Mudahkan Orangtua, Madrasah di Semarang Gunakan GoPay untuk Pendaftaran Sekolah

Senin, 2 Desember 2019 14:53 Reporter : Addina Zulfa Fa'izah
Mudahkan Orangtua, Madrasah di Semarang Gunakan GoPay untuk Pendaftaran Sekolah MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Perkembangan teknologi membuat segala urusan menjadi lebih mudah. Kesibukan bukan lagi alasan untuk tak dapat melakukan aktivitas lain. Salah satu manfaat perkembangan teknologi yaitu adanya kemudahan bertransaksi.

Kemudahan bertransaksi membuat semua orang tak perlu membuang waktu. Kini meskipun memiliki kesibukan, transaksi tetap dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Salah satunya yaitu membayar pendaftaran sekolah.

1 dari 3 halaman

Bayar Pendaftaran Sekolah dengan GoPay

Salah satu Madrasah di Semarang telah menggunakan metode pembayaran dengan GoPay. Madrasah tersebut yaitu MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang.

Dilansir dari website resmi MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang www.akhlaqiyah.sch.id, metode pembayaran dengan GoPay digunakan oleh pihak sekolah untuk membayar biaya Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB). Pendaftaran tersebut dimulai pada tanggal 1 Desember hingga 31 Januari 2020.

Kepala MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang, Miftahul Arief mengatakan jika penggunaan GoPay bertujuan untuk memudahkan orangtua. Selain itu penggunaan GoPay tersebut digunakan untuk dana pengganti konsumsi dan saat anak-anak dan orangtua melakukan screening.

"Untuk pendaftaran saat ini, tepatnya untuk ganti konsumsi dan nanti saat anak-anak dan orangtua screening", ujarnya saat dihubungi merdeka.com, Senin (2/12/2019).

2 dari 3 halaman

Mengembangkan Penggunaan GoPay

Sementara ini, pembayaran dengan GoPay digunakan untuk pendaftaran peserta didik baru (PPDB). Pendaftaran peserta didik baru (PPDB) akan menjadi tolak ukur.

"Kita wacanakan, tolak ukur ya saat PPD ini dulu. Karena sebenarnya pembayaran biaya bulanan kita tidak ada. Jika pun ada itu sukarela karena juga sudah ada dana BOS. Lha beberapa pos yang tidak dicover BOS itu mungkin akan kita wacanakan," ujar Miftahul Arief saat dihubungi merdeka.com (2/12/2019).

3 dari 3 halaman

Berawal dari Bimbel

Kepala MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang, Miftahul Arief mengatakan jika salah satu inspirasi penggunaan GoPay pada MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang yaitu bimbel yang ia kelola.

Bimbel yang ia kelola telah mengaplikasikan pembayaran dengan GoPay, baik pendaftaran mau pun sistem pembayaran. Hasil yang didapatkan pun baik.

Kemudian Miftahul Arief berpikir kenapa cara tersebut tidak diadopsi untuk madrasah. Akhirnya MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang pun menggunakan cara tersebut.

[add]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini