Penjelasan Lengkap Kehalalan Vaksin Covid-19, Tidak Perlu Takut

Kamis, 29 Juli 2021 13:28 Reporter : Billy Adytya
Penjelasan Lengkap Kehalalan Vaksin Covid-19, Tidak Perlu Takut Ilustrasi vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech dan Moderna. ©Reuters

Merdeka.com - Hingga saat ini, masih banyak masyarakat yang mempertanyakan kehalalan dari vaksin covid-19. Sebagian kelompok masyarakat bahkan ragu untuk melakukan vaksinasi karena tidak yakin akan kehalalan dari vaksin itu sendiri.

Namun, Komisi Fatwa MUI Pusat sudah menetapkan bahwa beberapa vasin diperbolehkan untuk masyarakat. Salah satu vaksin yang dianggap suci dan halal oleh Komisi Fatwa MUI Pusat adalah CoronaVac yang diproduksi oleh Sinovac Lifescience Co yang sertifikasinya diajukan oleh PT Biofarma sebagai produsen vaksin covid-19.

Hal tersebut tengah dijelaskan dalam laman resmi Satgas covid-19 yakni covid19.go.id. Selain itu mereka juga menyebutkan beberapa jenis vaksin yang boleh dipergunakan oleh seluruh masyarakat.

"Untuk vaksin COVID-19 produksi AstraZeneca, Komisi Fatwa MUI menetapkan bahwa penggunaannya diperbolehkan (mubah) karena kondisi darurat dan pertimbangan lainnya," seperti dikutip dari laman Satgas covid-19.

"Untuk vaksin COVID-19 lainnya, Pemerintah dan produsen farmasi di Indonesia terus melibatkan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI) dan Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia dalam proses pengujian aspek kehalalan vaksin COVID-19 yang akan dikembangkan dan dihadirkan," pungkasnya. [bil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini