Macam-Macam Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani, Ketahui Manfaatnya

Rabu, 18 Januari 2023 14:50 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Macam-Macam Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani, Ketahui Manfaatnya ilustrasi olahraga. depositphotos.com

Merdeka.com - Macam-Macam bentuk latihan kebugaran jasmani penting untuk diketahui dan dipraktikkan secara rutin. Sebab, setiap orang pasti memerlukan tubuh yang sehat dan bugar demi bisa menunjang aktivitas harian mereka.

Hal ini umumnya dikenal sebagai kebugaran jasmani. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran jasmani ialah dengan rutin berolahraga.

Tingkat kebugaran jasmani seseorang sangat menentukan kemampuan fisik seseorang dalam mengatasi aktivitas sehari-hari. Semakin tinggi tingkat kebugaran jasmani seseorang, semakin bagus pula kerja fisiknya.

Kebugaran jasmani dapat dikatakan menjadi salah satu faktor penentu kesehatan dan ketahanan tubuh. Tubuh akan semakin bugar dan tidak mudah terserang penyakit. Berikut merdeka.com membagikan macam-macam bentuk latihan kebugaran jasmani yang bisa dilakukan dilansir dari gramedia dan berbagai sumber, (18/1/2023).

2 dari 5 halaman

Contoh Latihan kebugaran Jasmani

1. Sit Up

Salah satu manfaat gerakan sit-up adalah untuk memperkuat dan mengencangkan otot perut yang membantu menstabilkan otot inti. Selain itu, sit-up juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan massa otot.

Dengan melakukan sit up kita dapat mengambil beberapa manfaat seperti, mengencangkan otot, memperbaiki postur tubuh, membentuk tubuh yang ideal, dan memperbaiki keseimbangan tubuh. [khu]

Baca juga:
Partai Berkarya Tidak Lolos Ikut Pemilihan Umum 2024, Ini Alasannya

3 dari 5 halaman

2. Push Up

ilustrasi push up
origympersonaltrainercourses.co.uk

Push-up merupakan salah satu latihan kebugaran jasmani yang memiliki manfaat untuk menguatkan otot lengan secara efektif. Push-up juga bermanfaat untuk melatih kekuatan otot bagian tangan dan dada.

3. Back-up

Sama seperti push-up dan sit-up, back-up adalah jenis olahraga atau aktivitas latihan fisik sederhana yang mudah dilakukan.

Manfaat gerakan back-up di antaranya adalah membantu mengencangkan otot lengan, melatih dan mengembangkan otot perut dan dada, serta meningkatkan kesehatan jantung.

4. Squat jump

Squat jump merupakan jenis latihan fisik yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Beberapa manfaat latihan kebugaran jasmani squat jump adalah melatih kelincahan, menguatkan otot kaki, serta membantu membakar kalori dan lemak dalam tubuh.

squat jumps
©2017 pinterest.com

Selain squat jump, Anda juga bisa menggantinya dengan leg squat. Caranya dengan menggunakan barbel yang diangkat dengan kedua tangan. Letakan barbel di bawah leher. Setelah itu, Anda bisa memulai melakukan leg squat denga menekuk lutut dan turun setengah jongkok. Anda juga bisa melakukannya tanpa menggunakan barbel.

4 dari 5 halaman

5. Lari di tempat

Lari di tempat memiliki banyak manfaat bagi kebugaran tubuh. Latihan kebugaran jasmani dengan lari di tempat dapat membantu meningkatkan kekuatan, kelenturan, dan juga stabilitas otot.

Selain itu, lari di tempat juga dapat meningkatkan kekuatan inti tubuh, tubuh bagian atas, dan tubuh bagian bawah.

ilustrasi lari di tempat
©fatlosspot.com/


Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani

Daya Tahan

Daya tahan adalah suatu keadaan di mana seseorang dapat menggerakkan tubuh untuk melakukan beberapa aktivitas dengan tempo yang berbeda, namun dapat melakukannya dengan efisien dan efektif tanpa merasakan lelah yang berlebihan.

Daya tahan dapat dibagi menjadi dua yaitu, muscular endurance dan cardiorespiratory endurance. Muscular endurance adalah daya tahan dengan menunjukkan kemampuan otot dalam melakukan pekerjaan berat dalam waktu yang lama.

Sedangkan cardiorespiratory endurance adalah kemampuan seluruh tubuh untuk terus bergerak dengan tempo sedang dalam waktu yang lama.

Kecepatan

Kecepatan adalah kemampuan tubuh untuk melakukan pergerakan dari satu tempat ke tempat yang lain secara cepat. Kecepatan ini dibagi menjadi tiga yaitu, kecepatan sprint, kecepatan reaksi, dan kecepatan bergerak.

Kekuatan

Kekuatan adalah suatu kemampuan otot-otot dalam melawan beban yang sedang dipikul oleh tubuh. Ketahanan otot adalah kemampuan otot dalam menahan kontraksi dengan beban ringan secara terus menerus.

5 dari 5 halaman

Koordinasi

Koordinasi adalah suatu kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas atau gerakan dengan efisien dan tepat. Seseorang yang memiliki koordinasi yang baik maka kerja sama yang dilakukan tubuhnya juga akan baik. Konsentrasi juga dapat dilakukan dengan mudah meski sambil menggerakkan tubuh secara bergantian.

Kelincahan

Kelincahan merupakan kemampuan tubuh untuk mengubah posisi tubuh dengan cepat. Sehingga, tubuh bisa bergerak dengan cepat tanpa risiko cedera.

Kelenturan

Kelenturan adalah suatu kemampuan tubuh dalam melakukan gerakan secara maksimal. Kelenturan ini didukung dengan faktor seperti usia, kualitas otot, struktur sendi, dan ligamen.

Komposisi Tubuh

Komposisi tubuh adalah suatu perbandingan rasio tubuh yang memiliki massa lemak dan tanpa lemak. Massa lemak terdapat pada bagian bawah kulit, sekitar jantung, usus, sekeliling otot, dan juga paru-pa

Baca juga:
Partai Berkarya Tidak Lolos Ikut Pemilihan Umum 2024, Ini Alasannya

ru. Sedangkan bagian tubuh tanpa lemak berada di tulang, otot, dan cairan tubuh.

Keseimbangan

Keseimbangan adalah di mana posisi tubuh akan terus tegap berdiri tidak jatuh saat sedang melakukan gerakan fisik.

Kecepatan Reaksi

Kecepatan reaksi adalah waktu reaksi tubuh kalian ketika mendapat suatu stimulus atau rangsangan. Kecepatan reaksi ini berbeda dengan refleks. Reaksi merupakan gerakan yang disadari, sedangkan refleks adalah gerak otomatis yang dilakukan tanpa kesadaran.

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini