Melihat Freeport dari Dekat, Ini 6 Potret Berada di Perut Bumi

Kamis, 5 Maret 2020 12:17 Reporter : Billy Adytya
Melihat Freeport dari Dekat, Ini 6 Potret Berada di Perut Bumi Bamsoet Lakukan Kunjungan Langsung ke Freeport. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Freeport Indonesia merupakan aset tambang yang dimiliki Tanah Air. Freeport melakukan proses menambang, dan eksplorasi bijih yang mengandung tembaga, emas dan perak.

Tambang ini terletak di Papua dan berada di perut bumi. Ketua MPR Bambang Soesatyo baru saja mengunjungi Freeport dan mengunggah beberapa potret yang menunjukkan lokasinya berada di perut bumi. Penasaran seperti apa penampakannya? Berikut ulasannya.

1 dari 6 halaman

Bersama dengan Kapolda Papua

kapolda papua rev3Instagram/@bambang.soesatyo

Terlihat dari unggahan akun Instagram Ketua MPR RI Bambang Soesatyo @bambang.soesatyo pada Rabu (4/3) kemarin, ia baru saja berkunjung ke lokasi penambangan Freeport. Tidak sendiri, ia ditemani oleh Kapolda Papua Irjen Pol Paulus.

"Bersama Kapolda Papua Irjen Pol Paulus di dalam kendaraan lapis baja menuju Tembaga Pura, lalu ke puncak Grasberg dan underground mine Freeport untuk melihat langsung isi perut bumi di kedalaman 1,7 km dengan lorong bumi sepanjang 600an km yang kini 51 persen sahamnya dimiliki pemerintah Indonesia," tulis Bambang sebagai keterangan.

2 dari 6 halaman

Perjalanan Darat Selama 2,5 Jam

selama 25 jam rev3Instagram/@bambang.soesatyo

Untuk menuju ke Freeport, Bamsoet harus rela menempuh perjalanan darat selama 2,5 jam.

Perjalanan darat dari Timika menuju ke Tembagapura dilakukan olehnya dengan menaiki kendaraan berlapis baja.

3 dari 6 halaman

Menaiki Kereta Gantung Setinggi 4.200 Meter

gantung setinggi 4200 meter rev3Instagram/@bambang.soesatyo

Setelah itu perjalanan harus dilanjutkan dengan menaiki trem atau kereta gantung yang sudah tersedia. Kereta gantung tersebut akan menuju ke Gressberg.

Puncak Gressberg berada pada ketinggian 4.200 meter di atas permukaan laut.

4 dari 6 halaman

Bamsoet Tinjau Aktivitas Penambangan

aktivitas penambangan rev3Instagram/@bambang.soesatyo

Bamsoet berserta rombongan melakukan peninjauan secara langsung terhadap aktivitas penambangan pasca keberhasilan Presiden Joko Widodo.

Pemerintahan Jokowi yang mampu menguasai saham PT Freeport Indonesia sebanyak 51 persen melalui Induk Industri Pertambangan yang dipimpin oleh PT Inalum.

5 dari 6 halaman

Ada Masjid dan Gereja Berdampingan di Perut Bumi

dan gereja berdampingan di perut bumi rev3Instagram/@bambang.soesatyo

Dalam kunjungannya untuk melihat Freeport yang ada diperut bumi, Bamsoet juga merasa kagum. Pasalnya, ia kagum karena adanya masjid dan juga gereja di bawah tanah.

Nama masjid dan gereja tersebut adalah Masjid Al Baabul Munawar dan Gereja Oikhumene Soteria. Keduanya berdampingan dalam perut bumi dengan kedalaman 1.760 meter di bawah permukaan tanah.

6 dari 6 halaman

Pesan Bamsoet

rev3Instagram/@bambang.soesatyo

Dalam unggahan Instagramnya Bamsoet juga sempat menuliskan sebuah pesan yang bertuliskan kita harus mengolah kekayaan nasional dalam negeri dan dimanfaatkan untuk rakyat sebagai rasa syukur untuk Tuhan.

"Papua merupakan tanah yang diberkati Tuhan. Sehingga kekayaan nasional harus diolah di dalam negeri dan dimanfaatkan sebesarnya untuk rakyat, sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan. Jangan sampai ditengah melimpahnya kekayaan sumber daya alam, bangsa kita khususnya masyarakat Papua malah justru dirundung kemiskinan," tulisnya sebagai caption. [bil]

Baca juga:
Freeport Bayar Tunggakan Pajak Air Permukaan Rp1,4 Triliun ke Pemprov Papua
Smelter Freeport di Gresik Bakal Jadi Pengolahan Tembaga Terbesar Dunia
Smelter Freeport di Gresik Bakal Berada di Bawah Wewenang Kemenperin
Menteri Erick: Claus Wamafma Diangkat Jadi Direktur Freeport Bukan Karena dari Papua
Kisah Sukses Putra Papua Merintis Karir, dari Teknisi Mesin Hingga Jadi Bos Freeport
Virus Corona Tak Ganggu Kinerja Ekspor Freeport

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini