Potret Masjid Tan Kok Liong Dibangun Mantan Preman Anton Medan, Bernuansa Tionghoa

Selasa, 27 Oktober 2020 08:03 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Potret Masjid Tan Kok Liong Dibangun Mantan Preman Anton Medan, Bernuansa Tionghoa Masjid Jami Tan Kok Liong Dibangun Anton Medan. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Masjid Jami Tan Kok Liong yang terletak di daerah Cibinong, Bogor, Jawa Barat, merupakan sebuah bangunan masjid yang memiliki arsitektur unik, mirip seperti kelenteng. Masjid ini dibangun dengan nama berdasarkan nama kecil sang pendiri, yaitu Muhammad Ramadhan Effendi atau yang biasa dikenal dengan Anton Medan.

Anton Medan sendiri merupakan seorang mantan preman kelas kakap di Indonesia. Sepak terjangnya di dunia kriminal, membuatnya berulang kali keluar-masuk penjara. Namun tak disangka, dari balik dinginnya jeruji besi inilah Anton Medan justru mendapatkan hidayah hingga akhirnya insaf.

Pada tahun 1992, Anton Medan secara resmi mengucap dua kalimat syahadat sebagai tanda dirinya menjadi seorang mualaf dihadapan almarhum KH Zainuddin MZ. Sejak saat itulah, penjahat kelas kakap itu berganti nama menjadi M Ramadhan Effendi.

Setelah masuk Islam, Anton Medan kemudian mendirikan Majelis Taklim Ata'bin dan pondok pesantren untuk menampung para mantan narapidana dan pengangguran. Di kawasan pondok pesantren miliknya, Anton juga membangun masjid megah dan unik tersebut dengan arsitektur khas Tionghoa. Berikut potretnya:

Baca Selanjutnya: Arsitektur Masjid Khas Tionghoa...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini