Potret Terbaru Adian Usai Jalani Perawatan Akibat Serangan Jantung di Pesawat

Senin, 20 Januari 2020 08:42 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Potret Terbaru Adian Usai Jalani Perawatan Akibat Serangan Jantung di Pesawat Adian Napitupulu Hadiri Acara Diskusi. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Politikus PDIP, Adian Napitupulu sudah kembali beraktivitas setelah sebelumnya sempat mengalami kolaps di dalam pesawat. Saat itu Adian akan melakukan kunjungan kerja dari Jakarta ke Palangkaraya, Kamis (19/12/2019).

Setelah menjalani serangkaian perawatan, kemarin Adian terlihat menghadiri sebuah acara diskusi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Berikut Informasi selengkapnya:

1 dari 5 halaman

Hadir di Acara Diskusi

acara diskusi rev1

Adian Napitupulu terlihat menghadiri sebuah acara diskusi publik yang diadakan oleh Indonesia Law Reform Institute (ILRINS) dengan tajuk 'Ada Apa di Balik Kasus Wahyu Setiawan' pada Minggu, (19/1).

Ini merupakan diskusi pertama yang dihadiri oleh Adian usai dirinya mengalami serangan jantung di pesawat beberapa waktu lalu.

Diskusi ini secara garis besar membahas tentang kasus yang menjerat mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan. Ia ditetapkan sebagai tersangka kasus suap dalam proses pergantian antar waktu anggota DPR 2019-2024.

2 dari 5 halaman

Bicara Soal Kasus PDIP di KPK

kasus pdip di kpk rev1

Pada kesempatan ini Adian juga menampilkan video rekaman CCTV saat kantor DPP PDIP didatangi oleh tim penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus Wahyu Setiawan, pada Kamis (9/1). Adian diketahui ingin meluruskan kabar yang mengatakan jika ada keributan yang terjadi antara tim penindakan KPK dengan petugas keamanan yang menjaga markas PDIP.

"Jadi tidak ada keributan saat penyelidik KPK berusaha menggeledah kantor DPP PDIP," ujar Adian

Sebelumnya, kasus ini bermula saat Komisioner KPU Wahyu Setiawan diduga menerima suap sebesar Rp.600 Juta dari salah satu kader PDIP agar menetapkannya menjadi anggota DPR daerah pemilihan Sumatera Selatan I untuk menggantikan caleg DPR terpilih yaitu Nazarudin Kiemas yang meninggal dunia.

3 dari 5 halaman

Bicara Soal Tragedi Semanggi

Di acara tersebut, Adian juga mengungkapkan kekecewaannya terhadap kasus pelanggaran HAM pada peristiwa Semanggi I dan Semanggi II. Sebagai seorang aktivis 98, ia mengaku kecewa dengan pernyataan Jaksa Agung ST Burhanuddin yang menyebutkan jika peristiwa Semanggi bukan termasuk pelanggaran HAM berat.

Menurut Adian, peristiwa Semanggi I dan Semanggi II terindikasi merupakan pelanggaran HAM berat berdasarkan penelusuran dari Komnas HAM. Menurutnya, Jaksa Agung harus memberikan pernyataan berdasarkan bukti-bukti.

"Siapa yang berwenang untuk melakukan penegakan hukum untuk pengusutan pelanggaran HAM, salah satunya Komnas HAM. Komnas HAM bilang apa? Pelanggaran HAM berat. Yang lain bilang apa? Pelanggaran HAM berat. Ya sudah usut saja," Ujar Adian.

4 dari 5 halaman

Sempat Kolaps di Pesawat

di pesawat

Sebelumnya Adian Napitupulu memang diketahui mengalami kolaps di dalam pesawat saat menuju ke Palangkaraya. Adian sempat dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya sebelum diterbangkan ke Jakarta dan menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Siloam, Jakarta Barat.

Diketahui Adian mengalami kelelahan selama menjalani kunjungan kerja. Hal itulah yang menjadi salah satu penyebab dirinya kolaps.

"Beliau dalam perjalanan atau penerbangan itu merasa badannya lelah, lemas. Kemudian kita minta bantuan pihak Garuda untuk pasangkan oksigen, terus kemudian pihak Garuda, kebetulan penumpang ada seorang dokter, karena kita semua panik, kita lupa nama dokter itu. Akhirnya bagusan (kondisinya)," ujar Rudianto politikus PDIP

5 dari 5 halaman

Dibantu oleh Seorang Dokter THT

Saat kolaps di pesawat, seorang dokter THT dengan cekatan memberikan bantuan untuk memasangkan oksigen dan infus kepada Adian sehingga kondisi Adian tetap sadar dan stabil.

[khu]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini