Penampakan Mahkota Prabu Siliwangi, Mewah Terbuat dari Emas

Kamis, 24 November 2022 08:48 Reporter : Billy Adytya
Penampakan Mahkota Prabu Siliwangi, Mewah Terbuat dari Emas Penampakan Mahkota Prabu Siliwangi, Mewah Terbuat dari Emas. Youtube/Sarbo'ah Chanel©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan budaya dan sejarahnya. Begitu banyak sekali peninggalan-peninggalan benda sejarah yang hingga kini masih terjaga keutuhannya.

Salah satunya adalah mahkota yang ditinggalkan oleh Prabu Siliwangi. Mahkota itu terlihat sangat mewahnya.

Seperti apa penampakannya? Simak ulasan berikut tentang peninggalan sejarah Prabu Siliwangi.

2 dari 5 halaman

Ada di Salah Satu Museum Sumedang, Jawa Barat

Salah satu peninggalan bersejarah dari Prabu Siliwangi adalah sebuah mahkota bernama Mahkota Binokasih. Saat ini mahkota ini disimpan di Museum Geusan Ulun, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Sebenarnya, peninggalan Prabu Siliwangi itu adalah pusaka dari Kerajaan Sunda. Kerajaan ini kerap dikenal dengan sebutan Pajajaran.

penampakan mahkota prabu siliwangi mewah terbuat dari emas
Youtube/Sarbo'ah Chanel©2022 Merdeka.com

"Mahkota Binokasih merupakan mahkota yang secara turun-temurun menjadi mahkota kerajaan yang dipakai pada saat pelantikan kerajaan Pajajaran yang baru. Siapapun yang mengenakanya ia didaulat sebagai raja yang berhak memerintah di seluruh tanah Sunda," sebut keterangan dalam video saluran Youtube Sarbo'ah Chanel.

Perlu diketahui jika Mahkota Binokasih ini dibuat tepatnya oleh Sanghyang Bunisora Suradipati. Ia juga merupakan Raja Galuh pada tahun 1357 sampai dengan 1371.

3 dari 5 halaman

Mewah Berwarna Emas

Mahkota Binokasih ini begitu mencuri perhatian. Bagaimana tidak, penampakannya begitu sangat mewah karena terbuat dari emas.

Bahkan jika dilihat, peninggalan bersejarah itu dijaga hingga masih dalam keadaan yang masih utuh. Pusaka ini benar-benar dijaga oleh pihak Museum.

penampakan mahkota prabu siliwangi mewah terbuat dari emas

Youtube/Sarbo'ah Chanel©2022 Merdeka.com

"Mahkota emas Binokasih itu akhirnya diwariskan kepada raja Sumedang larang yaitu Prabu Geusan Ulun. Sehingga ia lah yang berhak atas seluruh tanah Pajajaran dan diberi gelar Prabu Geusan Ulun Angkawijaya Nalendra," lanjut keterangan dalam video.

4 dari 5 halaman

Ada Pernak-Pernik Lain yang Biasa Dikenakan Raja

Tak hanya Mahkota Binokasih saja, ternyata juga ada beberapa peninggalan bersejarah lainnya. Utamanya pernak-pernik yang kerap dikenakan oleh para raja.

Seperti salah satunya tombak yang dipakai para prajurit berkuda saat perang. Ada sebuah keris berlapis emas seperti nampak dalam video unggahan saluran Youtube Sarbo'ah Chanel yang juga sering digunakan para raja saat itu.

penampakan mahkota prabu siliwangi mewah terbuat dari emas
Youtube/Sarbo'ah Chanel©2022 Merdeka.com

Namun perlu diketahui, banyak peninggalan bersejarah yang kerap dihubungkan pusak lain dengan peninggalan Prabu Siliwangi itu sendiri. Meski, belum diketahui dengan jelas asal-usul dari peninggalan benda bersejarah itu.

5 dari 5 halaman

Video Lengkap

Penampakan mahkota emas Binokasih peninggalan Prabu Siliwangi tersebut terekam dalam sebuah video.

Berikut adalah video selengkapnya yang bisa disaksikan.

[bil]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini