Gol Kontroversial Jepang

Mengulas Gol Kontroversial Jepang ke Gawang Spanyol, Kenapa Disahkan VAR?

Jumat, 2 Desember 2022 12:52 Reporter : Thomas Wardhana
Mengulas Gol Kontroversial Jepang ke Gawang Spanyol, Kenapa Disahkan VAR? Gol kontroversial Jepang ke gawang Spanyol. ©REUTERS

Merdeka.com - Tim Samurai Biru Jepang berhasil melangkah ke babak 16 Besar usai menang dramatis atas Spanyol dengan skor 2-1. Kemenangan Jepang atas Spanyol praktis membuat Jerman gugur di Piala Dunia 2022.

Sempat tertinggal satu gol di babak pertama melalui sundulan Alvaro Morata (11'), Jepang berhasil comeback melalui Ritsu Doan (48') dan gol kontroversial Ao Tanaka (51'). Gol Ao Tanaka sempat trending karena dianggap kontroversial.

Meski Ao Tanaka tak melakukan kontroversi, namun proses terjadinya gol membuat publik penasaran karena secara mata telanjang bola sudah keluar dari lapangan.

Sempat dianulir oleh wasit, gol Tanaka dinyatakan sah berdasarkan VAR. Bagaimana proses gol Tanaka hingga dianggap kontroversial? Simak ulasan berikut.

2 dari 4 halaman

Perdebatan Bola Keluar Atau Belum?

gol kontroversial jepang ke gawang spanyol
©REUTERS

Gol kontroversial Ao Tanaka dimulai dari aksi Ritsu Doan yang mampu melesatkan umpan ke tiang kedua setelah mengelabui Alejandro Balde. Posisi tiang dua yang kosong sempat hampir dieksekusi oleh Daizen Maeda namun tak sampai.

Bola yang mengarah keluar lapangan langsung ditendang kembali oleh Kaoru Mitoma ke arah sisi sejajar gawang dan sudah ditunggu oleh Ao Tanaka dengan pengawalan dari Rodri. Ao Tanaka mampu mengonversikan bola liar tersebut menjadi gol.

gol kontroversial jepang ke gawang spanyol
©REUTERS

Para pemain Spanyol menganggap bahwa bola sudah keluar sebelum Mitoma menendang ke dalam lapangan. Unai Simon, Rodri dan pemain Spanyol lain memprotes dan menilai bola sudah keluar lapangan meski pemain Jepang sudah melakukan selebrasi.

Wasit Victor Gomes awalnya menilai bola sudah keluar sehingga menganulir gol tersebut. Setelahnya ia meminta bantuan VAR untuk memastikan bola sudah keluar atau belum.

Keputusan akhir yang dibuat adalah gol Tanaka sah. Artinya, bola belum keluar lapangan ketika Mitoma menjangkaunya dan melepas umpan pada Tanaka. Posisi bola terlihat sudah tak menyentuh garis namun masih di area garis meski tipis. Secara aturan, gol tersebut sah.

3 dari 4 halaman

Bagaimana Aturan VAR Mengesahkan Gol Tanaka?

gol kontroversial jepang ke gawang spanyol
©REUTERS

Melansir dari situs Mirror menyebutkan bahwa FIFA memang telah membuat aturan terkait proses bola yang keluar dari garis lapangan.

Dalam Hukum menyatakan bahwa jika bola dalam permainan berada di situasi kelengkungan yang melebihi garis, wasit harus memutuskan kasus tersebut dengan tayangan ulang (VAR) atau kamera garis gawang.

Teknologi garis gawang dalam hal ini bisa menjadi pertimbangan. Terlebih sudut kelengkungan bola memang tampak sudah keluar dari garis meski posisi bola masih di dalam garis.

Melansir dari akun Instagram @givemesport Jumat (2/12), perdebatan bola keluar gairs pada dasarnya hanya karena sudut pengambilan gambar yang tidak rinci.

Sehingga dalam menentukan keputusan idealnya diperoleh dari angle bagian atas, sehingga terlihat lengkungan bola yang masih berada di atas garis lapangan meski tipis.

Gol Tanaka sah karena meski bola tak menyentuh garis namun kelengkungan bola dari berbagai sudut kamera menampilkan bahwa bola masih berada di area garis.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by GiveMeSport (@givemesport)

4 dari 4 halaman

Komparasi Sudut Pandang Kamera

Beberapa pihak turut mengomentari peristiwa ini termasuk mantan pesepakbola dan wasit. Beberapa media juga bersuara terkait kejadian gol kontroversial ini.

Mantan bek Manchester United Gary Neville ikut bersuara dan mengunggah foto di akun Twitternya @GNev2 bahka bola terlihat sudah keluar dari gawang. Bahkan sekilas sudut bawah bola tak menyentuh garis sama sekali.

Henry Bushnell juga mengomentari di Twitter miliknya @HenryBushnell bahwa dari kamera atas bahwa bola belum seratus persen keluar dari garis. Bahkan ia menyebutkan hanya beberapa milimeter saja bola masih di dalam garis.

Di unggahan lain, Bushnell menampilkan saat menggunakan Angle kamera atas lain menampilkan bahwa bola sudah keluar dan tak menyentuh garis sepenuhnya. Namun di kamera samping, bola menampakkan bola sedikit berada di atas garis.

[thw]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini