepat. Begitu air gorong-gorong surut, Pak Uha segera diminta naik ke atas.


manusia gorong gorong

2019 Instagram @gosiip_viral

"Naik, naik, buru naik," ucap warga yang memegangi tangga. Pak Uha langsung menaiki tangga, dan tak terlihat lelah sama sekali. Begitu sampai di atas, Pak Uha justru memberi tanggapan lucu ke arah kamera yang merekam aksinya.

"Rasa stroberi," ucap Pak Uha sambil mengacungkan kedua ibu jarinya. Aksinya ini berhasil mendapat perhatian netizen.

5 dari 6 halaman

Komentar Netizen

Video berdurasi tak sampai 30 detik ini sudah tersebar di media sosial Instagram, salah satunya lewat akun @godiip_viral. Dalam unggahannya, Minggu (29/12), akun ini menyebut Pak Uha sebagai pahlawan lingkungan.
manusia gorong gorong

2019 Instagram @gosiip_viral

"Inilah Pahlawan Lingkungan. Beliau bernama Pak Uha, warga gg. Haji Syahroni, Asep Berlian, Cicadas, Bandung, Jawa Barat..." tulisnya.

Unggahan ini berhasil mendapat respon positif dari netizen. Seperti beberapa komentar di bawah ini:

"Keren pak, hebat bapak," tulis pemilik akun @lindawati.11.

"Salut dah 6 jempol kalau ada mah. Bapaknya yang menyelam, saya yang nahan nafas, pahlawan," komentar @paulinaemiliafebriana.

6 dari 6 halaman

Netizen Colek Ridwan Kamil

Tak hanya memberi komentar kekaguman atas aksi Pak Uha, para netizen juga turut mendoakan Pak Uha agar tetap sehat. Seperti komentar pemilik akun @viny_nuarie, "Sehat selalu ya pak."

Netizen yang melihat video aksi heroik ini, mencoba mencolek Gubernur Jawa Barat, yang sekaligus mantan Walikota Bandung, Ridwan Kamil untuk menanggapi aksi Pak Uha.

"Masha Allah, colek pak @ridwankamil," tulis @seroja_shop.

"Hebat nih semoga pak @ridwankamil bisa memberi penghargaan," komentar @anton_wibowo23.

[snw]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini