Makanan Penderita Asam Urat, Perhatikan Kandungan Nutrisinya

Selasa, 30 Maret 2021 10:36 Reporter : Addina Zulfa Fa'izah
Makanan Penderita Asam Urat, Perhatikan Kandungan Nutrisinya Ilustrasi asam urat. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Image Point Fr

Merdeka.com - Makanan penderita asam urat penting untuk diperhatikan agar gejala yang dialami tidak makin parah. Penyakit asam urat merupakan kondisi saat terjadi gangguan metabolisme asam urat dalam tubuh, sehingga menyebabkan nyeri tak tertahankan, rasa panas di area persendian, hingga pembengkakan.

Seseorang yang menderita asam urat umumnya akan merasakan beberapa gejala, seperti sendi yang mendadak terasa sangat sakit, nyeri yang berkembang dalam beberapa jam, hingga kesulitan berjalan.

Asam urat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya karena obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, gangguan ginjal, mengonsumsi makanan yang tinggi asam urat, mengonsumsi banyak alkohol, dan memiliki riwayat penderita asam urat dalam keluarganya. Agar asam urat tak makin parah, penderita tentu harus memperhatikan makanan-makanan yang dikonsumsinya.

Perlu diketahui, perubahan pola makan untuk penderita asam urat bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Ahli kesehatan kerap merekomendasikan pola makan rendah purin bagi penderita asam urat, batu ginjal, dan gangguan lainnya yang serupa.

Berikut ini makanan penderita asam urat yang telah merdeka.com rangkum dari liputan6.com dan berbagai sumber.

2 dari 5 halaman

Makanan yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Terdapat banyak makanan rendah purin yang dapat Anda konsumsi. Makanan dianggap rendah purin apabila memiliki kurang dari 100 mg purin per 3,5 ons. Berikut beberapa makanan yang baik untuk penderita asam urat:

Buah dan Sayur

ilustrasi sayur dan buah

Shutterstock/Bauer Alexander

Makanan penderita asam urat yang pertama yaitu buah dan sayur. Makanan yang kaya akan vitamin C seperti ceri menunjukkan beberapa bukti yang berpotensi mengurangi serangan penyakit asam urat. Selain itu, mengonsumsi sayur kaya serat dan rendah kalori juga bisa membantu mengatur berat badan Anda.

Memperhatikan asupan zat besi cukup tentu sangat bermanfaat bagi para penderita asam urat. Sebagian besar zat besi secara hayati dapat Anda temukan dalam sumber daging. Akan tetapi, makanan zat besi nabati mungkin juga mempunyai efek negatif terhadap asam urat.

3 dari 5 halaman

Kacang dan Biji-Bijian

ilustrasi gandum©Pixabay

Makanan penderita asam urat yang kedua yaitu kacang dan biji-bijian. Semua legum, kacang, biji-bijian, serta seluruh jenis olahannya aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Kacang-kacangan ialah sumber protein yang sangat baik. Mengonsumsi sumber nabati tersebut dinilai dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian Anda, dan juga sambil memotong lemak jenuh yang ditemukan dalam purin tinggi.

4 dari 5 halaman

Produk Susu

019 tantri setyorini©2018 Merdeka.com/Pixabay

Makanan penderita asam urat berikutnya yaitu produk susu. Produk susu merupakan salah satu makanan yang aman dikonsumsi penderita asam urat.

Akan tetapi, produk susu rendah lemak tampaknya sangat bermanfaat bagi seseorang yang memiliki asam urat. Banyak alternatif susu nabati yang tersedia di pasaran jika Anda alergi susu sapi.

Kafein

Dalam beberapa penelitian, ditunjukkan bahwa orang yang minum kopi cenderung tidak menderita asam urat. Contohnya, dalam analisis data 2010 dari peserta perempuan dalam Nurses 'Health Study, menemukan bahwa risiko asam urat menurun saat konsumsi kopi meningkat.

5 dari 5 halaman

Pisang

024 tantri setyorini©2018 Merdeka.com/Pixabay

Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya baik dikonsumsi penderita asam urat. Kandungan kalium yang tinggi dalam pisang dapat membantu mencegah pembentukan kristal asam urat di dalam tubuh.

Agar manfaat ini makin terasa, Anda bisa mengonsumsi satu sampai dua pisang setiap hari guna membantu menurunkan asam urat dalam tubuh.

Lemon

Selain pisang, Anda juga dapat mengonsumsi jus lemon. Lemon mengandung vitamin C yang dipercaya mampu meredakan nyeri dan mengurangi peradangan akibat dari asam urat tinggi.

Tak hanya buah lemon, Anda juga dapat mengonsumsi buah-buah lain yang juga mengandung vitamin C, seperti nanas, jeruk, dan lain sebagainya.

[add]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini