Potret Perdamaian Satu Anggota TNI dan Dua Polisi Usai Baku Hantam di Jalan

Kamis, 25 November 2021 08:52 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Potret Perdamaian Satu Anggota TNI dan Dua Polisi Usai Baku Hantam di Jalan Personel TNI dan Polri Terlibat Aksi Saling Jotos Kini Damai. Foto: Instagram ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Aksi adu jotos melibatkan personel dari TNI dan Polri, belakangan tengah ramai jadi sorotan di media sosial. Dalam video yang beredar, dua anggota Polantas terekam kamera terlibat perkelahian dengan seorang prajurit TNI di pinggir jalan.

Peristiwa itu terjadi di sekitar Jalan Rijal, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Pertikaian itu disebut disebabkan karena masalah kesalahpahaman.

Setelah dilakukan mediasi, kedua pihak yang berselisih pun kini telah berdamai dan memutuskan untuk saling memaafkan. Meski begitu, keduanya disebut masih harus menjalani pemeriksaan di instansi masing-masing. Berikut potretnya:

2 dari 5 halaman

Kronologi Bagu Hantam

Video merekam momen saat personel dari TNI dan Polri tersebut terlibat aksi adu jotos, belakangan ramai beredar di media sosial. Peristiwa itu disebut terjadi pada Selasa Rabu (24/11) kemarin di sekitar Jalan Rijal, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Setelah videonya viral, pihak Polda Maluku pun membeberkan kronologi keributan yang terjadi antara personel TNI dengan Polantas. Pemicunya disebut soal pelanggaran lalu lintas.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes M. Rum Ohoirat menjelaskan, kejadian baku hantam itu berawal ketika dua personel Polantas hendak menilang seorang pria diduga sebagai keluarga dari anggota TNI yang terlibat perkelahian.

Kemudian, saat dibawa ke pos pria tersebut menelfon anggota TNI tersebut dan memintanya untuk datang ke pos polisi. Dari situlah kesalahpahaman dan keributan kemudian terjadi.

"Jadi betul, tadi anggota kami sementara melakukan tugas di lapangan kemudian ada masyarakat anggota melanggar lalin. Kemudian yang bersangkutan mau ditilang, dia nelepon keluarganya anggota TNI datang, terjadilah keributan," kata Rum saat dikonfirmasi merdeka.com, Rabu (24/11).

personel tni dan polri terlibat aksi saling jotos kini damai
Foto: Instagram ©2021 Merdeka.com
3 dari 5 halaman

Sudah Berdamai

Setelah dibantu untuk menjalani mediasi, kedua belah pihak yang berselisih pun disebut telah memutuskan untuk berdamai dan saling memaafkan.

"Pada sore tadi ada kesalahpahaman pada anggota kami dengan salah satu rekan TNI. Kemudian masalah ini sudah diselesaikan, di antara mereka sudah saling salaman dan sudah saling memaafkan," kata Rum.

personel tni dan polri terlibat aksi saling jotos kini damai
Foto: Instagram ©2021 Merdeka.com

Rum juga mengatakan, bahwa proses pemeriksaan selanjutnya akan diserahkan kepada instansi masing-masing.

"Namun sudah masalah selesai antara oknum tadi itu sudah selesai. Pimpinan TNI Polri tadi juga ada Kabid Propam, Danpomdam, ada Kapolresta, ada pimpinan yang lain sudah diselesaikan. Dan terkait kesalahan masing itu akan diproses secara disiplin," tuturnya.

4 dari 5 halaman

Potret Anggota TNI Polri yang Berselisih Sudah Damai

personel tni dan polri terlibat aksi saling jotos kini damai
Foto: Instagram ©2021 Merdeka.com

Melansir dari unggahan di Instagram @jurnalmiliter, membagikan potret merekam momen saat kedua belah pihak yang berselisih sudah berdamai.

Keduanya menjalani proses mediasi di Markas Polisi Militer (Pomdam) XVI/Pattimura dengan dibantu komandan masing-masing.

Kepala Penerangan Kodam XVI/Pattimura Kolonel Adi Prayogo Choirul Fajar mengatakan, jika masalah tersebut terjadi murni karena kesalahpahaman.

5 dari 5 halaman

Saling Bersalaman

Dalam video yang dibagikan akun Instagram @para.abdinegara, juga membagikan momen merekam saat anggota polisi dan TNI yang berselisih sudah saling bersalaman sebagai tanda damai.

Meski sudah berdamai, kedua anggota Polri dan TNI yang berselisih disebut masih harus menjalani pemeriksaan di instansi masing-masing untuk melihat apakah ada pelanggaran disiplin atau tidak.

Berikut videonya, dilansir dari Instagram @para.abdinegara, Kamis (25/11/2021):

[khu]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini