Penampakan Keris Pusaka Sunan Giri, Ternyata Dibuat dari Meteor

Senin, 28 November 2022 08:48 Reporter : Muhammad Farih Fanani
Penampakan Keris Pusaka Sunan Giri, Ternyata Dibuat dari Meteor Penampakan Keris Pusaka Sunan Giri, Ternyata Dibuat dari Meteor. ©2022 Merdeka.com/toutube.com/arkeovlog

Merdeka.com - Sunan Giri merupakan salah satu dari sembilan wali yang dikenal aktif dalam penyebaran Islam di Indonesia. Sunan Giri wafat dan dimakamkan di Dusun Giri, Kabupaten Gresik.

Wafatnya Sunan Giri tidak membuat barang-barang bukti peninggalan ketika menyebarkan ajaran Islam menyadi lenyap. Salah satu barang peninggalan Sunan Giri yang sampai sekarang masih tersisa adalah sebuah keris.

Keris tersebut diberi nama Kalam Munyeng dan memiliki nilai historis yang dalam. Selain itu, keris Sunan Giri juga mempunyai cerita unik tentang bahan baku pembuatannya. Simak ulasannya.

2 dari 5 halaman

Keris Kalam Munyeng

penampakan keris pusaka sunan giri ternyata dibuat dari meteor

©2022 Merdeka.com/toutube.com/arkeovlog

Keris Kalam Munyeng merupakan keris pusaka milik Sunan Giri yang sampai sekarang masih disimpan di komplek pemakaman Sunan Giri. Keris tersebut memiliki panjang sekitar 36 cm dan terdiri dari 13 lekukan.

Kalam memiliki arti sebuah ucapan. Kalam atau ucapan itu dalam ranah lahiriah diwujudkan dengan sebuah keris, namun dalam arti batin adalah sebuah permohonan atau doa kepada Tuhan.

Sedangkan nama Munyeng adalah sebuah istilah yang dipakai ketika keris tersebut dilemparkan dan kemudian mampu bergerak berputar-putar. Maka keris tersebut dinamai sebagai keris Kalam Munyeng.

3 dari 5 halaman

Diperbaiki oleh Sunan Prapen

penampakan keris pusaka sunan giri ternyata dibuat dari meteor
©2022 Merdeka.com/toutube.com/arkeovlog

Melansir dari channel Youtube Arkeovlog, keris Kalam Munyeng kini sudah menjadi sebuah keris yang memiliki bentuk dan ukiran yang sangat indah. Keris tersebut bahkan memiliki ukuran dengan bahan emas.

Ketika dipakai oleh Sunan Giri, keris Kalam Munyeng belum dihias dengan sedemikian rupa. Hanya sebuah keris sakti polos yang merupakan pusaka dari Sunan Giri.

Namun, keris tersebut kemudian diperbaiki pada masa Sunan Prapen. Ia memperbaiki pada malam Suro, maka kemudian keris tersebut juga disebut sebagai Keris Suro Angon-angon.

“Tapi diperbaiki lagi diperindah oleh cucunya Sunan Prapen, maka diberilah semacam ini (hiasan emas) dan diberi nama lagi Suro Angon-angon. Jadi pada bulan Suro, pusaka itu dibangun,” ujar sang juru kunci makam.

4 dari 5 halaman

Dibuat dari Meteor

penampakan keris pusaka sunan giri ternyata dibuat dari meteor
©2022 Merdeka.com/toutube.com/arkeovlog

Menurut sejarah, keris tersebut tidak disebutkan terkait bahan yang dipakai dalam membuatnya. Diyakini bahwa bahan untuk membuat keris tersebut adalah baja.

Namun, penelitian terbaru mengatakan bahwa bahan untuk membuat keris tersebut memiliki campuran dari benda langit atau meteor.

“Katanya kemarin juga ada analisa bahwa pusaka ini ada campuran benda meteor, ” lanjut juru kunci tersebut.

5 dari 5 halaman

Mengenal Sunan Giri

penampakan keris pusaka sunan giri ternyata dibuat dari meteor

©2022 Merdeka.com/toutube.com/arkeovlog

Sunan Giri atau yang memiliki nama asli Ainul Yaqin adalah sosok wali yang dikenal memiliki cara yang tradisional dalam menyebarkan ajaran agama Islam.

Sunan Giri mendirikan pondok pesantren sebagai pusat penyebaran agama Islam yang bernama Giri Kedaton. Ia juga mendapatkan gelar yaitu Prabu Satmata.

Sunan Giri dikenal sebagai sosok wali yang juga memanfaatkan seni dalam penyebaran agama Islam. Ia menciptakan berbagai tembang Jawa seperti cublak-cublak suweng.

[mff]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini