Mencicipi 5 Tempat Makan Legendaris di Solo, Menggugah Selera

Senin, 2 Desember 2019 15:19 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Mencicipi 5 Tempat Makan Legendaris di Solo, Menggugah Selera Ilustrasi sate buntel. ©Shutterstock

Merdeka.com - Surakarta atau yang lebih dikenal dengan Solo merupakan sebuah daerah yang berada di wilayah Jawa Tengah. Nama Solo sendiri berawal ketika keraton kartosuro mengalami kehancuran lalu memindahkan pusat pemerintahan yang baru di desa "Sala" dan di beri nama Surakarta Hadiningrat.

Di desa "Sala" inilah mulai dibangun sebuah peradaban baru. Perubahan nama dari sala menjadi Solo juga konon dikarenakan kesalahan pelafalan orang-orang Belanda yang pada masa itu masih menguasai wilayah Surakarta. Hingga kini, nama Solo menjadi melekat di telinga masyarakat luas.

Solo sendiri merupakan salah satu kota tujuan wisata yang cukup populer di Indonesia. Kota yang kental dengan budaya ini, menawarkan wisata sejarah yang menyatu dengan budaya Jawa. Tak heran, banyak wisatawan penikmat sejarah yang datang ke Solo.

Tidak hanya wisata sejarah dan budaya saja, Solo juga menawarkan wisata kuliner legendaris yang sudah berdiri sejak puluhan tahun dengan cita rasa yang tidak diragukan lagi. Berikut 5 tempat makan legendaris Solo yang patut untuk dicoba :

1 dari 5 halaman

Tengkleng Bu Edi

Youtube : Ria SW

Tengkleng bu Edi merupakan makanan legendaris pertama yang akan di bahas. Lokasinya berada di sekitar pasar klewer. Tengkleng bu Edi sudah ada sejak tahun 1971. Dan kini sudah dikelola oleh generasi ke empat.

Tengkleng merupakan kuliner sejenis gulai dari daging kambing yang di masak dengan kuah yang lezat. Hingga saat ini, tengkleng bu Edi masih menjadi favorit karena memiliki keunikan penyajiannya menggunakan daun pisang sehingga memberikan cita rasa yang khas. Warung ini mulai buka buku 12.00 WIB dan biasanya akan habisa dalam waktu 2 jam sajaa. Jadi buat kalian yang mau mencoba tengkelng ini disarankan untuk datang sesuai jam buka.

2 dari 5 halaman

Selat Solo Mbak Lies

Youtube : Ria SW

Ada banyak penjual selat yang bisa kita temukan di Solo. Namun, selat solo mbak lies ini menjadi favorit banyak orang sejak lama. Lokasinya berada di Jalan Veteran Gang II No. 42, Solo. Warung selat ini juga sudah buka sejak tahun 1987.

Ada dua jenis selat yang di tawarkan yaitu selat gelatin dan selat bestik. Selat gelatin isinya terdiri dari rolade daging, selada, buncis, kentang, dan acar bawang. Untuk bestik berisi daging sapi atau lidah sapi.

3 dari 5 halaman

Timlo

Sumber : Wikipedia

Timlo merupakan sejenis makanan yang mirip seperti soto karena berkuah bening. Timlo sendiri merupakan makanan berkuah dengan isian ampela, hati, daging ayam, telur pindang serta sosis solo. Warung timlo juga banyak kita jumpai di sudut-sudut kota Solo, tapi yang paling terkenal yaitu timlo sastro yang sudah berdiri sejak tahun 1952.

4 dari 5 halaman

Nasi Liwet

Youtube : Ria SW

Warung nasi liwet juga banyak ditemukan di Solo. Mulai dari nasi liwet wongso lemu, nasi liwet bu Sarmi, Nasi liwet Yu Sani, dan masih banyak lagi. Nasi liwet solo merupakan nasi yang dimasak dengan santan dan disajikan dengan labu, suwirana ayam, dan juga areh atau sari santan kelapa. Nasi liwet memiliki tekstur yang pulen dan rasa yang gurih.

5 dari 5 halaman

Serabi Notosuman

Serabi notosuman merupakan makanan khas Solo yang cukup terkenal. Biasanya makanan ini banyak digunakan orang sebagai oleh-oleh jika berkunjung ke Solo. Seperti serabi pada umumnya, berbahan dasar tepung dan santan dan dimasak menggunakan tungku.

Yang berbeda, serabi notosuman ini disajikan dengan cara digulung dan dibungkus menggunakan daun pisang.

[khu]
Topik berita Terkait:
  1. Kuliner Legendaris Solo
  2. Surakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini