Manfaat Berenang untuk Diet Cepat, Kenali 8 Gaya Renang yang Dianjurkan

Senin, 8 Agustus 2022 13:58 Reporter : Kurnia Azizah
Manfaat Berenang untuk Diet Cepat, Kenali 8 Gaya Renang yang Dianjurkan Ilustrasi berenang. © huffingtonpost.com

Merdeka.com - Manfaat berenang untuk diet cepat merupakan solusi tepat bagi sebagian banyak orang. Berenang adalah latihan penurunan berat badan yang fantastis.

Bahkan, berenang dengan penuh semangat selama satu jam saja disinyalir mampu membakar sekitar 800 kalori. Nilai yang cukup menggiurkan bagi para penggiat diet cepat dan sehat.

Apalagi jika berenang sebanyak empat kali seminggu, Anda bisa kehilangan 1 atau 2 kilogram dalam sebulan. Perlu diperhatikan, bahwa manfaat berenang untuk diet cepat ini juga tergantung pada gaya renang yang diterapkan.

Kepadatan air 800 kali lipat dari udara, jadi setiap kali Anda menggerakkan anggota tubuh di bawah air, Anda melakukan latihan ketahanan. Hal ini secara alami meningkatkan metabolisme tubuh.

Manfaat berenang untuk diet akan membantu otot Anda pulih setelah latihan yang lebih berat sebelumnya. Berenang menyebabkan Anda mengeluarkan lebih banyak energi, oleh karenanya mampu membakar lebih banyak lemak daripada yang seharusnya.

Lantas, gaya renang apa saja yang dianjurkan? Simak informasi selengkapnya berikut ini, manfaat berenang untuk diet cepat seperti dihimpun dari berbagai sumber, Senin (8/8).

2 dari 7 halaman

Manfaat Berenang untuk Diet

ilustrasi berenang
©2019 Merdeka.com/Pixabay

Berenang adalah cara terbaik untuk melatih seluruh tubuh dan sistem kardiovaskular. Melansir dari Healthline, satu jam berenang membakar kalori hampir sama banyaknya dengan berlari, tanpa berdampak negatif pada tulang dan persendian.

Kadar kalori yang berhasil dibakar pun akan tergantung pada berat badang masing-masing individu. Seperti contoh, seseorang dengan berat 72 kilogram, membakar sekitar 423 kalori per jam saat berenang dengan kecepatan rendah atau sedang.

Orang yang sama dapat membakar hingga 715 kalori per jam dengan berenang dengan kecepatan yang lebih tinggi. Seseorang dengan berat badan 90 kilogram, melakukan aktivitas yang sama akan membakar antara 528 dan 892 kalori per jam.

Untuk membandingkan angka-angka tersebut dengan aktivitas berdampak rendah lainnya. Orang seberat 72 kg, hanya akan membakar sekitar 314 kalori dengan berjalan dengan kecepatan 3,5 mil per jam selama 60 menit.

Ini sebagai gambaran bagi Anda, sebelum memulai program dan mendapatkan manfaat berenang untuk diet cepat. Jika ingin cepat menurunkan berat badan, ingat selalu untuk mengatur pola makan dan konsumsi kalori yang terjaga juga. [kur]

Baca juga:
Amalan Sunnah di Hari Asyura 8 Agustus, Wajib Diketahui Umat Muslim
Bacaan Dzikir di Hari Asyura, Bantu Sempurnakan Ibadah di Bulan Suci Muharram
Niat Shalat Qobliyah Dzuhur 4 Rakaat, Lengkap dengan Niat Ba'diyah

3 dari 7 halaman

Tips Berhasil dapat Manfaat Berenang untuk Diet Cepat

ilustrasi diet ketat
Ilustrasi diet ketat ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Chepko Danil Vitalevich

Perlu dicatat bahwa berenang biasa tidak secara khusus menargetkan lemak perut. Sebaliknya, manfaat berenang untuk diet ini akan membakar kelebihan lemak yang telah disediakan tubuh untuk energi.

Terlepas dari apakah lemak ini terletak di perut, pinggul, paha, atau bagian lain dari tubuh Anda. Masing-masing gaya renang berfokus pada kelompok otot yang berbeda, dan air memberikan resistensi yang lembut.

Apapun gaya renangnya, Anda akan menggunakan sebagian besar kelompok otot untuk menggerakkan tubuh. Dibandingkan dengan orang yang tidak aktif, perenang memiliki sekitar setengah risiko kematian.

ilustrasi berenang

©Shutterstock/bikeriderlondon

Berikut cara melatih otot perut dan menghilangkan lemak saat berenang, dikutip dari Plunge San Diego:

- Jaga agar tubuh Anda tetap lurus saat berenang. Ini akan melatih otot perut Anda dan membantu mengurangi risiko cedera.

- Tip praktis lainnya untuk mendapatkan hasil maksimal dari manfaat berenang untuk diet cepat adalah melakukan lebih banyak renang kardio.

- Berenanglah selama 15-20 menit sambil menjaga tingkat detak jantung Anda di zona pembakaran lemak. Lakukan ini sebanyak yang Anda bisa.

- Berjalan melalui air. Saat berada di bagian dalam kolam, injak air secepat mungkin. Ketahanan dalam air akan bekerja melawan Anda dan memperkuat otot pusat Anda.

4 dari 7 halaman

Gaya Renang Khusus Manfaat Berenang untuk Diet I

Setelah memahami mengenai manfaat berenang untuk diet, selanjutnya Anda patut mengetahui gaya renang apa saja yang disarankan. Karena dari setiap gaya akan berbeda manfaat berenang untuk diet cepat atau lambat. Berikut di antaranya:

1. Berenang Saja untuk Pemula

Dilansir dari Plunge San Diego, jika Anda seorang pemula, berenang santai di kolam renang akan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Terkesan sederhana, tapi mampu membantu tubuh kehilangan sekitar 500 kalori per jam.

Berenang beberapa putaran, istirahat, lalu berenang lagi. Seiring waktu, ini akan membantu Anda membangun daya tahan. Sekaligus memungkinkan Anda beralih ke latihan berenang untuk diet yang lebih menantang.

2. Gaya Dada

Gaya renang yang bisa untuk diet selanjutnya adalah gaya dada. Mengutip dari Swimming.org, gaya dada adalah pembakar kalori yang paling lambat. Faktanya, ini adalah gerakan yang paling kurang bermanfaat untuk membakar kalori dengan cepat.

Hal ini karena rata-rata pembakaran kalori: sekitar 200 kalori selama 30 menit berenang. Setidaknya ada yang dibakar.

Gaya dada membantu memperkuat jantung dan paru-paru sambil mengencangkan paha, punggung atas, trisep, paha belakang dan kaki bagian bawah. Sekaligus membantu mengencangkan otot-otot dada.

Baca juga:
Amalan Sunnah di Hari Asyura 8 Agustus, Wajib Diketahui Umat Muslim
Bacaan Dzikir di Hari Asyura, Bantu Sempurnakan Ibadah di Bulan Suci Muharram
Niat Shalat Qobliyah Dzuhur 4 Rakaat, Lengkap dengan Niat Ba'diyah

5 dari 7 halaman

Gaya Renang Khusus Manfaat Berenang untuk Diet II

004 indra cahya

© huffingtonpost.com

3. Gaya Renang Sepeda

Tempatkan siku Anda di sisi kolam dan “kayuh” sepeda imajiner (dibayangkan) dengan kaki Anda. Latihan ini memperkuat inti, kaki, dan bahu Anda, yang pada gilirannya menyebabkan Anda membakar lebih banyak lemak.

4. Joging Air

Berdirilah di air setinggi pinggang dan mulailah berlari melintasi area kolam. Mulailah dengan interval 1 menit, dan secara bertahap tingkatkan hingga interval 3 menit. Untuk ketahanan tambahan dan untuk membantu mengencangkan lengan Anda, ambil beberapa beban kolam juga.

5. Lunge Setinggi Pinggang

Berdiri di air setinggi pinggang dan terjang dengan kaki kanan ke depan sehingga paha kanan sejajar dengan lantai kolam renang, lutut kiri ditekuk, dan tangan berada di pinggul.

Kemudian melompat dengan cepat dan gunting kaki Anda sehingga Anda menyelesaikan gerakan dengan kaki kiri ke depan. Lakukan 15-20 repetisi per set.

6 dari 7 halaman

Gaya Renang Khusus Manfaat Berenang untuk Diet III

ilustrasi berenang
©2019 Merdeka.com/Pixabay

6. Gaya Punggung

Gaya punggung adalah pembakar kalori terendah setelah gaya dada. Tapi ini adalah salah satu yang terbaik untuk memperbaiki postur.

Rata-rata pembakaran kalori dari manfaat berenang untuk diet satu ini adalah sekitar 250 kalori selama 30 menit berenang. Berlatih menjaga diri tetap lurus di dalam air akan membantu Anda memanjangkan tulang belakang.

Selain itu, membantu Anda terlihat lebih tinggi dan tidak terlalu bungkuk. Gaya punggung berfungsi untuk mengencangkan perut, kaki, lengan, bahu, dan bokong.

Gaya punggung bagus untuk meningkatkan fleksibilitas pinggul Anda, dan cocok untuk pekerja kantoran.

7. Gaya Bebas

Gaya bebas adalah manfaat berenang untuk diet cepat yang tepat. Gaya bebas berada di posisi tinggi untuk potensi pembakaran kalori. Dari sekian gaya berenang, gaya bebas dikatakan memiliki dampak besar dalam mengencangkan otot punggung.

Pembakaran kalori rata-rata dari gaya bebas adalah sekitar 300 kalori selama 30 menit berenang. Ditambah lagi bermanfaat untuk mengencangkan perut, bokong, dan bahu.

Baca juga:
Amalan Sunnah di Hari Asyura 8 Agustus, Wajib Diketahui Umat Muslim
Bacaan Dzikir di Hari Asyura, Bantu Sempurnakan Ibadah di Bulan Suci Muharram
Niat Shalat Qobliyah Dzuhur 4 Rakaat, Lengkap dengan Niat Ba'diyah

7 dari 7 halaman

8. Gaya Kupu-Kupu jadi yang Paling Efektif

ilustrasi berenang

Shutterstock/Ikonoklast Fotografie 

Di antara semua gaya renang, manfaat berenang untuk diet cepat jatuh pada gaya kupu-kupu. Ini yang paling sulit dipelajari, dan jelas bukan untuk pemula. Tapi gaya kupu-kupu berada di urutan teratas daftar pembakaran kalori.

Pembakaran kalori rata-rata dari gaya kupu-kupu adalah sekitar 450 kalori selama 30 menit berenang. Ini adalah pukulan all-round yang paling efektif untuk mengencangkan dan membangun otot.

Gaya berenang kupu-kupu juga membantu kekuatan tubuh bagian atas, mengencangkan dada, perut, lengan (terutama trisep), dan otot punggung. Selain itu, membantu meningkatkan fleksibilitas dan meregangkan tubuh untuk memperbaiki postur.

Itulah beberapa manfaat berenang untuk diet cepat berdasarkan gaya renang yang dianjurkan. Setiap gerakan memiliki kelebihannya masing-masing dalam kemampuan membakar kalori dan lemaknya.

Bahkan gaya renang yang dijelaskan di atas bisa disesuaikan dengan kemampuan berenang Anda, apakah pemula atau sudah ahli. Jika fokus untuk diet, pastikan untuk menjaga pola makan dan mengatur asupan kalori.

Baca juga:
Amalan Sunnah di Hari Asyura 8 Agustus, Wajib Diketahui Umat Muslim
Bacaan Dzikir di Hari Asyura, Bantu Sempurnakan Ibadah di Bulan Suci Muharram
Niat Shalat Qobliyah Dzuhur 4 Rakaat, Lengkap dengan Niat Ba'diyah

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini