Perbedaan Singa Laut dan Anjing Laut, Serupa Tapi Tak Sama

Rabu, 3 Juni 2020 11:28 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Perbedaan Singa Laut dan Anjing Laut, Serupa Tapi Tak Sama Pulau singa laut. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Gentoo Multimedia Limited

Merdeka.com - Perbedaan singa laut dan anjing laut bisa dilihat dari beberapa ciri fisiknya. Banyak orang memang sedikit sulit membedakan kedua jenis binatang ini jika hanya dilihat dengan sekilas mata.

Anjing laut dan singa laut merupakan binatang yang bisa dikatakan serupa tapi tak sama. Keduanya sama sama berasa di sub-ordo taksonomi yang sama yakni, Pinnipedia.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, Pinnipedia merupakan kelompok hewan laut yang memiliki kemampuan bisa naik ke darat untuk melakukan aktivitas lain bahkan berkembang biak.

Lantas, apa perbedaan singa laut dan anjing laut? Berikut informasi selengkapnya:

2 dari 8 halaman

Anjing Laut (Seal)

anjing laut
©2012 Merdeka.com

Hewan ini disebut phocidae, yakni hewan yang tidak memiliki telinga. Anjing laut memanfaatkan lubang kecil sebagai indera pendengaran mereka.

Keunggulan hewan air laut ini ada pada ekor belakang yang kuat didukung sirip belakang saat berenang. Ciri khas lain yang terdapat pada mereka, sebagian besar tubuh memiliki warna cerah dengan pola kecoklatan.

3 dari 8 halaman

Singa Laut (Otariide)

singa laut kuasai pelabuhan di argentina©MARA SOSTI/AFP


Singa laut merupakan hewan yang memiliki  Habitat meliputi perairan subarktik hingga tropis baik pada belahan bumi utara maupun belahan bumi selatan dengan pengecualian di samudra Atlantik. Dibanding anjing laut, biasanya ia lebih memiliki tubuh yang besar.

4 dari 8 halaman

Mengapa Sulit Membedakan Kedua Hewan Tersebut?

Sebenarnya hal yang wajar jika kita sulit membedakan antara anjing laut dan singa laut. Hal ini dikarenakan perbedaan ciri fisik mereka yang tidak terlalu menonjol. Terlebih lagi istilah bahasa Indonesia-nya dari kedua hewan ini, dimana anjing dan singa yang menjadi satuan kata yang membentuk anjing laut dan singa laut, secara harafiah dianggap sebagai binatang yang memiliki ciri yang sangat jauh berbeda.  

Kedu hewan tersebut memang masuk dalam kelompok orde yang sama, pinipidae. Hewan yang memiliki 4 flipper di depan dan belakang, lapisan tebal kulit licin yang disebut blabbers dan kumis sensitif yang disebut virissae. Meski ada dalam kelompok orde yang sama, tetap saja kedua binatang ini sangat berbeda.

5 dari 8 halaman

Perbedaan Singa Laut dan Anjing Laut

putra triliuner china©2015 Merdeka.com


1. Daun Telinga

Secara jelas perbedaan antara kedua hewan ini bisa dilihat dari daun telingan. Anjing laut tidak memiliki daun telingan, sedangkan singa laut memiliki daun telinga yang bentuknya memanjang di kanan dan kiri kepalanya.

Anjing laut hanya memaanfaatkan lubang kecil di kepala mereka sebagai indera pendengaran.

2. Sirip

Singa laut memiliki sirip depan yang lebih panjang, berkuku pendek, dan tidak berbuluk. Sirip bagian belakangnya juga bisa ditekuk kedepan untuk membantunya berjalan ketika di darat.

Sedangkan anjing laut memiliki sirip depan cenderung pendek, bercakar, dan berbulu. Serta, sirip bagian belakangnya tidak bisa ditekuk ke depan.

6 dari 8 halaman

3. Rambut

Singa laut memiliki rambut yang cukup tebal, dan mengalami proses perontokan setiap tahunnya. Sedangkan anjing laut memiliki bulu yang pendek dan halus sehingga tidak begitu terlihat.

4. Cara Berjalan

Seperti yang diketahui, anjing laut memiliki sirip belakang yang tidak bisa ditekuk ke depan. Oleh karena itu, ia tidak bisa berjalan dengan sempurna di daratan. Selain itu, sirip depan mereka juga tidak bisa menapak sempurna di tanah.

Sehingga, ketika di daratan ia berjalan dengan cara menggeliat seperti ulat. Berbeda dengan singa laut yang justru mampu berjalan dengan mudah dibantu oleh sirip belakang yang bisa ditekuk. Sirip singa laut juga terkenal panjang dan berotot.

7 dari 8 halaman

5. Cara Berdiri

Seperti yang sudah dijelaskan jika anjing laut tidak memiliki sirip yang bisa membantunya. Hal tersebut pula membuatnya tak bisa berdiri di daratan.

Sedangkan singa laut bisa berdiri di darat menggunakan sirip depannya. Ketika di darat, sirip belakang singa laut bisa ditekuk ke depan seperti kaki. Singa laut menegakkan tubuhnya sambil berjalan.

6. Cara Berenang

Waktu berenang anjing laut terlihat meliuk-liukkan tubuhnya, ia menggunakan sirip belakang sebagai alat untuk berenang. Sementara sirip depan digunakan sebagai alat kemudi untuk mengarahkan tujuan.

Namun, singa laut lebih banyak menggunakan sirip daripada meliukan tubuhnya saat berenang. Ia berenang menggunakan sirip depan dan sirip belakang digunakan untuk alat kemudi.

8 dari 8 halaman

7. Cara Berkomunikasi

perbedaan singa laut dan anjing lautSumber: penuliscilik.com ©2020 Merdeka.com


Anjing laut berkomunikasi dengan mengeluarkan geraman seperti mendengus. Suaranya cenderung lebih tenang dan lembut.

Berbeda dengan singa laut yang lebih berisik. Ia mengeluarkan bunyi seperti mengaum, mendengus, bahkan menggeram.

[khu]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Hewan
  3. Trending
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini