Pengusir Tikus Berbahan Dasar Alami, Ampuh dan Wajib Dicoba

Rabu, 7 April 2021 07:55 Reporter : Mutia Anggraini
Pengusir Tikus Berbahan Dasar Alami, Ampuh dan Wajib Dicoba Ilustrasi tikus. ©2015 Boldsky.com

Merdeka.com - Terdapat banyak macam dan cara untuk mengusir tikus yang seringkali mengganggu di rumah. Tikus merupakan salah satu binatang pengerat yang gemar tinggal di tempat-tempat tak terjamah. Seringkali, tikus bisa wara-wiri di atap rumah hingga menyebabkan penyakit dan kerusakan.

Tentu saja, hal ini sangat lah mengganggu ketenangan keluarga saat beristirahat di rumah. Selain itu, kesehatan keluarga bisa menjadi taruhannya jika banyak tikus yang lalu lalang di sudut-sudut gelap rumah.

Berdasarkan hal ini, banyak orang yang lantas kesal dan mencari pengusir tikus. Tak membutuhkan biaya yang mahal dan waktu lama, Anda pun bisa mencoba berbagai pengusir tikus dengan bahan alami. Berbagai bahan tersebut bahkan dapat ditemukan di tempat penyimpanan atau di dapur.

Nah, penasaran dengan bahan pengusir tikus secara alami tersebut? Simak ulasan selengkapnya seperti yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

2 dari 6 halaman

Kantung Teh

Pengusir tikus berbahan alami yang pertama adalah kantung teh. Setelah menyeduh dan mengonsumsinya, Anda masih bisa memanfaatkannya sebagai obat pengusir tikus yang mengganggu di area rumah.

Kandungan peppermint di dalamnya diketahui dapat menyebabkan iritasi di area mulut dan hidung tikus. Dengan begitu, indra penciuman tikus yang melemah tersebut akan memicu tikus untuk segera beranjak dan meninggalkan sarangnya di rumah Anda.

ilustrasi kantung teh
Shutterstock/Dr Ajay Kumar Singh

Kulit Telur

Sama halnya dengan kantung teh, kulit telur yang nampaknya tak berguna pun masih bisa dimanfaatkan. Salah satunya yakni sebagai pengusir tikus yang murah meriah. Caranya pun cukup sederhana, cukup haluskan kulit telur lalu taburkan di tempat yang terjamah tikus.

3 dari 6 halaman

Aroma Bawang

Selain itu, pengusir tikus yang cukup ampuh adalah irisan bawang-bawangan. Tikus rupanya sama sekali tak menyukai aroma bawang yang sangat menyengat.

Dengan begitu, irisan bawang tersebut bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang hendak mengusir tikus pergi dari rumah. Caranya cukup letakkan irisan bawang di area yang sering dijadikan tikus untuk berkeliaran.

ilustrasi bawang putih©Pixabay

Lada Bubuk

Tak hanya bermanfaat sebagai penyedap rasa masakan dan obat, lada bubuk ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai pengusir tikus. Caranya, taburkan lada bubuk di atas jalanan yang sering dilewati tikus.

Kandungan piperin dalam lada akan tercium oleh tikus sebagai aroma yang sangat menyengat. Hal ini membuat tikus akan segera pergi dari persembunyian di rumah Anda.

4 dari 6 halaman

Kulit Durian

Bahan alami yang tak kalah menyengatnya bagi tikus adalah kulit durian. Setelah mengonsumi daging buahnya, kumpulkan dan jangan bersihkan kulitnya terlebih dahulu.

Cukup letakkan kulit durian di tempat tikus sering terlihat. Aroma kulit durian disebut tak disukai oleh tikus yang sering membuat gangguan dan mengotori sudut-sudut rumah.

005 tantri setyorini© Ilustrasi durian

Minyak Peppermint

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, minyak peppermint rupanya juga cukup ampuh untuk mengusir hama tanaman dan tikus. Sama halnya dengan bau bahan alami yang lainnya, tikus pun disebut tak menyukai aroma kuat dari minyak peppermint.

Cara penggunaannya, tuangkan secukupnya minyak peppermint pada bola-bola kapas kecil. Setelah itu, letakkan bola kapas tersebut di daerah tikus seringkali bersembunyi.

5 dari 6 halaman

Irisan Buah Mengkudu

Selain baik untuk mengobati penyakit tertentu, buah mengkudu juga berkhasiat sebagai pengusir tikus yang berkeliaran di rumah. Tikus tak akan kembali ke tempat persembunyiannya saat mencium aroma irisan buah mengkudu yang cukup menyengat.

Haluskan daging buah mengkudu secukupnya lalu campurkan ke dalam air bersih. Tuang ke wadah kecil dan semprotkan pada sarang tikus. Dengan cepat, Anda pun dapat melihat hasilnya yang memuaskan.

daun mengkudubukalapak.com

Saus Cabai dengan Campuran Air Deterjen

Pengusir tikus yang berikutnya adalah saus atau bubuk cabai yang dicampurkan dengan air deterjen. Campurkan bahan-bahan tersebut ke dalam satu wadah dan kocok agar tercampur merata.

Setelah itu, semprotkan pada tikus saat melintas di area tertentu. Cara alami yang satu ini juga disebut ampuh untuk mengusir tikus dari rumah.

6 dari 6 halaman

Baking Soda

Baking soda merupakan pilihan bahan pengusir tikus yang selanjutnya. Caranya cukup mudah untuk dilakukan, campurkan baking soda ke sejumlah makanan yang kerap menjadi incaran tikus.

Tikus yang memakan baking soda seketika akan menggembung lantaran tak mampu mengeluarkan gas di dalam tubuhnya. Tak lama, maka tikus pun akan mati di tempat tersebut.

soda©Shutterstock

Irisan Daun Mint

Pengusir tikus yang terakhir adalah irisan daun mint berwarna hijau dengan aroma dan warna mencolok. Seperti yang telah disebutkan, tikus merupakan salah satu binatang yang tak bisa tahan dengan berbagai aroma menyengat.

Siapkan daun mint secukupnya dan larutkan sari-sarinya di dalam air. Setelah itu, semprotkan cairan ke area yang menjadi tempat persembunyian tikus di rumah kesayangan Anda dan keluarga.

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini