Mantan Dirut Garuda Indonesia Punya Jam Tangan Mewah, Harganya Capai Rp8,5 Miliar

Selasa, 10 Desember 2019 11:56 Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Mantan Dirut Garuda Indonesia Punya Jam Tangan Mewah, Harganya Capai Rp8,5 Miliar CEO Pelindo II Ari Askhara. ©2018 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Terkuaknya kasus penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton, membuat Ari Askhara dipecat dari jabatan Dirut Garuda Indonesia. Menyusul pemecatan itu, empat jajaran direksi Garuda lainnya juga ikut dipecat pada Senin (9/12) kemarin.

Walau sudah dipecat dari jabatan, kasus penyelundupan ini belum berakhir. Ari Askhara harus mempertanggungjawabkan apa yang telah diperbuatnya selama menjabat.

Selama menjabat, Ari Askhara dikenal sebagai pemimpin kontroversial yang kerap membuat kebijakan semene-mena. Sejak pemecatannya, sosok Ari menjadi sorotan publik terutama kehidupan pribadinya.

Harley Davidson dan sepeda Brompton yang harganya fantastis, mungkin hanya satu dari banyaknya koleksi mewah Ari. Mantan Dirut Garuda ini pernah kedapatan memakai jam tangan mewah yang harganya miliaran. Berikut ulasannya:

1 dari 4 halaman

Punya Jam Mewah Seharga Rp8,5 Miliar

Saat masih menjabat sebagai Dirut Garuda Indonesia, Ari Askhara pernah kedapatan memakai jam tangan mewah di sebuah pemotretan. Jam tangan arloji berukuran cukup besar ini memiliki motif tengkorak yang mencolok.

Dilansir dari Liputan6.com, jam tangan arloji ini adalah salah satu produk keluaran brand ternama Swiss, Richard Mille. Arloji mewah yang dikenakan Ari Askhara berjenis RM 052 Tourbillon Skull.

Ditelusuri dari laman penjualan resmi my-watchsite.com, jam tangan mewah ini dijual dengan harga 553.500 Euro atau sekitar Rp8,5 miliar. Harga ini belum termasuk pajak dan bea cukai di Indonesia.

2 dari 4 halaman

Di Balik Harga Jam Tangan yang Fantastis

Jam mewah dengan harga fantastis tentu punya keistimewaan tersendiri. Begitu pula jam arlogi mewah milik Ari Askhara yang memiliki motif tengkorak ini.


jam tangan mewah

2019 Liputan6.com

Dari keterangan laman resmi Richard Mille, motif tengkorak manusia dipilih karena tengkorak telah mewakili diri manusia dalam ikon beragam bidang.

Jam tangan mewah ini ternyata sudah diproduksi sejak 2012. Dibuat dengan baseplate dan bridges tengkorak berbahan titanium tingkat lima. Motif rahang tengkorak ini juga dilapisi sentuhan rubi tourbillon.

3 dari 4 halaman

Keistimewaan Jam Tangan Arloji Mewah Ari Askhara

Tak hanya tampilan depan dan desainnya saja yang mencuri perhatian. Bagian belakang lapisan tengkorak difungsikan sebagai pusat gerakan jarum jam. Seluruh rangkaian jam terhubung pada casing yang terinspirasi dari simbol bajak laut.

Basaplate kerangka jam dan bridge dibuat untuk menjaga keketatan dan memastikan kekuatan optimal jam mewah ini. Pembuatan arloji ini dilakukan dengan teknik ekstrem dan level estetika yang tinggi.

Casing jam mewah ini membutuhkan operasi pencetakan berulang kali sebanyak 86 kali. Separuh dari operasi pencetakan tersebut menggabungkan tiga komponen utama, sebelum akhirnya dipotong dan dibentuk.

Satu lagi yang membuat jam tangan arloji ini istimewa, yaitu jumlah produksinya yang terbatas, alias limited edition.

4 dari 4 halaman

Kontroversi Ari Askhara selama Menjabat Dirut

Kepemilikan barang mewah, seperti jam edisi terbatas tersebut membuat kecurigaan publik terhadap Ari tentang penyelundupan barang mewah di pesawat Garuda semakin kuat.
ikagi beberkan kebijakan kontroversi dirut garuda indonesia ari askhara

2019 Merdeka.com/Anisyah Al Faqir

Ditambah lagi pengakuan dari Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (Ikagi) yang menganggap Ari kerap membuat kebijakan kontroversial. Seperti mutasi mendadak tanpa prosedur yang jelas.

Kebijakan kontroversial tersebut tak hanya sekali dua kali saja dibuat, tapi berulang kali. Kini, posisi Ari Askhara sudah digantikan oleh Fuad Rizal.

[snw]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini