Pasang Badan Mantan Menteri dan Eks Panglima TNI di Tengah Polemik Vaksin Nusantara

Jumat, 16 April 2021 09:28 Reporter : Merdeka
Pasang Badan Mantan Menteri dan Eks Panglima TNI di Tengah Polemik Vaksin Nusantara Dokter Terawan paparkan progres Vaksin Nusantara di DPR. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Vaksin Nusantara masih terus menuai polemik di Indonesia. Temuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) ada sejumlah persoalan dalam uji klinis fase satu.

BPOM menyebut pembuatan vaksin Nusantara tidak steril. Selain itu, data keamanan vaksin Nusantara diganti peneliti dan ditemukan kejadian tidak diinginkan pada 20 dari 28 subjek penelitian.

"Produk vaksin dendritik atau yang dikenal sebagai vaksin Nusantara tidak dibuat dalam kondisi yang steril," kata Kepala BPOM, Penny K Lukito melalui keterangan tertulis, Rabu (14/4).

Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan, vaksin Nusantara gagasan mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto dikembangkan di Amerika Serikat.

"Vaksin Nusantara adalah jenis vaksin yang dikembangkan di Amerika dan diujicobakan di Indonesia," katanya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Kamis (15/4).

Dia berharap tim pengembangan vaksin Nusantara segera berkoordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk menyelesaikan sejumlah isu berkembang.

"Pada prinsipnya, semua vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat harus mendapatkan izin dari BPOM terutama aspek keamanan, efikasi dan kelayakan. Selama memenuhi kriteria, pemerintah akan memberikan dukungan," ujar Wiku.

Baca Selanjutnya: Peneliti Utama Vaksin Nusantara dr...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini