Manfaat Hutan Sabana, Ini Pengertian Lengkap dengan Ciri-Cirinya

Selasa, 9 Agustus 2022 12:42 Reporter : Billy Adytya
Manfaat Hutan Sabana, Ini Pengertian Lengkap dengan Ciri-Cirinya Ilustrasi hutan. ©2012 Shutterstock/Paul Aniszewski

Merdeka.com - Manfaat hutan sabana salah satunya adalah dapat mencegah tanah longsor. Manfaat hutan sabana ini sangatlah beragam khususnya bagi lingkungan sekitar.

Dijelaskan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti dari sabana sebenarnya adalah padang rumput yang ada pepohonannya dan terdapat pasir atau gurun pasir. Sementara hutan sabana berarti kawasan hutan berupa padang rumput dengan ditumbuhi semak atau perdu yang diselingi dengan beberapa jenis pohon.

Pohon-pohon yang tumbuh disekitarnya biasanya antara lain seperti pohon palem, akasia dan masih banyak lagi. Jarang diketahui, ternyata hutan sabana ini memiliki banyak manfaat yang sangat menguntungkan bagi lingkungan hidup. Berikut adalah ulasan beberapa manfaat hutan sabana yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/8).

2 dari 5 halaman

Hutan Sabana Adalah

Hutan sabana merupakan kawasan hutan berupa padang rumput yang disekitarnya dikelilingi oleh semak atau perdu. Biasanya padang sabana ini bisa tumbuh di wilayah tropis dan juga subtropis.

Hutan sabana ini juga bisa tumbuh di wilayah yang curah hujannya sangat rendah. Selain sabana, hutan ini juga dikenal dengan nama padang rumput tropis yang kawasannya mempunyai iklim yang tidak terlalu kering untuk disebut gurun pasir.

Wilayah sabana ini juga tidak cukup basah untuk disebut sebagai hutan murni. Sehingga di beberapa daerah di dunia yang mempunyai banyak hutan sabana ini adalah Australia, Amerika Serikat serta Afrika. Namun nyatanya Indonesia juga mempunyai hutan sabana yang terletak Nusa Tenggara Timur.

3 dari 5 halaman

Ciri-ciri Hutan Sabana

Curah Hujan Musiman

Perlu diketahui hutan sabana memiliki curah hujan yang musiman. Tentu kondisi ini berbeda dengan hutan lainnya misalnya seperti hutan musim yang memiliki musim kemarau dan penghujan cenderung seimbang. Apabila di satu wilayah negara mempunyai curah hujan musiman, maka wilayah ini memiliki potensi adanya hutan sabana pula.

Curah Hujan Tak Teratur

Hutan sabana yang berbentuk padang rumput luas dan berada di kawasan yang panas tak membutuhkan curah hujan yang tinggi. Padang rumput sabana bisa terbentuk sendiri dan pertumbuhan padang rumput ini membutuhkan terlalu banyak air, sehingga intensitas hujan akan cenderung lebih sedikit.

4 dari 5 halaman

Suhu Udara Panas Sepanjang Tahun

Salah satu ciri hutan sabana adalah suhu udaranya panas sepanjang tahun. Akan tetapi meski memiliki suhu udara panas, hutan sabana tetap mempunyai potensi hujan dengan intensitas 100 mm hingga 150 mm per tahunnya.

Punya Resapan Air dan Pengairan

Perlu Anda ketahui jika hutan sabana ini memiliki resapan air (porositas) dan juga pengairan (drainase) yang begitu baik. Hal ini nyatanya membuat hutan sabana memiliki tanah dengan tekstur yang tak becek.

5 dari 5 halaman

Manfaat Hutan Sabana

Hutan sabana ini juga mempunyai manfaat yang sangat beragam untuk lingkungan sekitarnya. Beberapa manfaat yang dimiliki oleh hutan sabana antara lain ialah sebagai berikut:

1. Menjadi penyeimbang alam

2. Menjadi rumah untuk beragam binatang dan tumbuhan

3. Bisa mencegah tanah longsor oleh hutan sabana di antaranya

4. Penambah nilai keindahan untuk alam

5. Bisa menyimpan cadangan air

6. Pemberi makanan bagi berbagai macam binatang

7. Bisa jadi tempat spot fotografi yang bagus dan alami

8. Sebagai tempat wisata alam yang bisa dinikmati sendiri atau bersama

9. Mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar wilayah hutan sabana tersebut.

[bil]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini